ALIH KODE (CODE SWITCHING) DAN CAMPUR KODE (CODE MIXING) DALAM NOVEL TWIVORTIARE KARYA IKA NATASSA

Authors

  • Kholil Azis Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Dafitri Andri Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang

Keywords:

Alih Kode, Campur Kode, Novel Twivortiare karya Ika Natassa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alih kode dan campur kode pada salah satu novel karya Ika Natassa yang berjudul Twivortiare. Berdasarkan analisis data dalam novel Twivortiare karya Ika Natassa diambil alih kode (code switching). Fungsi yang melatarbelakangi terjadinya alih kode (code switching) dalam novel Twivortiare karya Ika Natassa adalah (1) lebih persuasive, (2) kesopanan, (3) interaktif/respon penutur, (4) menyatakan opini, (5) mengekspresikan rasa dan (6) membahas topik tertentu. Penelitian ini juga menganalisis  data campur kode (code mixing) yang diambil dari novel yang sama. Fungsi yang melatarbelakangi terjadinya campur kode (code mixing) dalam novel Twivortiare karya Ika Natassa adalah (1) membicarakan topik tertentu, (2) kebutuhan kosakata, (3) menunjukan identitas diri, (4) memperhalus tuturan (5) menunjukan keakraban, (6) menghormati lawan tutur. Penelitian ini membahas tentang alih kode dan campur kode dalam dalam novel Twivortiare karya Ika Natassa, memang menarik alih kode dan campur kode dalam novel tersebut yang ada dalam bentuk kalimat, klausa, frasa dan kata. Namun hal tersebut dikhawatirkan akan menggeser fungsi dari Bahasa Indonesia.

References

Bloomfield, leonard (1990) Language Bahasa, Angkasa

Chaer, Abdul (2003) Linguistik Umum, Jakarta. Kineka cipta.

Corder, S. Pit. (1967). The Significance of learners’ errors. Reprinted in Richard, Jack (ed) 1974, 1984 (p. 19-27). Error analysis: perspectives on second language acquisition. London: Longman.

Corder, S. Pit. (1981). Error analysis and interlanguage. New York: Oxpord University Press.

Dulay, H, B, K. (1982). Language two. New York: Oxpord University Press.

Erdogan, V. (2005). Contribution of error analysis to foreign language teaching. Mersin University Journal of the Faculty of Education. 1(2), 261-270.

Fauziati, E. (2005). Introduction to methods and approaches in second or foreignlanguageteaching. Surakarta: Muhammadiyah University Press

Frank, M. (1972). Modern english exercises for non native speakers Part 1: parts of speech. Englewoods Cliffs, New Jersey: Prentice Hall.

Fromkin, V. & Rober, R. (1998). An introduction to language. California: Harcourt Brace College Publisher.

Gunawan, A, H. (2010). Sosiologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Harmer, J. (2004). How to teach writing. Essex: Pearson dcation Limited. Harmer, J. (2007). How to teach english new edition. China: Longman.

Heaton, J.B. (1988). Writing english writing test. London & New York: Longman.

James, C. (1998). Errors in language learning and use: exploring error analysis. London: Longman.

Downloads

Published

2023-07-20

How to Cite

Azis, K., & Andri, D. (2023). ALIH KODE (CODE SWITCHING) DAN CAMPUR KODE (CODE MIXING) DALAM NOVEL TWIVORTIARE KARYA IKA NATASSA. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 643–648. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32539