PERAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK KESIAPAN BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI DI SMK SASMITA JAYA PAMULANG
Keywords:
Penelitian, Pendidikan, Kewirausahaan, Sasmita Jaya, VokasionalAbstract
Pendidikan kewirausahaan bertujuan untuk membentuk manusia secara menyeluruh, sebagai manusia yang memiliki karakter, pemahaman, dan keterampilan sebagai seorang wirausaha. Saat ini, kewirausahaan sedang dibahas dalam berbagai forum, karena dianggap sebagai penggerak ekonomi. Badan Pusat Statistik pada tahun 2016 menyatakan jumlah wirausaha di Indonesia hanya sekitar 3,1%, dan angka ini telah meningkat dari sebelumnya 1,66% menjadi total 255 juta orang. Angka ini masih tertinggal dibandingkan negara tetangga, seperti Singapura, yang mencapai sekitar 6% dari total populasi. Kurangnya jumlah wirausaha di Indonesia disadari oleh pemerintah, dan upaya sedang dilakukan untuk meningkatkan jumlah wirausaha, salah satunya adalah dengan selalu memotivasi orang-orang untuk menjadi wirausaha dan hal ini telah diwujudkan dalam penerapan pendidikan kewirausahaan di setiap tingkat pendidikan, contohnya tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui niat dan tekad menjadi wirausaha dari siswa Sekolah Menengah Kejuruan Sasmita Jaya setelah mendapatkan pengetahuan melalui pendidikan kewirausahaan, selain itu juga untuk mengetahui dampak signifikan dari proses pembelajaran kewirausahaan. Beberapa langkah sebelum memulai penelitian adalah mendefinisikan tujuan untuk menentukan apa yang akan dicapai. Jika hal ini tidak dilakukan, maka akan ada hambatan dalam proses selanjutnya. Kemudian membuat desain penelitian, karena ada begitu banyak desain penelitian, maka perlu mencari desain yang sesuai dengan topik penelitian, lalu membuat pengambilan sampel diikuti dengan pengumpulan dan analisis data, dan diakhiri dengan kesimpulan dan pelaporan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Seperti yang diketahui bahwa penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik, tetapi untuk mengungkapkan gejala secara holistik secara kontekstual melalui pengumpulan data dengan memanfaatkan peneliti sebagai instrumen kunci. Penelitian ini akan menghasilkan luaran berupa jurnal penelitian yang pada dasarnya membentuk kesiapan berwirausaha bagi para siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Sasmita Jaya, sehingga para siswa tertarik untuk mempersiapkan diri dalam berwirausaha dengan berbagai cara, mulai dari kegiatan pembelajaran kewirausahaan hingga menjalankan beberapa praktik kegiatan wirausaha.
References
Ratumbyang, Monry Fraick Nicky Gilin. 2015. “Peran Orangtua dan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausahaâ€. Jurnal pendidikan vokasi. Volume 11, No. 1, Hal 1-15.
Jusmin, Emilda. 2012. “Pengaruh Latar Belakang Keluarga Kegiatan Praktik di Unit Produksi Sekolah dan Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Kesoapan Berwirausaha Siswa SMK Kabupaten Malangâ€. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 9, No. 1, Hal 1-21.
Mahfud, Tuatul. 2012. “Praksis Pembelajaran Kewirausahaan pada Unit Produksi Jasa Bogaâ€. Jurnal Pendidikan Vokasi. Volume 6, No. 1, Hal. 1-17.
Melyana, Ika Prima. 2015. “Pengaruh Sikap dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Melalui Self-Efficacyâ€. Jurnal of Economic Education. Volume 4, No.1, Hal 1-18.
Supraba, Sri. 2013. “Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Kompentensi Teknik Komputer dan Jaringan di Gunung Kidulâ€. Jurnal Pendidikan Vokasi. Volume 3, No. 1, Hal 1-23.
Wijayanti, Lia Nur Enis Ratna. 2016.“Konstribusi Pengetahuan Kewirausahaan Pengalaman Prakerin dan Kretivitas Terhadap Kesiapan Berwirausahaâ€. Jurnal Pendidikan.Volume 1, No. 1, Hal 1-15.
Kasmir. 2017. Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali Pers.
Winarno. 2011. Pengembangan Sikap Entrepreneurship dan Intrapreneurship, Jakarta: Indeks
Fahmi, Irham. 2014.Kewirausahaan Toeri, Kasus dan Solusi. Bandung: Alfabeta.
Irham Fahmi. 2014. Kewirausahaan Toeri, Kasus dan Solusi, Bandung: Alfabeta
Jailani, Muhammad, Rusdarti dan Ketut Sudarma. 2017. “Pengaruh Kewirausahaan, Motivasi Belajar, Sosial Ekonomi Orang Tua dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswaâ€. Journal of Economic Education, Vol 6, No. 1, Hal. 52-59.
Pratomo, Raden Putra Kurnia., Hari Mulyadi., dan Dian Herdiana Utama. 2018. Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa Kelas XII Pastry Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Bandung. Journal of Business Management Education, Vol. 3, No. 2, Hal. 67-77.
Rahmadani, Rafika., Suwatno dan Amir Machmud. 2018. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendidikan Kewirausahaan (Entrepreneurship Education) di Perguruan Tinggi Negeri Kota Bandungâ€. Social Science Education Journal, Volume 5, No. 1, Hal. 47-53.
Sari, Anggri Sekar. 2017. Kesiapan Berwirausaha Pada Siswa SMK Kompetensi Keahlian Jasa Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 2, Hal. 154-168.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Cetakan Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Wibowo, Agus. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suherman, Eman. 2010. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Rusdiana. 2014. Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Suryana, Yuyus dan Kartib Bayu. 2010. Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.