PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGORGANISASIAN UMKM SALON KECANTIKAN

Authors

  • Soffi Soffiatun Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP, Universitas Pamulang
  • Fika Rahmanita Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP, Universitas Pamulang
  • Fiqoh Afriliani Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP, Universitas Pamulang

Abstract

Tempat pengabdian masyarakat tersebut merupakan salah satu lembaga pelatihan kewirausahaan Depok. Organisasi tersebut merupakan bentuk keterikatan dalam pengembangan usaha salon kecantikan. Organisasi yang baik mempercepat laju perkembangan kegiatan lembaga kecantikan. Salon rumah semakin banyak dipraktikkan oleh wanita dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Industri salon rambut terpukul setelah wabah Covid-19. Pelaku industri terus melakukan pemutusan hubungan kerja hingga saat ini. Salah satu tujuan Pendidikan Keterampilan Kewirausahaan (PKW) adalah untuk meningkatkan keterampilan kewirausahaan pascapandemi Covid-19. Tujuan diselenggarakannya pengabdian masyarakat ini adalah untuk mensosialisasikan pentingnya pengorganisasian kegiatan usaha yang dilakukan secara berkelompok di usaha rumahan jasa estetika dan praktik berorganisasi dalam usaha kelompok jasa estetika salon kecantikan.

Kata Kunci: Pendidikan kewirausahaan, pengorganisasian, manajemen.

References

Andriana, Riska. 2014. Minat Konsumen terhadap Perawatan Kulit Wajah dengan Metode Mikrodermabrasi di Viota Skin Care Kota malang. e-Journal Volume 03 Nomor 01 tahun 2014, edisi Yudisium Periode Febuari, Hal 200-208.

Artikel “Ingin cantik, ke salon dong!!†majalah fit Februari 2003

Baddu-Zain, Kamus Umum Bahasa Indonesia. Pustaka Sinar Harapan, Jakarta 2014

Erni Rernawan. 2011. Organization Culture, Budaya Oorganisasi Dalam Perspektif Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/society-5-0/ di akses pada tanggal 3 agustus 2022

Kasmir.2006. Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada

Mariana, Rina, Rifqi. 2013. Hygienie Sanitasi dan K3 pada Salon Kecantikan. Modul Program Keahlian Tata Kecantikan Rambut. Jakarta: Bagian Proyek Pengembangan Kurikulum, Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Malayu S.P. Hasibuan, 2014. Organisasi dan Motivasi, Dasar Peningkatan Produktivitas, Jakarta: Bumi Aksara

Purnomo, A., Dkk. 2020. Dasar-Dasar Kewirausahaan: Untuk Perguruan Tinggi dan Dunia Bisnis.Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis

Soekartawi, 2000. Agro Industri dalam Perspektif Social Ekonomi. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Siswanto A, Victorianus. 2009. Studi Peran Perempuan Dalam Pengembangan Usaha Kecil Menengah Melalui Teknologi Informasi di Kota Pekalongan. Dinamika Informatika, 1(1): 70-77.

Wren, Daniel A. and Arthur G. Bedeian. 2009. The Evolution of Management Tought. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Soffiatun, S., Rahmanita, F., & Afriliani, F. (2023). PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGORGANISASIAN UMKM SALON KECANTIKAN. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 183–189. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/31556