PENGELOLAAN KEUANGAN RUMAHAN SALON KECANTIKAN PADA KELOMPOK USAHA ALUMNI PKW TAHUN 2023 LKP DINA DEPOK

Authors

  • Ade Holisoh Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP, Universitas Pamulang
  • Sulfi Purnamasari Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP, Universitas Pamulang
  • Sri Rahayu Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP, Universitas Pamulang

Keywords:

Pengelolaan keuangan, bisnis rumahan

Abstract

Pengelolaan keuangan menjadi salah satu bentuk komitmen dalam mengembangkan bisnis salon kecantikan. Bisnis salon rumahan semakin marak dilakukan oleh kaum wanita dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga. Usaha salon kecantikan ini semakin merebak sejak munculnya Pandemi Covid-19 di akhir tahun 2019 di Wuhan China. Dampak dari munculnya Pandemi Covid-19 menjadi musibah dan berkah pada beberapa sector industry bisnis. Pengurangan tenaga kerja terus dilakukan oleh pelaku industry hingga saat ini. Salah satu usaha jasa yang tetap konsisten memberikan dukungan kepada para wanita yang terdampak pemutusan hubungan kerja adalah LKP DINA yaitu memberikan pelayanan jasa di bidang pendidikannya. Seperti yang di lakukan oleh DINA Salon selain usaha perawatan kecantikan juga turut andil secara aktif di bidang pendidikan kewirausaan bagi masyarakat melalui Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) DINA. Salah satu program unggulan pada LKP DINA ini yaitu Pendidikan Kecakapan Kewirausahaan (PKW) yang diperuntukan bagi remaja dan para wanita dengan rentang usia 17 sd 45 tahun dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang yang khususnya bertempat tinggal di Kota Depok. Sebagai follow up dari kegiatan PKW para alumni PKW ini diberikan modal usaha untuk membangun bisnis salon kecantikan rumahan secara berkelompok dengan jumlah anggota adalah 4 orang. Agar usaha ini dapat berjalan dan berkembang maka LKP DINA melakukan kegiatan pendampingan salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan mengenai pengelolaan keuangan. Materi ini diberikan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta PKW dalam pengelolaan keuangan khususnya mengenai tata kelola keuangan yang baik.

References

Andriana, Riska. 2014. Minat Konsumen terhadap Perawatan Kulit Wajah dengan Metode Mikrodermabrasi di Viota Skin Care Kota malang. e-Journal Volume 03 Nomor 01 tahun 2014, edisi Yudisium Periode Febuari, Hal 200-208.

Artikel “Ingin cantik, ke salon dong!!†majalah fit Februari 2003

Baddu-Zain, Kamus Umum Bahasa Indonesia. Pustaka Sinar Harapan, Jakarta 2014

Erni Rernawan. 2011. Organization Culture, Budaya Oorganisasi Dalam Perspektif Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Kasmir.2006. Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada

Mariana, Rina, Rifqi. 2013. Hygienie Sanitasi dan K3 pada Salon Kecantikan. Modul Program Keahlian Tata Kecantikan Rambut. Jakarta: Bagian Proyek Pengembangan Kurikulum, Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Malayu S.P. Hasibuan, 2014. Organisasi dan Motivasi, Dasar Peningkatan Produktivitas, Jakarta: Bumi Aksara

Purnomo, A., Dkk. 2020. Dasar-Dasar Kewirausahaan: Untuk Perguruan Tinggi dan Dunia Bisnis.Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Holisoh, A., Purnamasari, S., & Rahayu, S. (2023). PENGELOLAAN KEUANGAN RUMAHAN SALON KECANTIKAN PADA KELOMPOK USAHA ALUMNI PKW TAHUN 2023 LKP DINA DEPOK. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 264–273. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/31571