PENGARUH PERASAAN TAKUT GAGAL (FEAR OF FAILURE) DAN PERASAAN INSECURE TERHADAP KESUKSESAN MAHASISWA TINGKAT AKHIR YANG SEDANG MENGERJAKAN TUGAS AKHIR DI DKI JAKARTA
Keywords:
Perasaan takut gagal, perasaan insecure, kesuksesan, mahasiswaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara perasaan takut gagal (fear of failure) dan perasaan insecure terhadap kesuksesan mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan tugas akhir di DKI Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui media online. Data yang didapatkan adalah data primer dari respon kuesioner. Data yang didapat kemudian diolah dengan bantuan aplikasi SPSS 26th for windows dan kemudian dianalisis. Diketahui bahwa populasi yang digunakan merupakan mahasiswa tingkat akhir di DKI Jakarta yang sedang mengerjakan tugas akhir dengan rentang usia antara 19 hingga 25 tahun. Berdasarkan perhitungan dan analisis, peneliti mendapati hasil bahwa terdapat pengaruh signifikan antara perasaan takut gagal (fear of failure) dan perasaan insecure terhadap kesuksesan mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan tugas akhir di DKI Jakarta. Melalui pengolahan data tersebut juga dapat diketahui bahwa faktor yang paling berpengaruh pada kesuksesan mahasiswa adalah perasaan takut malu dan penghinaan (r = 0.008), takut akan kehilangan pengaruh sosial (r = 0.007), perasaan takut akan penurunan harga diri (r = 0.004) dan perasaan insecure secara global (r = 0.007).
References
Ahdiat, A. (2023). Jumlah dan tingkat pengangguran terbuka di Indonesia. Databoks. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/05/awal-2023-ada-79-juta-pengangguran-di-indonesia
Bari, A. dan Hidayat, R. (2022). Teori hirarki kebutuhan Maslow terhadap keputusan pembelian merek gadget. Motivasi Jurnal Manajemen dan Bisnis. 7(1). 8-14.
Conroy, D. E. (2002) Progress in the development of a multidimensional measure of fear of failure: The performance failure appraisal inventory (pfai), Anxiety, Stress & Coping: An International Journal, 14:4, 431-452, DOI: 10.1080/10615800108248365
Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan generasi emas Indonesia tahun 2045 melalui pendidikan berkualitas. Jurnal Edik Informatika. 3(2). 73-87.
Hidayat, A. (2013). Uji normalitas dan metode perhitungan (penjelasan lengkap). Diakses dari https://www.statistikian.com/2013/01/uji-normalitas.html
Muniarty, P., Wulandari, Pratiwi, A., dan Rimawan, M. (2021). Pengabdian kepada masyarakat melalui kuliah kerja nyata sekolah tinggi ilmu ekonomi Bima. Journal of Empowerment. 2(2). 172-182.
Muspawi, M. dan Lestari, A. (2020). Membangun kesiapan kerja calon tenaga kerja. Jurnal Literasiologi. 4(1). 111-117.
Naji, F. I., Nafisa, I., Fitriani, N., dkk. (2022). Perekrutan karyawan berkualitas memang penting, namun apa perlu dilihat dari gelar?. UMPK News. Diakses dari http://news.upmk.ac.id/home/post/perekrutan.karyawan.berkualitas.memang.penting.namun.apa.perlu.dilihat.dari.gelar.html
Pratama, S. A. dan Permatasari, R. I. (2021). Pengaruh penerapan standar operasional prosedur dan kompetensi terhadap produktivitas kerja karyawan divisi ekpor PT Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress. 11(1). 38-47.
Roll, L. C., Witte, H. D., Wang, H. J. (2023). Conceptualization and Validation of the Occupation Insecurity Scale (OCIS): Measuring Employees’ Occupation Insecurity Due to Automation. International Journal of Environmental Research and Public Health. 20. 1-26.
Sabil, R., dan Karnita, R. (2022). Perancangan buku jurnal interaktif untuk membantu mengelola rasa insecure pada remaja. Jurnal Desain Komunikasi Visual. 10(1). 1-15.
Saleh, H., Hadjaratie, L., Masaong, K., dan Panai. A. H. (2023). Mempersiapkan generasi emas Indonesia 2045 menghadapi bonus demografi melalui pembelajaran berbasis kreatifitas. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 9(2). 949-958.
Setiawati. (2021). Analisis pengaruh kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan pada perusahaan farmasi di Bei. Jurnal Inovasi Penelitian. 1(8). 1581-1590.
Stadler, M., Kemper, C. J., & Greiff, S. (2021). Assessing subjective university success with the Subjective Academic Achievement Scale (SAAS). The European Educational Researcher, 4(1), 283-290. https://doi.org/10.31757/euer.431
Susilo, T. E. P., dan Eldawaty. (2021). Tingkat kecemasan mahasiswa dalam penyusunan skripsi di prodi penjaskesrek fakultas ilmu keolahragaan Universitas Negeri Padang. Jurnal Ilmiah BK. 4(2). 105-113.
Wardani, W. K. (2015). Implementasi program wajib belajar 12 tahun di provinsi DKI Jakarta (studi kota administrasi Jakarta Timur). Journal of Politic and Government Studies. 4(2). 371-388.