ANALISIS KARAKTERISTIK DAN KETERPAPARAN INFORMASI DENGAN PERCEPTION THREAT PADA PENYINTAS HIV/AIDS

Authors

  • Fenita Purnama Sari Indah Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
  • Lela Kania Rahsa Puji Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
  • Syaiful Bahri Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
  • Wahyu Gito Putro Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
  • Nur Hasanah Program Studi Farmasi, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang

Keywords:

Pendidikan, HIV/AIDS, Keterpaparan informasi, Status Pernikahan, Perception Threat

Abstract

Pada tahun 2020, ada 38 juta orang terinfeksi HIV/AIDS di seluruh dunia. Jumlah yang terinfeksi HIV di Asia Tenggara adalah 3,8 juta. Tingginya populasi pengidap HIV di Asia Tenggara membuat Indonesia harus melakukan tindakan untuk mencegah peningkatan kasus lebih tinggi. Pada Asia, Indonesia merupakan negara dengan risiko infeksi HIV/AIDS tertinggi ke-5. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan membuktikan hubungan determinan karakteristik (pendidikan dan status pernikahan) dengan persepsi ancaman pada ODHA. Jenis penelitian determinan perception threat ini adalah analitik, rancangan cross sectional, metode kuantitatif. Subjek studi kelompok dipilih secara acak sebanyak 30 ODHA. Hasil uji statistik uji korelasi phi dengan derajat kepercayaan 95% (α=0,05) terdapat hubungan antara karakteristik pendidikan dengan Perception Threat (p-value=0,031) dan keterpaparan informasi (p-value=0,033) pada penyintas HIV/AIDS. Tidak terdapat hubungan pada status perkawanin dengan Perception Threat (p-value=0,951) pada penyintas HIV/AIDS. Terdapat hubungan antara karakteristik pendidikan dan keterpaparan informasi dengan Perception Threat pada penyintas HIV/AIDS dengan nilai p-value <0,05. Tidak ada hubungan antara status pernikahan dengan Perception Threat dengan nilai p-value >0,05 pada penyintas HIV/AIDS.

References

Andriati, R., Indah, F.P.S. and Pratiwi, R.D., 2023. Factors determining coping strategy in HIV/AIDS survival. The Malaysian Journal of Nursing (MJN), 14(3), pp.126-131.

Andriati, R., Indah, F.P.S., Pratiwi, R.D. and Poddar, S., 2022. STRATEGI COPING: STUDI PADA ODHA (ORANG DENGAN HIV/AIDS). Penerbit Adab.

Astrini, I., Indah, F.P.S., Pratiwi, R.D. and Poddar, S., 2020. Analysis of efforts to increase knowledge, attitudes, and adherence of antiretroviral consumption in people with HIV/AIDS, Jepara City, Indonesia. Malaysian Journal of Medicine and Health Sciences, 16(110).

Balitbang Kemenkes, R.I., 2013. Riset kesehatan dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI, 2013, pp.110-9.

Ernawati, L., 2018. ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERSEPSI DEWASA MUDA HIV DAN AIDS DENGAN SIKAP PENCEGAHAN INFEKSI OPORTUNISTIK DI KELOMPOK DUKUNGAN SEBAYA (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Fahriati, A.R., Indah, F.P.S., Satria, B.M. and Mutoharoh, A.A., 2021. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan minum antiretroviral pada ODHA (orang dengan HIV/AIDS) berdasarkan systematic literature review. PHRASE (Pharmaceutical Science) Journal, 1(1), pp.29-46.

Fatimah, M. and Nuqul, F.L., 2018. Kebahagiaan ditinjau dari status pernikahan dan kebermaknaan hidup. Jurnal Psikologi, 14(2), pp.145-153.

Fauzan, M.I., 2015. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Stigma Masyarakat Pada Penderita Hiv & Aids Berdasarkan Teori Health Belief Model (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Firdaus, M.I., 2021. Peranan Manajemen Kearsipan Terhadap Efisiensi Kerja Pegawai Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batu Bara (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Handayani, F. and Fatwa, S.T.D., 2017. Faktor yang mempengaruhi kualitas hidup orang dengan HIV/AIDS di Kota Kupang. Berita Kedokteran Masyarakat, 33(11), pp.509-514.

Indah, F.P.S. and Eryando, T., 2023. Determinant of Perception Factors in People Living with HIV/AIDS (Plwha) with the Attitude of Preventing Opportunistic Infections. The Malaysian Journal of Nursing (MJN), 14(3), pp.178-184.

Indah, F.P.S., Pratiwi, R.D., Andriati, R., Ismaya, N.A., Aulia, G., Ayuningtyas, G. and Romlah, S.N., 2023. DETERMINAN RISK PERCEPTION DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRATEGI KOPING PADA PENYINTAS HIV/AIDS. Edu Dharma Journal: Jurnal penelitian dan pengabdian masyarakat, 7(1), pp.85-91.

Indah, F.P.S., Puji, L.K.R., Kasumawati, F., Ratnaningtyas, T.O., Ismaya, N.A., Ayu, M., Mabruroh, S.T., 2022. Buku Sistem Informasi Kesehatan Infeksi Oportunistik Penyintas HIV/AIDS. W.D.H.Press : Tangerang.

Pangaribuan, S. and Mansoben, N., 2020. Pengetahuan dan Tingkat Pendidikan Sebagai Prediktor Tindakan Pencegahan HIV dan AIDS di Kota Sorong. GLOBAL HEALTH SCIENCE, 5(4), pp.196-199.

Paryati, T., Raksanagara, A.S., Afriandi, I. and Kunci, K., 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Stigma dan Diskriminasi kepada ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) oleh petugas kesehatan: kajian literatur. Univ Padjajaran Bandung.

Ramadhani, A.M., 2022. Faktor Risiko Terjadinya Ko-infeksi Tuberkulosis Paru pada Pasien HIV/AIDS di RSUD Labuang Baji Kota Makassar Tahun 2019-2020 (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Ratnaningtyas, T.O., Indah, F.P.S. and Ilmi, A.F., 2022. Effectiveness of a live-chat social media and leaflets for people living with HIV/AIDS (PLWHA) under antiretroviral therapy (ARVs). Malahayati International Journal of Nursing and Health Science, 5(2), pp.116-123.

Tianingrum, N.A., 2018. Pengaruh Keterpaparan Informasi Terhadap Stigma Hiv&Aids Pada Pelajar Sma. Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1), pp.51-59.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Indah, F. P. S., Puji, L. K. R., Bahri, S., Putro, W. G., & Hasanah, N. (2023). ANALISIS KARAKTERISTIK DAN KETERPAPARAN INFORMASI DENGAN PERCEPTION THREAT PADA PENYINTAS HIV/AIDS. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 45–51. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/31471