KUALITAS PELAYANAN, KENYAMANAN PENUMPANG BUS ANTAR KOTA SEBAGAI PELUANG EKONOMI BERKELANJUTAN UNTUK MENDUKUNG PARIWISATA (PO. NARENDRA)

Authors

  • Siti Hanah Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Listya Sugiyarti Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Nur Asmilia Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kenyamanan Penumpang, Tata Kelola Keuangan, ekonomi kreatif

Abstract

Dengan bantuan layanan komunitas ini, pemilik bisnis, dosen, dan mahasiswa dapat berkolaborasi dalam manajemen, dan karyawan perusahaan akan menerima pelatihan yang membantu mereka berkembang secara profesional dan pribadi, yang pada akhirnya mengarah ke tingkat kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dengan layanan PO yang mereka terima. Karyawan terpapar teknologi karena perannya yang vital dalam pertumbuhan perusahaan dan kebahagiaan konsumen karena industri transportasi memasuki era digital dengan persaingan yang ketat. Masukan siswa memperkaya pemahaman kami tentang tren bisnis dan ketenagakerjaan, mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia kerja setelah lulus. Lalu ada fakta bahwa karyawan saat ini merasa mereka harus bertindak cepat untuk memenuhi kebutuhan pelatihan dan berbagi informasi yang dibawa oleh kemajuan teknologi. Persaingan dalam skala global memaksa bisnis untuk berpikir di luar kotak. Kesulitan-kesulitan tersebut di atas dihadapi oleh mitra kami dalam rencana kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, PT. NARENDRA TRANS TUNGGA PUTRA/PO NARENDRA. Pada Januari 2023, perusahaan ini resmi beroperasi. Meskipun hal ini telah dipenuhi dalam praktiknya, masalah mendesak bagi para mitra adalah mendapatkan wawasan tentang dedikasi dan keahlian sumber daya manusia mereka di bidang ini: kualitas layanan; tata kelola keuangan dengan persaingan harga; pertumbuhan pangsa pasar dan kelangsungan hidup bisnis. Mitra menghadapi tantangan berupa persaingan industri transportasi, pelayanan prima yang harus selalu diinovasi, pengelolaan keuangan, dan menghadapi pelanggan bus yang kadang-kadang bisa sedikit membosankan sehingga memerlukan sentuhan pribadi agar tidak merasa seperti perusahaan sedang mengendalikan mereka. Solusi pengabdian masyarakat ini adalah bimbingan dan penyuluhan tentang masalah pengelolaan keuangan dan kualitas pelayanan dari pegawai yang digaji. Pencetakan tiket, katering, toko kaos cinderamata, dll., yang semuanya berkontribusi terhadap perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia dan dunia, diuntungkan oleh meningkatnya persaingan dalam industri transportasi bus antar provinsi dan antar kota.

References

Bames, Tony, (1998), Kaizen Strategies fo r Succesfui Leadership, (Alih bahasa Martin Widjokongko; Kepemimpinan Sukses, Bagaimana Membawa Organisasi Anda Menuju Masa Depan)

Cohen, Wtlliam., A., (2002), The New A rto fth e Leader, (Alih Bahasa Hendrikus Leko ; Seni baru Tentang Pemimpin, Memimpin Dengan Integritas dan Kehormatan), Jakarta: PT. Prenhallindo.

Fattah, Nanang (1996), Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pariwisata (Hartono dan Listifadah) Jurnal Penelitian Transportasi Darat Volume 19, Nomor 4, Desember 2017: 225-236.

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Hanah, S., Sugiyarti, L., & Asmilia, N. (2023). KUALITAS PELAYANAN, KENYAMANAN PENUMPANG BUS ANTAR KOTA SEBAGAI PELUANG EKONOMI BERKELANJUTAN UNTUK MENDUKUNG PARIWISATA (PO. NARENDRA). PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 476–482. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32403