PEMANFAATAN APLIKASI DUOLINGO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN VOCABULARY KOSA KATA DALAM KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS

Authors

  • Kholil Azis Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Yan Ardian Subhan Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Sunardi Sunardi Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang

Keywords:

Kosa Kata, Aplikasi Duolingo, Pengabdian

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan  kepada para siswa-siswi  di Pondok Pesantren Al-Ghazali Ds. Gunung Sindur, Bogor, bisa diketahui bahwa  kemampuan bahasa Inggris  mereka, baik lisan maupun tulisan masih perlu  ditingkatkan. Banyak permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran  salah satu diantaranya adalah  kurangnya informasi mengenai akses ke pemanfaatan teknologi digital dengan bahan bacaan berbahasa Inggris. Akibat dari hal tersebut menyebabkan  kemampuan berbahasa Inggris mereka sangat rendah, mereka kurang tertarik  pada bahasa Inggris karena metode yang digunakan masih konvensional terutama  dalam memahami arti (Vocabulary) kosa kata.  Solusi yang ditawarkan  melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah pemberian pelatihan dan pembelajaran tentang pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan vocabulary (Kosa kata) dalam kemampuan berbahasa inggris, kepada siswa-siswa di lingkungan Pondok Pesantren Al-Ghazali Ds. Gn. Sindur. Bogor, dengan pemanfaatan media pembelajaran yang bernama  Duolingo, yang dikhususkan untuk para siswa Tingkat Sekolah Atas.   Diharapkan melalui kegiatan tersebut akan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris siswa khususnya  kemampuan (vocabulary) kosa kata,  dan  diharapkan akan memotivasi  para siswa untuk lebih semangat belajar  bahasa Inggris demi menunjang masa depan.  Dari hasil pre-test dan post-test yang diberikan  menunjukan terdapat peningkatan kemampuan kosa kata bahasa Inggris para siswa setelah proses pembelajaran pemanfaatan media pembelajaran DuoLingo.

References

Burn, Roe and Ross. (1984). Interaction! Reading 4th Edition. New York: MC

Grawhill, Ginting. (2005). Vocabulary Exercise for Beginner. Jakarta: EDSA Mahkota

Henry GT (2011). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa

Inayatul, Fajriah. (2013). “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Kartu Gambar pada siswa kelas IIâ€. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Maretsya, Yulia. (2013). “Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Animasi Gambarâ€. Bengkulu: Universitas Bengkulu

Richards J. dan Renandya, W. 2002. Methodology in Language Teaching, An Anthology of Current Practice. New York : Cambridge University Press

Serife Demircioglu, “Teaching English Vocabulary to Young Learners via Dramaâ€, Pocedia Social and Behavioral Sciences, 2, 2010, p. 439

Solihati, Tri Agustini, “Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Melalui Active Learningâ€. Bandung: Universitas Perjuangan. 2010

Rosenthal. (2007). Early Childhood Experiences in Language Art Literacy (10th ed). Wadsworth College Learning

Spiro (2005). The Impact of Storybook Type on Kindergarteners’ Storybook Comprehension. Early Child Development and Care. Available at http//:dx.1080/01443410.2016.1188297

Suwandi. (1990). Peran Cerita Dalam Pembentukan Perekembangan Anak TK. Jakarta: Depdiknas

Tarigan, (2011). Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tampubolon. (1993). Kosa Kata Bahasa Inggris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Thornbury, Scott. (2002). How to Teach Vocabulary. UK: Bluestone Press

Tompkins. (1991). Incidental Vocabulary acquisition From Listening to Stories: A Comparison between Read-aloud and Free Storytelling Approaches. Educational Psychology, 1-21. Available at http//:doi.org/10.1080/01443410.2017.1363377

Wakana, Juli. (2012) “Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris dengan Menggunakan Alphabet Gameâ€. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Zipser, Katharina “Effective Vocabulary Building in the Classroom Environment from B1 onwardsâ€, Procedia Social and Behavioral Sciences, 70, 2012, p. 397. Retrieved from http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042813000785.

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Azis, K., Subhan, Y. A., & Sunardi, S. (2023). PEMANFAATAN APLIKASI DUOLINGO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN VOCABULARY KOSA KATA DALAM KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 511–517. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32420