PENTINGNYA PENGUATAN BRAND IMAGE RUMAH SAKIT DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PASIEN

Authors

  • Gilang Rahmatulloh Program Studi Profesi Ners, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang
  • Nanda Putra Rumah Sakit Hermina Mekar Sari

Keywords:

Brand Image, Loyalitas, MCU, Pasien

Abstract

Besarnya persaingan global antar Rumah Sakit, dibutuhkan adanya loyalitas pasien pasien, yang dapat menguntungkan Rumah Sakit. Loyalitas didapatkan sebagai manifestasi persepsi brand image yang didapatkan dari adanya pelayanan berkualitas. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis hubungan brand image dan loyalitas pasien MCU di Rumah Sakit. Metode penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan desain cross-sectional, Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, dengan jumlah sampel 349 responden. Hasil penelitian analisis bivariat, dengan analisis chi-square menunjukan hasil bahwa, terdapat hubungan antara brand image dan loyalitas pasien, dengan p-value 0,002<0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah perntingnya brand image dalam menciptakan sikap pasien yang loyal. Manajemen Rumah sakit harus perlu melakukan evaluasi loyalitas pasien secara berkelanjutan, sebagai pertimbangan dasar dalam menyusun strategi dalam menmberikan pelayanan berkualitas.

References

Aguspairi (2018). Hubungan Persepsi Tentang Mutu Pelayanan Dengan Kunjungan Ulang Pasien Rumah Sakit Royal Prima Jambi. Science And Technology Publicationsentia Journal, 7(2), 182–185.

Alwi, M. K. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Rawat Inap Untuk Memanfaatkan Pelayanan Kesehatan Di RS DR . Tadjuddin Chalid Makassar Tahun 2021 Tahun 2018 , Sebagian Besar Masih. 2(2).

Cham, T. H., Lim, Y. M., & Sigala, M. (2022). Marketing And Social Influences, Hospital Branding, And Medical Tourists’ Behavioural Intention: Before- And After-Service Consumption Perspective. International Journal Of Tourism Research, 24(1), 140–157. Https://Doi.Org/10.1002/Jtr.2489

Devi, B. A., & Untoro, W. (2019). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Proses, Kualitas Infrastruktur, Dan Kualitas Interaksi Terhadap Loyalitas Pelanggan. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 36. Https://Doi.Org/10.22441/Mix.2019.V9i1.003

Eka Widya Citra. (2021). Pengaruh Citra Rumah Sakit Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Mina Kunjungan Kembali Melalui Kepuasan Pasien Di Rawat Inap Rsud Salewangan Maros. Sinergitas Multidisplin Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 4(1), 379–396.

Harmen, E. L., Semiarty, R., & Lita, R. P. (2020). Model Keterkaitan Persepsi Nilai, Citra Merek, Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Rumah Sakitmodel Keterkaitan Persepsi Nilai, Citra Merek, Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(2), 216–225. Https://Doi.Org/10.26905/Jmdk.V8i2.5094

Ksatriyani, S. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image (Citra Merek), Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8, 1–18.

Kurniawan, R. A. J., & Apprilia, A. (2019). Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Kfc Di Surabaya. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mendrofa, K., Mendrofa, Y., & Gulo, S. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Inap. Jurnal Akutansi Manajemen Dan Ekonomi (JAMANE), 1(2), 64.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi Pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. Https://Doi.Org/10.31334/Abiwara.V1i2.795

Najib, K. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di RSUD Saptosari Gunungkidul D.I. Yogyakarta. Manajemen, Bisnis Dan Ekonomi, 1(1), 35. Https://Doi.Org/10.26798/Manise.V1i1.666

Novitasari, D., Lismayanti, L., & Rosmiati. (2019). The Relationship Of Nursing Services With A Level Of Satisfaction Of Patients In Room Dahlia Hospitals Banjar. Jurnal Kesehatan, 6(2), 20–28.

Peratiwi. (2021). Hubungan Empati Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Sri Pamela Tebing Tingi. Kesehatan Dan Kebidanan Stikes Mitra Ria Husada, 10(2), 118–127.

Romadhona, N., Muhardi, M., & Kesumah, N. (2019). Kualitas Pelayanan Berpengaruh Terhadap Loyalitas Pasien Rumah Sakit. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains, 1(2), 114–120. Https://Doi.Org/10.29313/Jiks.V1i2.4621

Vimla, V., & Taneja, U. (2021). Brand Image To Loyalty Through Perceived Service Quality And Patient Satisfaction: A Conceptual Framework. Health Services Management Research, 34(4), 250–257. Https://Doi.Org/10.1177/0951484820962303

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Rahmatulloh, G., & Putra, N. (2023). PENTINGNYA PENGUATAN BRAND IMAGE RUMAH SAKIT DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PASIEN. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 533–538. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32423