SARESEHAN KONSEP PEMBERIAN KOMPENSASI GURU SATUAN PAUD SEJENIS SPS DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Authors

  • Sri Utaminingsih Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Ahmad Nana Mahmur Mulyana Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Sugiyanto Sugiyanto Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Shella Rachmawaty Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang

Keywords:

Kompensasi, Kinerja, Guru

Abstract

Kekerasan terhadap anak dan perempuan merupakan tindakan yang sangat merugikan dan tidak dapat diterima dalam kehidupan sosial dan beradab. Tindakan kekerasan tersebut dapat terjadi dalam berbagai bentuk seperti kekerasan fisik, psikologis, seksual, eksploitasi ekonomi, dan pembiaran. Hal ini dapat dilakukan oleh siapa saja, baik itu orang tua, keluarga, teman, pasangan, maupun pemerintah. Dampak kekerasan terhadap anak dan perempuan sangatlah merugikan dan dapat berdampak jangka panjang pada kesehatan fisik dan mental. Selain itu, kekerasan juga dapat merusak kepercayaan diri, rasa aman, dan kesehatan reproduksi, serta mengganggu pendidikan dan pengembangan anak dan perempuan. Hal ini dapat membatasi kesempatan mereka untuk mencapai potensi penuh dalam kehidupan. Sebagai akademisi, kami sangat peduli dengan masalah kekerasan terhadap anak dan perempuan. Oleh karena itu, kami melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat di SMK Pustek pada Maret 2023 untuk mensosialisasikan pencegahan kekerasan tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai kekerasan terhadap anak dan perempuan, serta bentuk pencegahannya. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan metode ekspositori dan inquiry dimana target utama dari kegiatan pengabdian ini adalah peserta didik SMK Pustek. Dengan meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang kekerasan, serta kemampuan untuk mencegah dan mengatasi tindakan kekerasan, diharapkan akan terjadi penurunan angka kekerasan terhadap anak dan perempuan.

References

Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2166-2172.

Anita, T., Tjitrosumarto, S., & Setyohadi, J. S. (2021). Stres Kerja Guru Saat Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Kompensasi Dan Lingkungan Kerja. Research and Development Journal of Education, 7(1), 146-157.

Anjani, T., Afridah, Z. F., Nadhila, A. A., Hasana, S. M., & Fauzi, I. (2022). KEBIJAKAN PEMBERIAN KOMPENSASI GURU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA MENGAJAR. AL-IBRAH, 7(2), 45-62.

An'ars, M. G. (2022). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Key Performance Indicator (KPI) dalam Mengukur Kinerja Guru. Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 3(1), 8-18.

Apdila, M. N. (2021). Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Peningkatan Kinerja Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 1(1), 73-84.

Apriliyani, S., & Meilani, R. I. (2021). Studi kasus sistem kompensasi guru honorer di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 6(2), 177-190.

Hakim, M., Kamase, J., Serang, S., & Arfah, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Melalui Disiplin Kerja. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(1), 98-115.

Hakim, A. R., & Muhdi, M. (2020). Motivasi Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru Smk Swasta Di Wilayah Timur Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 105-115.

Nasution, F., Nur’aini, S., Rochmi, A., & Sy, M. E. (2022). PEMBERIAN KOMPENSASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PRODUKTIVITAS KINERJA KARYAWAN. Jurnal Pendidikan Dosen dan Guru, 2(1).

Octavia, S. A. (2019). Sikap dan kinerja guru profesional. Deepublish.

Ramdhani, M. R., Hadiwiyono, V., & Hakim, L. (2018). Dampak sertifikasi guru terhadap perilaku sosial dan ekonomi guru di kabupaten ngawi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 2(1), 106-129.

Rorimpandey, W. H. (2020). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kinerja Guru Sekolah Dasar. Ahlimedia Book.

Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem kompensasi dan kepuasan kerja guru tidak tetap di sebuah SMK swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(2), 141-149.

Setianigsih, W., & Kader, M. A. (2019). Pengaruh disiplin kerja, kompetensi, dan kompensasi terhadap kinerja guru. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 5(2), 313-320.

Santoso, I. (2021). Pendidikan Pelatihan (Diklat), Iklim Organisasi, dan Motivasi Berprestasi: Pengaruhnya pada kinerja guru. Penerbit NEM.

Utaminingsih, S., MM, P., Hardhienata, H. S., & Sunardi, H. O. (2022). PENINGKATAN KINERJA GURU (Tuntutan Profesionalitas Guru PAUD). Pascal Books.

Windasari, W., & Yahya, M. Z. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Swasta Se-Kecamatan Bangil. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 188-192.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Utaminingsih, S., Mulyana, A. N. M., Sugiyanto, S., & Rachmawaty, S. (2023). SARESEHAN KONSEP PEMBERIAN KOMPENSASI GURU SATUAN PAUD SEJENIS SPS DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 274–281. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/31572