EKSPLORASI KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA: STUDI KASUS DI MA MIFTAHUL ULUM BETTET PAMEKASAN

Authors

  • Fathatur Rohmah Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Islam Madura
  • Agus Budiyono Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Islam Madura
  • El Indahnia Kamariyah Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Islam Madura

Keywords:

Keterampilan Proses Sains, Gaya Gesek

Abstract

Keterampilan proses sains adalah salah satu kemampuan yang sangat krusial bagi siswa karena keterampilan proses ilmiah bisa digunakan dalam penyelesaian persoalan fisika dalam aktivitas sehari-hari siswa. Untuk mengetahui tingkat kemampuan proses siswa perlu dilakukan Ekplorasi keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan penelitian survey dengan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas X MIPA B MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan teknik clustering. Instrument penelitian terdiri dari 18 soal pilihan ganda dengan lima indikator KPS. Analisis data menggunakan persentase dari masing-masing indikator kemudian diinterferensi pada skor KPS   Hasil penelitian menunjukkan bahwa  tingkat keterampilan proses sains siswa yaitu sebesar  56% atau berada di kategori cukup.

References

Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 8.

Fitriana, Kurniawati, Y., & Utami, L. (2019). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BOUNDED INQUIRY LABORATORY. JTK: Jurnal Tadris Kimiya 4.

Hastuti, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 129–135. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.303

Mahmudah, I. R., Makiyah, Y. S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMA di Kota Bandung.

Mutmainnah, S. N., Padmawati, K., Puspitasari, N., & Prayitno, B. A. (2019). PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK (STUDI KASUS DI SALAH SATU UNIVERSITAS DI SURAKARTA). Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi.

Rahayu, A. H., & Anggraeni, P. (2017). ANALISIS PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SUMEDANG. JURNAL PESONA DASAR.

Rahman, A., Wahyuni, I., & Rifqiawati, I. (2017). PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA DI SMP SATU ATAP PULAU TUNDA. Dosen Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Rinsiyah, I. (2016). Pengembangan Modul Fisika Berbasis CTL untuk Meningkatkan KPS dan Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains.

Solihati, B., Achmad, A., & Yolida, B. (n.d.). PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA.

Sujarwanto, E. (2019). Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penyelesaian Masalah dalam Pembelajaran Fisika. 12.

Wahyuni, S., Suhendar, S., & Setiono, S. (2020). PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.17246

Yatnikasari, S., Asnan, M. N., & Zulkarnain, I. (2021). PROFIL KEMAMPUAN KETRAMPILAN PROSES SAINS DASAR SISWA MADRASAH ALIYAH AL-FIRDAUS SAMARINDA SETELAH PELATIHAN PENGGUNAAN ALAT UKUR. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 220–229. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1068

Yunita, N., & Nurita, T. (2021). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Rohmah, F., Budiyono, A., & Kamariyah, E. I. (2023). EKSPLORASI KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA: STUDI KASUS DI MA MIFTAHUL ULUM BETTET PAMEKASAN. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 217–222. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/31563