UPAYA PENINGKATAN LITERASI BAHASA INGGRIS DALAM MEMAHAMI STRUKTUR TEKS NARASI DI SMK AL GHOZALI BOGOR
Keywords:
Literasi, Teks Bahasa Inggris, Teks NarasiAbstract
Penggunaan bahasa yang tepat akan memudahkan seseorang dalam menyampaikan gagasan, ide, maksud maupun tujuannya. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa menjadi sangat penting untuk membekali peserta didik agar memiliki kemampuan berbahasa yang cakap, sehingga menjadi bekal awal untuk berinteraksi dan berkomunikasi. Kemampuan literasi siswa dalam bahasa Inggris merupakan keterampilan yang sangat diperlukan dan keterampilan dasarnya adalah kompetensi membaca dan menulis. Apabila kemampuan siswa terbatas dengan literasi ini, maka akan membuat siswa menjadi sulit dalam menjawab soal-soal bahasa Inggris, terutama soal-soal yang berbentuk reading text. Dengan kemampuan literasi yang baik, siswa akan memiliki kesempatan yang lebih baik bahkan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik di masa depan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau dunia kerja. Literasi adalah kemampuan keberaksaraan yakni membaca dan menulis. Literasi adalah gerbang utama untuk pengembangan literasi lain yang lebih luas. Untuk memahami bacaan harus mempunyai kemampuan struktur tata Bahasa Inggris. Para siswa ini tidak mempunyai keterampilan dasar membaca dalam bahasa Inggris, yang disebabkan banyak factor salah satunya adalah cara pengajaran yang kurang sesuai serta intensitas belajar bahasa Inggris yang masih minim di sekolah. Banyak dari para siswa yang merasa kewalahan dalam mengerjakan Latihan soal. Memahami struktur teks naratif (orientasi, komplikasi, re-orientasi, resolusi dan reorientasi) akan membantu memahami wacana teks keseluruhan dengan mudah. Metodologi pelaksanaan PKM dilakukan dalam 3 fase persiapan, pelaksanaan dan evaluasi atau pelaporan. Dengan teknik pemaparan materi, diberikan pelatihan dan pendampingan selanjutnya dievaluasi, didiskusikan bersama dengan pendekatan personal dan humanis supaya siswa dapat memberikan fedback yang baik. Proses pembelajaran yang menyenangkan dengan tim PKM yang sudah dilengkapi dengan bahan ajar, peraga dan ice breaking menciptakan interaksi yang menyenangkan. Hasil evaluasi dam kuesioner menunjukan kegiatan belajra peningkatan literasi melalui PKM bermanfaat untuk lembaga pendidikan, kampus dan pemangku kegiatan yang terlibat. Akhirnya sinergisitas unsur masyarakat dan lembaga pendidikan terealisasi.
References
P. N. P. Sari, N. N. Padmadewi, and D. A. E. Agustini, “Techniques Of Teaching Reading For English Literacy Boost Of First Grade Students Of Nbbs,†J. Pendidik. Bhs. Ingg. undiksha, vol. 1, no. 1, 2013.
Y. Harputra, Y. R. Ramadhani, and B. Sibuea, “Peningkatan Kemampuan Literasi Bahasa Inggris melalui Metode Bercerita Indonesian Folk Tales bagi Siswa Sekolah Dasar,†KALANDRA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 31–36, 2022.
P. Wiedarti, K. Laksono, and P. Retnaningsih, “Desain induk gerakan literasi sekolah,†2018.
A. R. Anisa, A. A. Ipungkarti, and K. N. Saffanah, “Pengaruh Kurangnya Literasi Serta Kemampuan Dalam Berpikir Kritis Yang Masih Rendah Dalam Pendidikan Di Indonesia,†in Current Research in Education: Conference Series Journal, 2021, vol. 1, no. 1.
S. Wati, “Menumbuhkan Budaya Literasi melalui Pengajaran Bahasa Inggris di Taman Baca Masyarakat (TBM) Kota Tasikmalaya.â€
A. Mahmudi, “Tips Memilih Perguruan Tinggi,†Ditemu kembali dari http//staff. uny. ac. id/sites/default/files/tmp/Tips% 20Memilih% 20Perguruan% 20Tinggi. pdf, 2006.
E. T. Lestari and F. Irawan, “Analisis Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Ips Terpadu Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu,†Hist. Didakt., vol. 1, no. 2, pp. 11–19, 2021.