KORELASI ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) BERDASARAKAN LITERATURE REVIEW

Authors

  • Rita Dwi Pratiwi Program Studi Keperawatan, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
  • Vike Dwi Hapsari Program Studi Keperawatan, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
  • M. Zulfikar Adha Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
  • Shifa Nadila Program Studi Keperawatan, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang

Keywords:

Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Sosial, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

15% dari populasi global, atau 785 juta orang, diperkirakan memiliki disabilitas mental yang signifikan berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Angka ini berasal dari data Riskesdas 2018 yang menandakan proporsi kecacatan pada usia 5-7 tahun sebanyak 3,3%, usia 18-59 tahun sebanyak 22%, dan pada usia 60 tahun ke atas sebanyak 2,6% mengalami kecacatan berat dan ketergantungan total pada metode. Kesimpulan dan Implikasi Dua belas makalah lulus kriteria inklusi ulasan. Dua jurnal tidak terkait dengan topik gaya pengasuhan dan perkembangan sosial anak berkebutuhan khusus, sedangkan fitur dari delapan publikasi lainnya menandakan bahwasanya ha atau hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan survei terhadap 12 publikasi ilmiah, ditetapkan bahwasanya praktik pengasuhan memang memengaruhi perkembangan sosial anak berkebutuhan khusus. Saran: maka dari itu penting untuk mendidik orang tua tentang bagaimana pilihan pengasuhan mereka memengaruhi perkembangan sosial anak-anak mereka yang berkebutuhan khusus. 

References

Ulfa Suryani & Velga Yazia . (2022). Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak disabilitas intelegensi. Jurnal keperawatan

Fatiah Azizah. (2015).Hubungan pola asuh orang tua dengan interaksi sosial anak autis di sekolah luar biasa al ikhlas garegeh kota bukittinggi.

Findi Arini, Susi Wahyuningsih. (2016). Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial pada anak autis di slb-b dan tpa jember.

Rinawan Winda. (2016). Hubungan pola asuh orang tua dengan perekembangan personal sosial pada anak autis usia 3-8 tahun di kota malang.

Lizet ketelaar. (2017). Children with cochlear implant and their parents: reletion between parenting style and children`s social emotional functioning.

Martha, P., Maharani, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi anak reterdasi mental.

Herlina. (2021). Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak reterdasi mental di slb cahaya peureulak kabupaten aceh timur.

Johan,B., Tufik,M. N. & Rima, N.U. (2021). Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak penyandang disabilitas di slbn surade kabupaten sukabumi

Bhide,S., Emma, S., & Anderson, V. (2016). Association between parenting style and sociio-emotional and academic functioning in children with and without adhd: a community-based study.

Anis Purnamasari (2020). Hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial anak autis di pusat pelayanan autis kendari.

Meta Rikandi. (2021). Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak autisme di slb harmoni sukarta.

Downloads

Published

2023-07-18

How to Cite

Pratiwi, R. D., Hapsari, V. D., Adha, M. Z., & Nadila, S. (2023). KORELASI ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) BERDASARAKAN LITERATURE REVIEW. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 292–301. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32118