ASYIKNYA PERMAINAN EDUKASI RIDDLE ENIGMA BERTEMAKAN MATEMATIKA DISKRIT

Authors

  • Alfi Maulani Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang
  • Hendro Waryanto Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang
  • Nanik Ida Rosini Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang
  • Alfini Yuliyanti Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang
  • Alsya Zilvanzani Zavitra Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang
  • Amir Wahyu Hidayat Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang
  • Dyah Trianna Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang
  • Jessy Arnelia Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang

Keywords:

Permainan Edukasi, Matematika Diskrit, Himpunan Dan Fraksional, Riddle Enigma

Abstract

Matematika diskrit merupakan salah satu mata kuliah dalam bidang ilmu matematika. Konsep matematika diskrit dapat diperkenalkan kepada anak-anak SD di Serpong dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masayarakat (PkM) yang dikemas melalui suatu permainan edukasi yang menyenangkan dan mendidik serta bermanfaat. Tujuan dari proses pengenalan matematika diskrit sederhana ini guna membantu anak-anak SD di Serpong gemar belajar matematika. Permainan edukasi dikemas dengan menggabungkan konsep matematika diskrit sederhana berupa himpunan dan fraksional dengan konsep riddle enigma. Permainan riddle enigma bertemakan matematika diskrit tersebut bertujuan supaya setiap peserta didik dapat belajar bersama teman-teman dengan sistem kerjasama selain bertujuan memperkenalkan kepada peserta didik dan masyarkat di sekitar adanya prodi matematka di Universitas Pamulang. Selama kegiatan PkM berlangsung, setiap peserta didik sangat antusias dan berhasil meyelesaikan semua kuis riddle enigma yang telah disiapkan oleh Tim PkM dengan hasil yang sangat memuaskan. Selain itu, permainan riddle enigma bertemakan matematika diskrit berhasil merubah pandangan negatif setiap peserta didik terkait matematika yan dianggap sulit dan membosankan menjadi pandangan positif bahwa matematika itu menyenangkan dan mudah dipelajari. Berdasarkan evaluasi yang telah Tim PkM lakukan kepada setiap peserta didik dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini memenuhi kriteria dan mendapat antusiasme yang sangat baik dari masyarakat sekitar, sehingga kegiatan ini dapat dikatakan berhasil.

References

Darwanto, Dinata, K. B., dan Junaidi. 2020. Teori Himpunan. Lampung: Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Krisbiantoro, D., dan Haryono, D. (2017). Game Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Telematika, 10(2), 1-11.

Maulani, A., Nurhayati, S. S., dan Surati, A. (2021). Pembelajaran Operasi Dan Bentuk Aljabar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 2(1), 22–28.

Yunus, M., Astuti, I. F., & Khairina, D. M. (2015). Game Edukasi Matematika Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Informatika Mulawarman, 10(2), 59-64.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Maulani, A., Waryanto, H., Rosini, N. I., Yuliyanti, A., Zavitra, A. Z., Hidayat, A. W., … Arnelia, J. (2023). ASYIKNYA PERMAINAN EDUKASI RIDDLE ENIGMA BERTEMAKAN MATEMATIKA DISKRIT. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 199–203. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/31560