IMPLEMENTASI PERNDAFTARAN HAK TANGGUNGAN ELEKTRONIK (HT-EL) DI KANTOR PERTANAHAN KOTA TASIKMALAYA

Authors

  • Maurynesa Putri Herfawan Program Studi Kenotariatan, Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani Program Studi Kenotariatan, Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Lego Karjoko Program Studi Kenotariatan, Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret Surakarta

Keywords:

Implementasi, Hak Tanggungan Elektronik, PPAT, Efektivitas

Abstract

Munculnya perkembangan teknologi membuat Pemerintah menerapkan sistem baru pada segala bidang salah satunya dalam Hak Tanggungan Elektronik (HT-el) agar mempercepat proses pendaftaran tanah di Badan Pertanahan Nasional (BPN). Namun sistem tersebut mengalami berbagai permasalahan baik secara prosedur maupun teknis, seperti maintenance sistem dan eror dalam proses pendaftaran HT-el yang terjadi di Kantah Kota Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi terhadap batalnya pendaftaran Hak Tanggungan Elektronik akibat terlambatnya PPAT melengkapi berkas pendaftaran dan efektivitas pelaksanaan pendaftaran hak tanggungan elektronik di Kantor Pertanahan Kota Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian hukum yuridis sosiologis dan menggunakan teknik analisa secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa a) implementasi dari pembatalan Hak Tanggungan Elektronik akan mengakibatkan pembatalan permohonan dan sistem akan secara otomatis menghapus permohonan pendaftaran, sehingga PPAT harus mengajukan permohonan pendaftaran HT-el yang baru, muncul Surat Perintah Setor PNBP yang baru untuk pembayaran pendaftaran ulang, dan PPAT tetap dimintai pertanggungjawaban secara perdata apabila adanya kerugian bagi para pihak. Dan b) efektivitas pelaksanaan pendaftaran HT-el di Kantor Pertanahan Kota Tasikmalaya saat ini setelah adanya pandemi COVID-19 dirasa proses pendaftaran HT-el ini cukup baik namun belum optimal karena masih terdapat beberapa kendala sehingga pelaksanaan HT-el belum sesuai dengan prosedur yang ada pada Juknis HT-el. Perlu adanya solusi untuk mengatasi kendala yang terjadi secara internal maupun eksternal.

References

Anggara, eit.al., 2010, Kontroveirsi UiUi ITEi: Meingguigat Peinceimaran Nama Baik di Duinia Maya, PT. Peineibar Swadaya, Jakarta.

Ansleim Strauiss, 2013, Dasar-dasar Peineilitian Kuialitatif, Puistaka Peilajar, Yogyakarta: Puistaka Peilajar.

Ariei Huitagaluing, 2008, Prakteik Peimbeibanan Dan Peilaksanaan Eikseikuisi Hak Tangguingan Di Indoneisia, Juirnal Huikuim dan Peimbanguinan Tahuin kei-38 No.2 April-Juini 2008.

I Wayan Jody Baguis Wiguina, 2020, Tinjauian Yuiridis Teirkait Peindaftaran Hak Tangguingan Seicara Eileiktronik, Juirnal Huikuim Keinotariatan Vol. V No. 1 April 2020.

Keimeinteirian ATR/BPN, Sosialisasi Seirtipikat Eileiktronik, Peilayanan Informasi Peirtanahan Seicara Eileiktronik Seirta Peiran Seirta PPAT Seilakui Peingguina Layanan, diakseis dari https://lmsspada.keimdikbuid.go.id/pluiginfilei.php/144218/mod_reisouircei/conteint/2/PPAT-Provinsi-Jabar-2021-KAPUiSDATIN%20%281%29.pdf, pada 07 Juini 2023 puikuil 12.35 WIB.

Lawreincei M. Frieidman, 2018, Sisteim Huikuim Peirspeiktif Ilmui Sosial, Banduing: Nuisa Meidia.

Muikti Fajar Nuir Deiwata dan Yuilianto Achmad, 2013, Duialimei Peineilitian Huikuim, Yogyakarta: Puistaka Peilajar.

Ni Ny. Mariadi dan I Komang Kawi Arta, 2021, Eifeiktivitas Peinguiruisan Hak Tangguingan Eileiktronik di Kantor Peirtanahan Kabuipatein Buileileing, Juirnal Peineilitian dan Peingeimbangan Sains dan Huimaniora Vol. V No. 3 2021.

Nuir Azizah, Abduil Halim Barkatuillah dan Noor Hafidah, 2022, Peindaftaran Hak Tangguingan Seicara Eileiktronik (Stuidi di Kantor PPAT Wilayah Banjarmasin Uitara), Notary Law Jouirnal Vol. I No. 2 April 2022.

Pandam Nuirwuilan, 2021, Impleimeintasi Peilayanan Hak Tangguingan Eileiktronik Bagi Kreiditor dan Peijabat Peimbuiat Akta Tanah, Juirnal Huikuim IUiS QUiIA IUiSTUiM Vol. XXVIII No. 1 Januiari 2021.

Stiawan Nuirdin, 2022, Eifeiktifitas Peilayanan Hak Tangguingan Seicara Eileiktronik Yang Dilakuikan Oleih PPAT Dan Kreidituir (Bank) (Stuidi Kasuis Pada PPAT Juinaidi, SH.,M.Kn Dan PT. BPR. Seigara Anak Keincana), JUiRIDICA Vol. IV No. 1 Noveimbeir 2022.

Trisadini Prasastinah Uisanti, 2012, Lahirnya Hak Keibeindaan, Peirspeiktif Vol. XVII No. 1 Januiari 2012.

Wawan Suipryadi, 2022, Analisis Teirhadap Inovasi Peingikatan Hak Tangguingan (HT) Beirbasis Eileiktronik Di Wilayah Keirja Kantor Badan Peirtanahan Dompui, Jouirnal of Innovation Reiseiarch and Knowleidgei Vol. I No. 9 Feibruiari 2022.

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Herfawan, M. P., Handayani, I. G. A. K. R., & Karjoko, L. (2023). IMPLEMENTASI PERNDAFTARAN HAK TANGGUNGAN ELEKTRONIK (HT-EL) DI KANTOR PERTANAHAN KOTA TASIKMALAYA. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 578–587. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32471