PREFERENSI SISWA SMA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN EFL (ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE)

Authors

  • Dwi Rahayu Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Siti Muharani Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Indri Septi Astuti Dwi Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Nini Nur Haliza Rahman Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki preferensi dalam pembelajaran yang ditunjukkan oleh minat dan pandangan peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Inggris Umum di sekolah menengah sebagai dasar sebelum memulai ke jenjang yang lebih tinggi. Penelitian ini menggunakan metode descriptive kualitative dengan teknok pengumpulan data kuantitatif menggunakan kuesioner skala Likert dilanjutkan dengan analisa dengan tabulasi dan interpretasi data dilakukan secara kualitatif.  50 siswa yang belajar di sekolah menengah dari kelas 10 hingga 12 berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menganggap bahasa Inggris sebagai pelajaran yang sangat penting dan meskipun tugas dianggap penting, mereka lebih tertarik belajar melalui video dan memilih video dan bergabung dengan klub bahasa Inggris sebagai aktivitas belajar favorit mereka. Keempat keterampilan bahasa Inggris: berbicara, mendengarkan, menulis, dan membaca dianggap sama-sama menantang namun sebagian besar dari mereka mengakui kurangnya pengetahuan kosa kata mempengaruhi kepercayaan diri dalam berbicara bahasa Inggris. Terakhir, sebagian besar peserta berpendapat bahwa pembelajaran bahasa Inggris harus lebih sering dilakukan di luar kelas, bukan hanya didalam kelas. Oleh karena itu, penting bagi sekolah dan guru untuk memfasilitasi aktivitias-aktivitas pembelajaran tersebut.

Kata Kunci: Pengajaran Bahasa Inggris, Analisis Kebutuhan, Preferensi, Sekolah Menengah Atas

References

Al-Hamlan, S., & Baniabdelrahman, P.A.A. (2015). A Needs Analysis Approach to EFL Syllabus Development for Second Grade Students in Secondary Education in Saudi Arabia: A Descriptive Analytical Approach to Students’ Needs. In American International Journal of Contemporary Research (Vol. 5, Issue 1). www.aijcrnet.com

Chen, I.-J., Chang, Y.-H., & Chang, W.-H. (2016). I Learn What I Need: Needs Analysis of English Learning in Taiwan. Universal Journal of Educational Research, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040101

Dudovskiy, J. (n.d.). Questionnaires. https://research-methodology.net/research-methods/survey-method/questionnaires-2/

Fatihi, A. R. (n.d.). The Role of Needs Analysis in ESL Program Design. In SOUTH ASIAN LANGUAGE REVIEW: Vol. XIII.

Hidayat, R. (2018). A NEEDS ANALYSIS IN LEARNING ENGLISH FOR AIRLINE STAFF PROGRAM. In ENGLISH EDUCATION JOURNAL (EEJ) (Vol. 9, Issue 4).

Menggo, S., & Darong, H. C. (2022). LLT Journal: A Journal on Language and Language Learning http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT Sanata Dharma University, Yogyakarta, Indonesia. LLT Journal: A Journal on Language and Language Learning, 25(1), 132–148. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT

Moiinvaziri, M. (2014). Students’ voice: A needs analysis of university General English course in Iran. GEMA Online Journal of Language Studies, 14(1), 57–75. https://doi.org/10.17576/GEMA-2014-1401-05

Oliver, R., Grote, Ellen, Rochecouste, & Judith. (n.d.). Addressing the Language and Literacy Needs of Aboriginal High School VET Students who Speak SAE as an Additional Language. In The Australian Journal of Indigenous Education (Vol. 41, Issue 2).

Rachmawati, U. (2020). WHAT LIES BEHIND THE STUDENTS’ NEED IN ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES: A REFLECTION OF NEEDS ANALYSIS. JOLLT Journal of Languages and Language Teaching, 8(2), 213. https://doi.org/10.33394/jollt.v%vi%i.2537

Rashidi, N., & Kehtarfard, R. (2014). A needs analysis approach to the evaluation of Iranian third-grade high school English textbook. SAGE Open, 4(3), 1–9. https://doi.org/10.1177/2158244014551709

Songhori, M. H. (n.d.). Introduction to Needs Analysis. www.esp-world.info

Cahyati, S., Rahmijati, C., & Rizkiani, S. S. (2014). STUDENTS’NEEDS ANALYSIS IN THECONTENT OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL ENGLISH TEXTBOOK (Vol. 8). www.suaramerdeka.com,

Takaaki, K., & Kanto, (. (n.d.). Construct validation of a general English language Construct validation of a general English language needs analysis instrument needs analysis instrument.

Watanabe, Y. (2006). A NEEDS ANALYSIS FOR A JAPANESE HIGH SCHOOL EFL GENERAL EDUCATION CURRICULUM. In Second Language Studies (Vol. 25, Issue 1).

Yutdhana, S. (n.d.). A NEEDS ANALYSIS OF THAI HIGH SCHOOL TEACHERS IN USING INTERNET APPLICATIONS FOR TEACHING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Rahayu, D., Muharani, S., Dwi, I. S. A., & Rahman, N. N. H. (2023). PREFERENSI SISWA SMA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN EFL (ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE). PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 124–134. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/31544