PEMANFAATAN APLIKASI DUOLINGO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN VOCABULARY KOSA KATA DALAM KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS
Keywords:
Kosa Kata, Aplikasi Duolingo, PengabdianAbstract
Berdasarkan hasil pengamatan kepada para siswa-siswi di Pondok Pesantren Al-Ghazali Ds. Gunung Sindur, Bogor, bisa diketahui bahwa kemampuan bahasa Inggris mereka, baik lisan maupun tulisan masih perlu ditingkatkan. Banyak permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran salah satu diantaranya adalah kurangnya informasi mengenai akses ke pemanfaatan teknologi digital dengan bahan bacaan berbahasa Inggris. Akibat dari hal tersebut menyebabkan kemampuan berbahasa Inggris mereka sangat rendah, mereka kurang tertarik pada bahasa Inggris karena metode yang digunakan masih konvensional terutama dalam memahami arti (Vocabulary) kosa kata. Solusi yang ditawarkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah pemberian pelatihan dan pembelajaran tentang pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan vocabulary (Kosa kata) dalam kemampuan berbahasa inggris, kepada siswa-siswa di lingkungan Pondok Pesantren Al-Ghazali Ds. Gn. Sindur. Bogor, dengan pemanfaatan media pembelajaran yang bernama Duolingo, yang dikhususkan untuk para siswa Tingkat Sekolah Atas. Diharapkan melalui kegiatan tersebut akan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris siswa khususnya kemampuan (vocabulary) kosa kata, dan diharapkan akan memotivasi para siswa untuk lebih semangat belajar bahasa Inggris demi menunjang masa depan. Dari hasil pre-test dan post-test yang diberikan menunjukan terdapat peningkatan kemampuan kosa kata bahasa Inggris para siswa setelah proses pembelajaran pemanfaatan media pembelajaran DuoLingo.
References
Burn, Roe and Ross. (1984). Interaction! Reading 4th Edition. New York: MC
Grawhill, Ginting. (2005). Vocabulary Exercise for Beginner. Jakarta: EDSA Mahkota
Henry GT (2011). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa
Inayatul, Fajriah. (2013). “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Kartu Gambar pada siswa kelas IIâ€. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Maretsya, Yulia. (2013). “Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Animasi Gambarâ€. Bengkulu: Universitas Bengkulu
Richards J. dan Renandya, W. 2002. Methodology in Language Teaching, An Anthology of Current Practice. New York : Cambridge University Press
Serife Demircioglu, “Teaching English Vocabulary to Young Learners via Dramaâ€, Pocedia Social and Behavioral Sciences, 2, 2010, p. 439
Solihati, Tri Agustini, “Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Melalui Active Learningâ€. Bandung: Universitas Perjuangan. 2010
Rosenthal. (2007). Early Childhood Experiences in Language Art Literacy (10th ed). Wadsworth College Learning
Spiro (2005). The Impact of Storybook Type on Kindergarteners’ Storybook Comprehension. Early Child Development and Care. Available at http//:dx.1080/01443410.2016.1188297
Suwandi. (1990). Peran Cerita Dalam Pembentukan Perekembangan Anak TK. Jakarta: Depdiknas
Tarigan, (2011). Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tampubolon. (1993). Kosa Kata Bahasa Inggris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Thornbury, Scott. (2002). How to Teach Vocabulary. UK: Bluestone Press
Tompkins. (1991). Incidental Vocabulary acquisition From Listening to Stories: A Comparison between Read-aloud and Free Storytelling Approaches. Educational Psychology, 1-21. Available at http//:doi.org/10.1080/01443410.2017.1363377
Wakana, Juli. (2012) “Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris dengan Menggunakan Alphabet Gameâ€. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Zipser, Katharina “Effective Vocabulary Building in the Classroom Environment from B1 onwardsâ€, Procedia Social and Behavioral Sciences, 70, 2012, p. 397. Retrieved from http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042813000785.