PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DAN METODE PRESENTASI KELOMPOK MENGGUNAKAN MS. POWER POINT PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TA 2022/2023 PROGRAM STUDI MATEMATIKA UNIVERSITAS PAMULANG

Authors

  • NurulLita Sari Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang
  • Annisha Therreshia Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang
  • Siti Rahmah Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang

Keywords:

Metode Pembelajaran, Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Pada proses pembelajaran di ruang kuliah, dosen menghadirkan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan keadaan mahasiswanya. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang digunakan harus berbeda. Hal ini harus dilakukan sedemikian rupa agar hasil proses belajar mengajar tidak cepat menimbulkan kebosanan, kegairahan dan kurang konsentrasi pada diri siswa selama proses pembelajaran.Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan seorang guru dalam menyampaikan materi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun perlu diperhatikan bahwa metode pembelajaran yang digunakan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu guru khususnya dosen harus memperhatikan dengan seksama pemilihan metode pengajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, tujuan yang ingin dicapai serta situasi dan kondisi siswa yang cocok untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode mana yang efektif dalam memberikan materi pembelajaran kewarganegaraan dan untuk memberikan gambaran tentang penggunaan berbagai metode pembelajaran kewarganegaraan dan untuk mendeskripsikan penggunaannya secara rinci. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran kewarganegaraan adalah metode ceramah dan metode presentasi kelompok Power Point. Penggunaan metode tersebut disesuaikan dengan mata pelajaran IPS dan tujuan pembelajaran mahasiswa program studi matematika FMIPA Universitas Pamulang, sehingga mahasiswa senang mengikuti pembelajaran. dan meningkatkan hasil belajar mereka.

References

Depdiknas, 2009. Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

_______, 2022. Retrieved November 20, 2022, from Deepublishstore.com: https://deepublishstore.com/pengertian-presentasi/.

Millah, d. (2015). Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Audience Centered Pada Metode Presentasi Sebagai Aktualisasi Pendekatan Student Centered Learning, 262-273.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan paraktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Kaplan M. Robert & Saccuzzo P. Dennis. 2012. Pengukuran psikologi: prinsip, penerapan, dan isu. Jakarta: Salemba Humanika

Singgih Santoso, 2014. SPSS 22 from Essential to Expert Skills, Gramedia anggota IKAPI, Jakarta.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N.S. 2010. Metode penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya

Trianto, I.B., Titik T. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Jakarta: Prenadamedia Group

Wirabumi, R. (2020, October). Metode Pembelajaran Ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113).

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Sari, N., Therreshia, A., & Rahmah, S. (2023). PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DAN METODE PRESENTASI KELOMPOK MENGGUNAKAN MS. POWER POINT PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TA 2022/2023 PROGRAM STUDI MATEMATIKA UNIVERSITAS PAMULANG. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 382–388. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32343