UPAYA PENINGKATAN LITERASI BAHASA INGGRIS DALAM MEMAHAMI STRUKTUR TEKS NARASI DI SMK AL GHOZALI BOGOR

Authors

  • I. Aeni Muharromah Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Lida Holida Mahmud Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang

Keywords:

Literasi, Teks Bahasa Inggris, Teks Narasi

Abstract

Penggunaan bahasa yang tepat akan memudahkan seseorang dalam menyampaikan gagasan, ide, maksud maupun tujuannya. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa menjadi sangat penting untuk membekali peserta didik agar memiliki kemampuan berbahasa yang cakap, sehingga menjadi bekal awal untuk berinteraksi dan berkomunikasi. Kemampuan  literasi  siswa  dalam  bahasa  Inggris merupakan keterampilan yang sangat diperlukan dan keterampilan dasarnya adalah  kompetensi membaca dan menulis. Apabila  kemampuan siswa  terbatas  dengan  literasi  ini,  maka  akan membuat siswa menjadi sulit dalam menjawab soal-soal bahasa Inggris, terutama soal-soal yang berbentuk reading text. Dengan kemampuan literasi yang baik, siswa  akan  memiliki  kesempatan  yang  lebih  baik bahkan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik di masa  depan  melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau dunia kerja.  Literasi  adalah  kemampuan keberaksaraan yakni membaca dan menulis. Literasi adalah gerbang utama untuk pengembangan literasi lain  yang  lebih  luas.  Untuk memahami bacaan harus mempunyai kemampuan struktur tata Bahasa Inggris. Para  siswa  ini  tidak mempunyai  keterampilan  dasar  membaca  dalam bahasa  Inggris,  yang  disebabkan  banyak factor salah satunya adalah cara  pengajaran yang  kurang  sesuai  serta  intensitas  belajar  bahasa Inggris  yang masih  minim  di sekolah.  Banyak dari para siswa yang merasa kewalahan dalam mengerjakan Latihan soal. Memahami struktur teks naratif (orientasi, komplikasi, re-orientasi, resolusi dan reorientasi) akan membantu memahami wacana teks keseluruhan dengan mudah.  Metodologi pelaksanaan PKM dilakukan dalam 3 fase persiapan, pelaksanaan dan evaluasi atau pelaporan. Dengan teknik pemaparan materi, diberikan pelatihan dan pendampingan selanjutnya dievaluasi, didiskusikan bersama dengan pendekatan personal dan humanis supaya siswa dapat memberikan fedback yang baik. Proses pembelajaran yang menyenangkan dengan tim PKM yang sudah dilengkapi dengan bahan ajar, peraga dan ice breaking menciptakan interaksi yang menyenangkan. Hasil evaluasi dam kuesioner menunjukan kegiatan belajra peningkatan literasi melalui PKM bermanfaat untuk lembaga pendidikan, kampus dan pemangku kegiatan yang terlibat. Akhirnya sinergisitas unsur masyarakat dan lembaga pendidikan terealisasi.

References

P. N. P. Sari, N. N. Padmadewi, and D. A. E. Agustini, “Techniques Of Teaching Reading For English Literacy Boost Of First Grade Students Of Nbbs,†J. Pendidik. Bhs. Ingg. undiksha, vol. 1, no. 1, 2013.

Y. Harputra, Y. R. Ramadhani, and B. Sibuea, “Peningkatan Kemampuan Literasi Bahasa Inggris melalui Metode Bercerita Indonesian Folk Tales bagi Siswa Sekolah Dasar,†KALANDRA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 31–36, 2022.

P. Wiedarti, K. Laksono, and P. Retnaningsih, “Desain induk gerakan literasi sekolah,†2018.

A. R. Anisa, A. A. Ipungkarti, and K. N. Saffanah, “Pengaruh Kurangnya Literasi Serta Kemampuan Dalam Berpikir Kritis Yang Masih Rendah Dalam Pendidikan Di Indonesia,†in Current Research in Education: Conference Series Journal, 2021, vol. 1, no. 1.

S. Wati, “Menumbuhkan Budaya Literasi melalui Pengajaran Bahasa Inggris di Taman Baca Masyarakat (TBM) Kota Tasikmalaya.â€

A. Mahmudi, “Tips Memilih Perguruan Tinggi,†Ditemu kembali dari http//staff. uny. ac. id/sites/default/files/tmp/Tips% 20Memilih% 20Perguruan% 20Tinggi. pdf, 2006.

E. T. Lestari and F. Irawan, “Analisis Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Ips Terpadu Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu,†Hist. Didakt., vol. 1, no. 2, pp. 11–19, 2021.

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Muharromah, I. A., & Mahmud, L. H. (2023). UPAYA PENINGKATAN LITERASI BAHASA INGGRIS DALAM MEMAHAMI STRUKTUR TEKS NARASI DI SMK AL GHOZALI BOGOR. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 492–499. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32417