PENGENALAN ALGORITMA MENARA HANOI DAN IMPLEMENTASI SILA KETIGA PERSATUAN INDONESIA

Authors

  • Nurullita Sari Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang
  • Gerry Sastro Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang
  • Yulianti Rusdiana Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang
  • Febertinus Halawa Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang
  • Deka Nirmala Sari Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang
  • Hilda Pebriani Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang
  • Salma Rimayanti Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang
  • Sherlin Silvia Herlin Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang

Keywords:

Menara Hanoi, Sila Ketiga, Persatuan Indonesia, Algoritma, Logika Matematika

Abstract

Indonesia adalah negara yang beragam. Implementasi Pancasila harus diwariskan kepada generasi penerus dalam bentuk penerapan sila ketiga yaitu persatuan Indonesia. Selain itu, penting untuk mengajarkan pelatihan kemampuan berpikir matematis. Dalam pengabdian kepada masyarakat untuk siswa kelas XII SMK Sasmita Jaya 2, Pamulang mempresentasikan algoritma Menara Hanoi sebagai alat yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa. Karena permainan ini dilakukan secara berkelompok, maka dapat melatih koordinasi dan menjadi salah satu media Persatuan Indonesia untuk mengimplementasikan sila ketiga. Tower of Hanoi merupakan algoritma permainan yang menekankan pada logika matematika untuk merangsang berpikir. Permainan ini dapat dimainkan secara berkelompok dan juga dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa. Pelaksanaan PkM diawali dengan pengenalan konsep permainan Tower of Hanoi, dimana siswa diajak untuk berpartisipasi aktif dalam permainan. Siswa kemudian ditantang untuk melatih logika dengan mempelajari algoritma permainan untuk memecahkan masalah. Di akhir kegiatan, siswa diminta untuk menyelesaikan permainan menggunakan algoritma yang telah mereka pelajari, merefleksikan hikmah dan manfaat dari tindakan yang diambil. Tes khusus dan post test dievaluasi di awal dan akhir kegiatan, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian materi yang diberikan.

References

Puspe, I. M. 2018. “Cara Dan Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran Di Kelasâ€. Dharma Duta, 16(2).

Gunawan, P. H. 2022. “Logika Matematika Untuk Analisis Algoritmaâ€. Penerbit Andi.

Bhakti, D. D. 2017. “Game Edukasi Menara Hanoi Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Logika Matematika Di Smk. Teknologi Pembelajaranâ€, 2(1).

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Sari, N., Sastro, G., Rusdiana, Y., Halawa, F., Sari, D. N., Pebriani, H., … Herlin, S. S. (2023). PENGENALAN ALGORITMA MENARA HANOI DAN IMPLEMENTASI SILA KETIGA PERSATUAN INDONESIA. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 518–523. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32421