PEMBUATAN YOGURT BERBAHAN DASAR CAMPURAN SUSU DAN AIR LERI DENGAN STRATER BAKTERI DARI TANGKAI CABAI

Authors

  • Zakki Rosmi Mubarok Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang
  • Agustina Dyah Setyowati Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Keywords:

Susu, Air Leri, Kitosan, Yogurt, Masa Simpan

Abstract

PKM ini adalah aplikasi dari penelitian dimana air leri dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan yogurt untuk menggantikan susu, serta mengetahui kualitas yogurt dengan berbahan dasar air leri dengan yogurt berbahan dasar susu. pengaruh penambahan bahan aditif berupa kitosan sebagai pengawet akan dilakukan analisa, apakah kitosan mampu menambah masa simpan dari yogurt. Kitosan sendiri memiliki kandungan yang bermuatan positif sehingga dapat menghambat pertumbuhan mikroba dan mampu berikatan dengan senyawa-senyawa yang bermuatan negatif seperti protein, polisakarida, asam nukleat, logam berat, dan lain-lain.

References

Holipah, S. N., Wijayanti, E. dan Saputra, V. 2010. Aplikasi Kitosan Sebagai Pengawet Alami Dalam Meningkatkan Mutu Simpan Produk Pasca Panen. PKM Gagasan Tertulis. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Rosmi, Z. M., Nur, R. dan Nurul, I. 2021. Komparasi Kadar Saponin Dan Karakterisasi Teh Herbal Penurun Gula Darah Dari Buah Mahkota Dewa Dan Bunga Telang. Universitas Pamulang. Tangerang Selatan.

Syainah, E., Sari, N. dan Rusmini, Y. 2014. Kajian Pembuatan Yogurt Dari Berbagai Jenis Susu Dan Inkubasi Yang Berbeda Terhadap Mutu Dan Daya Terima. Jurnal Skala Kesehatan 05, No. 1.

Laily, M. F., Hapsari, T. P. 2019. Mempelajari Pemanfaatan Air Cucian Beras (Leri) Pada Proses Pembuatan Nata De Leri. Jurnal Teknologi Pangan, Vol.10 (1): 35-40.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Mubarok, Z. R., & Setyowati, A. D. (2023). PEMBUATAN YOGURT BERBAHAN DASAR CAMPURAN SUSU DAN AIR LERI DENGAN STRATER BAKTERI DARI TANGKAI CABAI. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 248–252. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/31568