EKSPLORASI KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA: STUDI KASUS DI MA MIFTAHUL ULUM BETTET PAMEKASAN
Keywords:
Keterampilan Proses Sains, Gaya GesekAbstract
Keterampilan proses sains adalah salah satu kemampuan yang sangat krusial bagi siswa karena keterampilan proses ilmiah bisa digunakan dalam penyelesaian persoalan fisika dalam aktivitas sehari-hari siswa. Untuk mengetahui tingkat kemampuan proses siswa perlu dilakukan Ekplorasi keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan penelitian survey dengan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas X MIPA B MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan teknik clustering. Instrument penelitian terdiri dari 18 soal pilihan ganda dengan lima indikator KPS. Analisis data menggunakan persentase dari masing-masing indikator kemudian diinterferensi pada skor KPS Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan proses sains siswa yaitu sebesar 56% atau berada di kategori cukup.
References
Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 8.
Fitriana, Kurniawati, Y., & Utami, L. (2019). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BOUNDED INQUIRY LABORATORY. JTK: Jurnal Tadris Kimiya 4.
Hastuti, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 129–135. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.303
Mahmudah, I. R., Makiyah, Y. S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMA di Kota Bandung.
Mutmainnah, S. N., Padmawati, K., Puspitasari, N., & Prayitno, B. A. (2019). PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK (STUDI KASUS DI SALAH SATU UNIVERSITAS DI SURAKARTA). Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi.
Rahayu, A. H., & Anggraeni, P. (2017). ANALISIS PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SUMEDANG. JURNAL PESONA DASAR.
Rahman, A., Wahyuni, I., & Rifqiawati, I. (2017). PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA DI SMP SATU ATAP PULAU TUNDA. Dosen Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Rinsiyah, I. (2016). Pengembangan Modul Fisika Berbasis CTL untuk Meningkatkan KPS dan Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains.
Solihati, B., Achmad, A., & Yolida, B. (n.d.). PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA.
Sujarwanto, E. (2019). Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penyelesaian Masalah dalam Pembelajaran Fisika. 12.
Wahyuni, S., Suhendar, S., & Setiono, S. (2020). PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.17246
Yatnikasari, S., Asnan, M. N., & Zulkarnain, I. (2021). PROFIL KEMAMPUAN KETRAMPILAN PROSES SAINS DASAR SISWA MADRASAH ALIYAH AL-FIRDAUS SAMARINDA SETELAH PELATIHAN PENGGUNAAN ALAT UKUR. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 220–229. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1068
Yunita, N., & Nurita, T. (2021). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS.