TIPS AND TRIK MENGGALI POTENSI DIRI GEN Z DALAM MENGHADAPI ERA EKONOMI DIGITAL

Authors

  • Fery Citra Febriyanto Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Juitania Juitania Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Lia Ira Sahara Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Potensi Diri, Minat, Bakat, Motivasi

Abstract

Salah satu pendekatan untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah melalui pendidikan, karena pendidikan melibatkan usaha yang terukur dan terencana yang mencakup proses bimbingan dan pembelajaran bagi setiap individu agar bisa tumbuh dan berkembang menjadi insan yang mandiri, kreatif, berpengetahuan, memiliki wawasan luas, bertanggung jawab, berakhlak mulia, dan sehat baik secara jasmani maupun rohani. Pada kenyataannya, biaya pendidikan di Indonesia masih cukup tinggi, terutama untuk pendidikan di jenjang perguruan tinggi, dan masih banyak generasi bangsa yang menghadapi hambatan dalam mendapatkan pendidikan tersebut. Kadang-kadang, mereka tidak memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena berbagai keterbatasan. Sejak awal abad ke-21, perkembangan industri digital di seluruh dunia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Sebagai contoh, Datareportal melaporkan bahwa saat ini tidak kurang dari 60% populasi manusia di bumi, atau sekitar 4,6 miliar orang, menggunakan internet setiap harinya. Pengaruh industri digital pada akhirnya juga berdampak pada semua sektor industri, termasuk industri kreatif dan industri riil, seperti bisnis ritel dan makanan. Hal ini menunjukkan tanda-tanda kuat munculnya era ekonomi digital yang kemungkinan akan mencapai puncaknya dalam beberapa tahun ke depan. Sebagai bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat, dilakukan sesi penyuluhan bagi siswa dan siswi sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, dengan tujuan mempersiapkan strategi untuk menggali potensi dan peluang yang ada di depan mata mereka. Hal ini bertujuan agar mereka termotivasi untuk melanjutkan pendidikan sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang mereka miliki.

References

Aliyyah, R. R., Rosyidi, U., & Yazid, R. (2019, March). An Evaluative Study of an Education Scholarship Program (BidikMisi) for Students in Indonesia. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012171). IOP Publishing.

Beech, S. E. (2014). Why place matters: Imaginative geography and international student mobility. Area, 46(2), 170-177.

Beech, S. E. (2015). International student mobility: The role of social networks. Social & Cultural Geography, 16(3), 332-350.

Bettie, M. (2019). Exchange diplomacy: theory, policy and practice in the Fulbright program. Place Branding and Public Diplomacy, 1-12.

Campbell, A. C. (2017). How international scholarship recipients perceive their contributions to the development of their home countries: Findings from a comparative study of Georgia and Moldova. International Journal of Educational Development, 55, 56-62.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka.

Eddy, P. L. (2014). Faculty as border crossers: A study of Fulbright faculty. New Directions for Higher Education, 2014(165), 19-30.

Emmerson, D. K. (2014). Facts, Minds, and Formats: Scholarship and Political Change in Indonesia. In Producing Indonesia (pp. 267-282). Cornell University Press.

Hall, T., Gray, T., Downey, G., Sheringham, C., Jones, B., Power, A., & Truong, S. (2016). Jafari and Transformation: A model to enhance short-term overseas study tours. Frontiers: The Interdisciplinary Journal of Study Abroad, 27, 33-46.

Mawer, M. (2017). Approaches to analyzing the outcomes of international scholarship programs for higher education. Journal of Studies in International Education, 21(3), 230-245.

Meutia (2021). Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Workshop Pelatihan PEKERTI, Serang, 4-9 Mei 2021.

Perna, L. W., Orosz, K., Gopaul, B., Jumakulov, Z., Ashirbekov, A., & Kishkentayeva, M. (2014). Promoting human capital development: A typology of international scholarship programs in higher education. Educational Researcher, 43(2), 63-73.

Qi, H., & Li, F. (2020). Understanding the Study Experience of Chinese Tourism Doctoral Students Studying Overseas. Journal of China Tourism Research, 1-19.

Shu, M., & Scott, N. (2014). Influence of social media on Chinese students’ choice of an overseas study destination: An information adoption model perspective. Journal of Travel & Tourism Marketing, 31(2), 286-302.

Syahputra, I. (2018). New media, new relations: Cyberstalking on social media in the interaction of Muslim scholars and the public in West Sumatra, Indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 34(1).

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Febriyanto, F. C., Juitania, J., & Sahara, L. I. (2023). TIPS AND TRIK MENGGALI POTENSI DIRI GEN Z DALAM MENGHADAPI ERA EKONOMI DIGITAL. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 465–470. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32401