HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA OBAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK BEN SEHAT PERIODE TAHUN 2022

Authors

  • Melizsa Melizsa Program Studi D-III Farmasi, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
  • Dian Wahdah Fauziyah Program Studi D-III Farmasi, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
  • Wafa Wafa Program Studi D-III Farmasi, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
  • Dimas Agung Waskito Wijanarko Program Studi D-III Farmasi, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
  • Heri Setiawan Fakultas Farmasi, Universitas Indonesia

Keywords:

Apotek, Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis khususnya apotek semakin hari semakin ketat. Inilah Apotek Ben Sehat yang berada di kawasan pasar, di jalan raya dan padat penduduk, yang letaknya Lokasi nan strategis tersebut merupakan faktor utama bagi bisnis farmasi apotek untuk membangun usaha di wilayah tersebut. Hal itu dibuktikan terlihatnya banyaknya apotek yang letaknya sangat dekat dengan Apotek Ben Sehat. Sekitar 500 meter dari Apotek Ben Sehat ada apotek, 800 meter dari Apotek Ben Sehat juga ada apotek, bahkan di sebelah kiri Apotek Ben Sehat ada apotek. Apotek Ben Sehat harus mengatur strategi pemasaran dan penjualan agar tetap berada di depan apotek pesaing terdekat. Diantara caranya yaitu menawarkan pelayanan terbaik dan harga obat yang bersaing. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dan harga obat terhadap kepuasan Pasien di Apotek Ben Sehat periode tahun 2022. Jenis penelitian adalah metode survei deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian dengan maksud untuk mencerminkan kejadian yang ada, baik kejadian alam maupun buatan manusia atau yang digunakan untuk menghasilkan efek yang lebih luas. Salah satu jenis penelitian deskriptif adalah penelitian survei;  Pengambilan sampel populasi menggunakan kuesioner sebagai alat ukur data dasar untuk memperoleh informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien korelasi Pearson antara kualitas pelayanan dengan kepuasan Pasien adalah 0,254 dalam kisaran (0,20 - 0,399), termasuk korelasi yang tidak kuat. Sedangkan koefisien korelasi Pearson harga obat dengan kepuasan Pasien adalah 0,134, berada pada kisaran (0,00 – 0,199) yang merupakan korelasi yang sangat tidak kuat. 

 

References

Aditya Perdanakusuma. (2013), Pengaruh Komunikasi Efektif. Skripsi .Fakultas Fisiologi. Purwokerto. Http://Repository.Ump.Ac.Id/2311/3/Aditya%20perdanakusuma%2 0bab%20ii.Pdf . (Diakses Pada Tanggal 06 Juli 2022).

Ahmad Fauzi. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien Pada Pt. Pos Indonesia Cabang Tangerang Selatan. Skripsi. Universitas Pamulang. Tangerang Selatan.

Akbar, Fitri Dede. (2022). Peran Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Pada Pt. Revorma Sembilan Tujuh. Laporan Magang. Progam Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Winaya Mukti. Bandung. Https://Repository.Unwim.Ac.Id/File/Mahasiswa/480767976.Pdf. (Diakses Pada Tanggal 07 Juli 2022).

Apriyani, Aliyyah Dwi. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Administrasi Bisnis. Universitas Brawijaya. Malang. Vol.51, No.2. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/189804-Id-None.Pdf. (Diakses Pada Tanggal 10 Juli 2022)

Aulia, M., Imam, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien Amanda Brownies. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol. 6(5), Hal. 1 – 17. Http://Jurnalmahasiswa.Stiesia.Ac.Id/Index.Php/Jirm/Article/View/1473. (Diakses Pada Tanggal 30 Juni 2022).

Breda R Leonaldo (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Marketplace Shopee Pada Saat Pandemi Covid-19 (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat. Jurnal Emba Vol.9 No.3 Juli 2021, Hal. 1721 – 1730. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Emba/Article/Download/35960/3352 6#:~:Text=Menurut%20danang%20sunyoto%20(2015%3a%20140,Untuk %20berbelanja%20pada%20suatu%20tempat. (Diaksess Pada Tanggal 03 Juli 2022).

Darmawan, Budhi Satrio. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan,Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien Pada Apotek Takavi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol. 6(8), Hal. 1 – 15. Http://Jurnalmahasiswa.Stiesia.Ac.Id/Index.Php/Jirm/Article/View/1825. (Diakses Pada Tanggal 30 Juni 2022).

Edwin Purnomo. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien “Best Autoworksâ€. Artikel. Fakultas Manajemen Bisnis, Universitas Ciputra, Surabaya. Https://Journal.Uc.Ac.Id/Index.Php/Performa/Article/Download/404/363#:~:Te Xt=Nugroho%20(2015%3a162)%20menjelaskan,Intensitas%20membeli% 20dari%20pelanggan%20tersebut. (Diakses Pada Tanggal 06 Juli).

Fitriani Alfi. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien Percetakan Snapy Radio Dalam Jakarta Selatan. Skripsi. Universitas Pamulang. Tangerang Selatan. Hal. 52 – 54

Fitria, Nurul Dian. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan, Pada Rumah Sakit Ibu Dan Anak Andhika Jakarta. Hal. I. Http://Repository.Ibs.Ac.Id/463/2/Dian%20nurul%20fitria%2c%20ma. Ibs%2c%202016.Pdf. (Diakses Pada Tanggal 02 Juli 2022).

Haryoko, Budi Ugeng. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada Pt. Media Televisi Indonesia (Metro Tv). Jurnal Ilmia Feasible. Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi. Universitas Pamulang. Vol.2, No.2. Http://Openjournal.Unpam.Ac.Id/Index.Php/Jfb/Article/Download/4736/4380 (Diakses Pada Tanggal 04 Juli 2022).

Hidayat, Ridha. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Sop Perawat Pelaksana Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Di Rawat Inap Rsud Bangkinang. Jurnal Ners. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Vol.3, No.2. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/270306426.Pdf. (Diakses Pada Tanggal 04 Juli 2022).

Hendra Riswanto. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Buah Hati Pamulang. Skripsi. Universitas Pamulang. Tangerang Selatan. Hal. 56-105.

Hermansyah. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Paket Pt.Pos Indonesia. Universitas Pamulang. Tangerang Selatan. Hal. 53 – 54.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta Timur : Erlangga. Hal. 146 – 150.

Kotler, P,. & Keller, K. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta Timur : Erlangga. Hal. 138 – 142.

Kurnianingsih, Ariyani. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pasien Pada Apotek Viva Generik Genuk 1 Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Semarang. Hal. 2 – 3. Https://Repository.Usm.Ac.Id/Files/Skripsi/B11a/2015/B.131.15.0033/B.131. 15.0033-15-File-Komplit-20190210040539.Pdf. (Diakses Pada Tanggal 30 Juni 2022).

Lupyoadi Dalam Ramadhan Ali Nur (2013). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Servis Berkala Pada Dealer Nissan Basuki Rahmat Di Kota Surabaya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Http://Etheses.Uin-Malang.Ac.Id/6664/1/08510133.Pdf. (Diakses Pada Tanggal 02 Juli 2022).

Manalu. Halomoan Rizki. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pocos Le Café Kota Padangsidimpuan). Skripsi. Manajemen Pemasaran. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan. Http://Repository.Umsu.Ac.Id/Handle/123456789/15532#. (Diakses Pada Tanggal 05 Juni 2022).

Nurhab, Badaruddin. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit. Jurnal Akutansi Dan Perbankan Syariah. Hal. 307. Https://Ejournal.Metrouniv.Ac.Id/Index.Php/Finansia/Article/View/1395/1187. (Diakses Pada Tanggal 02 Juli 2022).

Primafidyanti, Annisa. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Dan Costumer Relationship Management Terhadap Kepuasan Mahasiswa Reguler Pagi Universitas Sangga Buana Ypkp Bandung. Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan. Universitas Sangga Buana Ypkp. Bandung. Http://Jurnal.Usbypkp.Ac.Id/Index.Php/Jemper/Article/Download/242/Pdf#:~: Text=Howard%20%26%20sheth%20(1969)%20dalam,Dibandingkan%20d Engan%20pengorbanan%20yang%20dilakukan%E2%80%9d. (Diakses Pada Tanggal 05 Juli 2022).

Rahmadi, Burhan Pradesta. (2016). Evaluasi Penentuan Harga Jual Produk Perusahaan Aquaphalandra Farm Yogyakarta Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Https://Dspace.Uii.Ac.Id/Bitstream/Handle/123456789/3961/01.0%20cover.P Df?Sequence=1. (Diakses Pada Tanggal 04 Juli 2022).

Riswanto, Hendra. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Buah Hati Pamulang. Skripsi. Universitas Pamulang. Tangerang Selatan. Hal. 106 – 108 .

Rosmery Hutabarat. (2020). Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Resep Pada Apotek Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan. Skripsi. Poli Teknik Kesehatan Medan. Http://Repo.Poltekkes-Medan.Ac.Id/Xmlui/Handle/123456789/3599. (Diakses Pada Tanggal 04 Juli 2022).

Sari Afrilia Venia (2017). The Influence Of Price, Product Quality And Brand Image Onpurchase Decision Teh Botol Sosro At Undergraduate Students Of Social And Politics Faculty University Diponegoro, Diponegoro University Journal Of Social And Politic, Business Administration 2017. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/101277-Id-Pengaruh-Hargakualitas-Produk-Dan-Citra.Pdf. (Diakses Pada Tanggal 30 Juni 2022).

Siyoto, Sodik. (2015). Dasar Metode Penelitian. E-Book. Sleman : Literasi Media Publishing. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Qphfdwaaqbaj&Printsec=Frontco Ver&Hl=Id (Diakses Pada Tanggal 02 Juli 2022).

Suharyanto, Herlina, R. L., Tugiono, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Apotek Rf Bandung. Jurnal Semnastek. Hal. 27. Https://Jurnal.Uisu.Ac.Id/Index.Php/Semnastek/Article/View/4138/2970. (Diakses Pada Tanggal 02 Juli 2022).

Sulistiyo, Rahmat. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Mediasi. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Http://Eprints.Uny.Ac.Id/26550/1/Rahmatsulistiyo_13808145002.Pdf. (Diakses Pada Tanggal 06 Juli 2022).

Sumarsid, (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progres. Stm Labora Dan 2 Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma. Vol.12, No.1. Https://Journal.Universitassuryadarma.Ac.Id/Index.Php/Ilmiahmprogress/Article/View/867. (Diakses Pada Tanggal 05 Juli 2022)

Sugiyono, Dr. Prof. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Cv. Alfabeta. Hal. 115 – 118. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan. Cv. Bandung : Alfabeta. Hal. 138 – 143.

Tjiptono, F. & Chandra, G. (2018). Pemasaran Strategik. Edisi.3. Penerbit. Andi. Hal. 370 – 380. Utari, Woro. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Varian Obat Terhadap Kepuasan Pelanggan Apotek Yakersuda Bangkalan. Jurnal Neobis, Vol. 8(1), Hal. 1 – 13. Https://Journal.Trunojoyo.Ac.Id/Neobis/Article/View/518. (Diakses Pada Tanggal 02 April 2022).

Wibowo Arif. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Umumbus Trans Jogja Terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmu Manajemen. Universitas Negri Yogyakarta. Vol. 1, No.22. Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jim/Article/Download/11765/8441. (Diakses Pada Tanggal 03 Juli 2022).

Wulandari. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhap Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Paru Dungus Madiun. Skripsi. Stikes Bhakti Husada Mulia. Madiun. Http://Repository.Stikes-Bhm.Ac.Id/97/ . (Diakses Pada Tanggal 02 Juli 2022).

Yazid Irzaldi. (2020 ). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Apotek K-24 Jl. Gadjah Mada Yogyakarta. Jurnal. Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jiab/Article/View/26367. (Diakses Pada Tanggal 05 Juli 2022).

Yunita Sri. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian Asi Eksklusif Pada Ibu Pekerja Di Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Skripsi. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan. Jogjakarta. Http://Eprints.Poltekkesjogja.Ac.Id/1577/1/Skripsi%20sri%20yunita %20p07124213035.Pdf . (Diakses Pada Tanggal 05 Juli 2022).

Zikri Ahmad. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang Terhadap Kepuasan Pasien Pada Pt Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (Jikem), Vol. 2 No. 1. Page 923-926. Https://Ummaspul.E-Journal.Id/Jkm/Article/Download/3280/1109/ . (Diakses Pada Tanggal 02 Juli 2022)

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Melizsa, M., Fauziyah, D. W., Wafa, W., Wijanarko, D. A. W., & Setiawan, H. (2023). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA OBAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK BEN SEHAT PERIODE TAHUN 2022. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 398–411. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32383