PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN LUDO

Authors

  • Besse Arnawisuda Ningsi Program Studi Matematika, MIPA, Universitas Pamulang
  • Irvana Arofah Program Studi Matematika, MIPA, Universitas Pamulang
  • Isnurani Isnurani Program Studi Matematika, MIPA, Universitas Pamulang

Keywords:

Kemampuan berpikir, Geometri, Ludo

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PkM) menjadi salah satu alternatif solusi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada pembelajaran geometri menggunakan media permainan ludo. Metode yang digunakan dalam melakukan pengabdian ini diantaranya sebagai berikut: Melakukan tes awal kepada siswa terkait materi geometri khususnya geometri datar. Pemberian materi dengan permainan ludo geometri datar ini guna untuk menerapkan sistem belajar yang menyenangkan, melakukan evaluasi dengan pemberian tes akhir untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir siswa dalam memahami materi geometri datar. Terjadi peningkatan kemampuan berpikir siswa SMP Al Amanah sebesar 24%  dilihat dari hasil belajar yang diperoleh sebelum dan sesudah kegiatan ini dilaksanakan. Siswa lebih terangsang untuk berpikir dari setiap materi geometri dengan permainan ludo.

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarwiyah, 1-3.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 28.

Novita, D. D., Marlina, L., & Asmara, S. (2018). Pembinaan Usaha Keripik Buah Pada Kelompok Wanita Tani di Kelurahan Rajabasa Jaya Kota Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 126.

Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS di Madrasag Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu. Jurnal of Social Science Education, 2.

Suharjana, A. (2015). Geometri Datar Dan Ruang. Yogyakarta: Vicente Bone.

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Ningsi, B. A., Arofah, I., & Isnurani, I. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN LUDO. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 607–612. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32480