SMART CITY: PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI STEM

Authors

  • Melania Eva Wulanningtyas Program Studi Fisika, Fakultas Teknnologi Informasi dan Sains, Universitas Katolik Parahyangan
  • Christina Ester Manthalina Hutabarat Program Studi Fisika, Fakultas Teknnologi Informasi dan Sains, Universitas Katolik Parahyangan
  • Arfin Arfin Program Studi Fisika, Fakultas Teknnologi Informasi dan Sains, Universitas Katolik Parahyangan
  • Muchtar Haryanto Panjaitan Program Studi Fisika, Fakultas Teknnologi Informasi dan Sains, Universitas Katolik Parahyangan

Abstract

Tujuan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan workshop pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM bagi para guru di Tapanuli Utara. Kegiatan workshop dilaksanakan di 10 sekolah yang berbeda dalam bentuk penyampaian materi, demonstrasi, dan praktik pembuatan smart city. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah guru dapat merancang pembuatan smart city terintegrasi STEM serta menghubungkannya dengan mata pelajaran yang diampu oleh masing-masing guru.

Kata Kunci: workshop, pembelajaran berbasis proyek, smart city, STEM

References

Mauladani, H. Y. 2020. Menjadi Guru Kreatif, Inovatif, dan Inspiratif. Doi: 10.31219/osf.io/u54tb

Nurkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol. 1, No. 1, Hal. 24-44

Pratama, Deden. 2021. Profesionalitas Guru Melalui Pendekatan Empat Pilar Pendidikan Dalam Mengembangkan Nilai-nilai Karakter Siswa. Jurnal Paris Langkis, Vol. 1, No. 2, Hal. 126-139

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Wulanningtyas, M. E., Hutabarat, C. E. M., Arfin, A., & Panjaitan, M. H. (2023). SMART CITY: PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI STEM. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 178–182. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/31555