EDUKASI EKSPOR PADA UMKM KOTA DEPOK GUNA MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN KOMPETENSI WIRAUSAHA

Authors

  • Vivi Iswanti Nursyirwan Program Studi Akuntansi S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Sasmita Sari Ardaninggar Program Studi Akuntansi S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Adi Martono Program Studi Akuntansi S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Edukasi Ekspor, Kompetensi SDM, Kreatifitas Usaha, Kompetensi UMKM

Abstract

UMKM atau dikenal sebagai usaha mikro, kecil, dan menengah adalah bagian dari pilar penting perekonomian suatu negara, termasuk Indonesia. Penulis mengobservasi permasalahan UMKM yakni dari sisi manajemen sumber daya manusianya, khususnya dari sisi kompetensi SDM UMKM yang dimilikinya. Secara praktis, kompetensi SDM UMKM penting di era penuh persaingan seperti saat ini.  Tanpa kompetensi SDM yang memadai maka UMKM akan tertinggal atau bahkan kalah dengan UMKM lainnya. Kompetensi SDM tidak hanya terkait saat SDM membuat produk saja, tetapi juga SDM harus memiliki kompetensi lain, misal: kompetensi memasarkan produk, kompetensi pengelolaan keuangan usaha, kompetensi peningkatkan kualitas produk, dan kompetensi lainnya. UMKM perlu dilatih untuk bisa memulai pemasaran berbasis internasional. Go-Ekspor merupakan bagian dari pemasaran internasional yang perlu di sosialisasikan kepada para pelaku UMKM agar pelaku UMKM setidaknya mendapatkan pengetahuan, kecakapan dan pada akhirnya dapat membentuk sikap yang relevan untuk menunjang performa usahanya. Hasil observasi kami berkaitan UMKM Kota Depok, para pelaku UMKM banyak yang sudah dapat beradaptasi dengan baik untuk dapat bertumbuh, akan tetapi di sisi lain, kami juga masih menemukan banyaknya UMKM yang belum mengetahui “know-howâ€, mengalami ketidakpahaman atas hal-hal manajerial, baik manajemen SDM, manajemen keuangan, maupun manajemen pemasaran. Menindaklanjuti hal ini, diperlukan pelaku UMKM yang memiliki kreatifitas dan kompetensi UMKM untuk bisa bersaing secara kompetitif. Pada kegiatan berkonsep kemitraan masyarakat ini, kami para dosen program studi S-1 Akuntansi Universitas Pamulang telah menyelenggarakan program pengembangan kewirausahaan pada mitra UMKM yang tergabung dalam komunitas pasar online. Jumlah pelaku usaha pada PKM ini sebanyak 25 UMKM. Pada kegiatan ini, para dosen berfokus memberikan batasan pengetahuan pada edukasi ekspor kepada para mereka yang terbiasa memasarkan produk secara online. Fokus edukasi ekspor juga telah disertai dengan pendampingan usaha bagi para pelaku UMKM. Hasil kegiatan PKM menunjukan peserta PKM antusias dalam menerima ilmu yang diberikan oleh para dosen, dan para peserta PKM memiliki pengetahuan lebih atas edukasi ekspor produk, serta para peserta PKM mendapatkan pendampingan usaha untuk berkonsultasi dengan pendamping UMKM guna peningkatan kreatifitas usahanya.

References

Andita, A., Wulaningsih, E., Arip, M. S., Adawiyah, N. H., Ela, S., Masjum, R., Manajemen, M., Pascasarjana, P., & Pamulang, U. (2022). Berwirausaha Melalui Digital Marketing Terutama Marketplace Bagi Siswa Di Smk Satria Kembangan. 3(1), 1–8.

Barazandeh, M., Parvizian, K., Alizadeh, M., & Khosravi, S. (2015). Investigating the effect of entrepreneurial competencies on business performance among early stage entrepreneurs Global Entrepreneurship Monitor (GEM 2010 survey data). Journal of Global Entrepreneurship Research, 5, 1–12.

Devloo, T., Anseel, F., De Beuckelaer, A., & Salanova, M. (2015). Keep the fire burning: Reciprocal gains of basic need satisfaction, intrinsic motivation and innovative work behaviour. European Journal of Work and Organizational Psychology, 24(4), 491–504.

Dhamayantie, E. (2017). Kewirausahaan Untuk Meningkatkan. 11(1), 80–91.

Efridiyanti, M., & Cerya, E. (2021). Faktor-Faktor Penentu Produktivitas UMKM Songket. Jurnal Ecogen, 4(3), 389–404.

Jones, C., Svejenova, S., Pedersen, J. S., & Townley, B. (2016). Misfits, mavericks and mainstreams: Drivers of innovation in the creative industries. In Organization Studies (Vol. 37, Issue 6, pp. 751–768). Sage Publications Sage UK: London, England.

Kaur, H., & Bains, A. (2013). Understanding the concept of entrepreneur competency. Journal of Business Management & Social Sciences Research, 2(11), 31–33.

Manyika, J., Lund, S., & Bughin, J. (2016). Digital Globalization: The New Era Global Flows. McKinsey Global Institute.

Ng, H. S., & Kee, D. M. H. (2013). Effect of entrepreneurial competencies on firm performance under the influence of organizational culture. Life Science Journal, 10(4), 2459–2466.

Nursyirwan, V. I., Ardaninggar, S. S., Septiningrum, L. D., Gustiasari, D. R., & Hasan, J. M. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 238–244.

Reckwitz, A. (2018). The invention of creativity: Modern society and the culture of the new. John Wiley & Sons.

Shaheen, K., Waheed, A., & Hashmi, W. H. (2020). Extrinsic rewards and creative performance syndrome : The mediating mechanism and interacting effects. Thinking Skills and Creativity, 38(April), 100713. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100713

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Nursyirwan, V. I., Ardaninggar, S. S., & Martono, A. (2023). EDUKASI EKSPOR PADA UMKM KOTA DEPOK GUNA MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN KOMPETENSI WIRAUSAHA. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 204–211. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/31561