PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM PADA SEKOLAH SMAS DAARURRAHMAN WALANTAKA

Authors

  • Angga Pramadjaya Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sutomo
  • Istiqomah Rohmawati Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sutomo
  • Selly Septiani Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sutomo
  • Stevanes Stevanes Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sutomo
  • Mumu Nazmudin Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sutomo
  • Fajar Malkan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sutomo
  • Rojul Robani Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sutomo

Keywords:

Pelatihan, Digital Marketing, Penjualan, UMKM

Abstract

PKM ialah kegiatan yang dirancang untuk mendukung komunitas tertentu dengan berbagai cara tanpa menganggap adanya imbalan. UMKM menawarkan pendekatan alternatif untuk mengatasi masalah sosial seperti kemiskinan dan ketidakadilan. Masalahnya adalah siswa kurang memiliki pengetahuan untuk mempromosikan barang mereka secara efektif melalui saluran pemasaran internet. Hambatan baru sedang disajikan untuk bisnis dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Karena adanya internet, bisnis kini dapat dilakukan dimana klien dapat bertransaksi bisnis menggunakan berbagai aplikasi. Teknologi sangat berperan untuk pemasaran fokusnya untuk UKM. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan bagaimana UKM berkembang. Peningkatan penjualan UMKM adalah hasil dari rencana pemasaran online. Siswa SMA Darurrohman Walantaka akan mendapatkan pengajaran digital marketing dari tim pengabdian masyarakat program studi sistem informasi. Membuat narasi yang menarik, teknik edit poster, foto produk, spanduk, dan film produk pemasaran digital yang dapat menarik pelanggan, khususnya di platform e-commerce dan media sosial, adalah bagian dari pelatihan yang diberikan. Hasil dari PkM ini menunjukkan bahwa siswa lebih mampu membuat cerita menarik dengan menggunakan konsep terbaru yang mereka miliki, serta mahir membuat poster dan video gambar produk pemasaran digital dengan kombinasi animasi yang menarik. Alhasil, akan sangat bermanfaat jika produk-produk tersebut disebar di media sosial dan pasar untuk mendongkrak penjualan khususnya di desa walantaka.

References

Ahmad Cucus, H. D. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing UMKM Penghasil Keripik KSU Gapoktan Rukun Santoso Desa Bumi Sari Kecamatan Natar. Jurnal Pengabdian UMKM, 57-65.

Fransiskus Panca Juniawan, M. S. (2023). Pelatihan Digital Marketing Guna Meningkatkan Kompetensi Masyarakat Desa Kace Timur, Bangka. Jural PKM : Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 06 No.01, 17-25.

Ginanjar Abdurahman, H. O. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Manage, 88-92.

Hadion Wijoyo, H. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Ikhraith-Abdimas Vol 3 No 3, 169-175.

Heidrick, S. (2009). The Adoption Of Digital Marekting in Financial. . Services Under Crisis.

Maemunah Nurmaya Sari, A. W. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk UMKM: Strategi Pemasaran Tanaman Porang Melalui Channel Yang Optimal Pada Platform Youtube. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Batasa, 82-91.

Nurtriana Hidayati, P. T. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing UMKM Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku, Vol. 3, No.03, 119-124.

Pristi Sukmasetya, H. A. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono. Jurnal Abdimas PHB Vol.4 No 03. Tahun 2021, 322-328.

R. Sanjaya, J. T. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sudarmanto, E., Revida, E., Zaman, N., Simarmata, M. M., Purba, S., Bachtiar, S. E., et al. (2020). Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat : Pembangunan dan Pemberdayaan. Yayasan Kita Menulis.

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada UMKM Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 36-50.

Yan Aditya, S. R. (2021). Pelatihan Startup Digital Dan Digital Marketing Bagi Siswa - Siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Metro. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Madani, 97-103.

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Pramadjaya, A., Rohmawati, I., Septiani, S., Stevanes, S., Nazmudin, M., Malkan, F., & Robani, R. (2023). PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM PADA SEKOLAH SMAS DAARURRAHMAN WALANTAKA. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 438–445. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32396