ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BAGIAN AKADEMIK DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PAMULANG

Authors

  • Derizka Inva Jaswita Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Haidilia Maharani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • R.R. Mardiana Yulianti Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Mahasiswa, Bagian Akademik

Abstract

Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif dan metodologi deskriptif untuk mengetahui, menganalisis, dan menjelaskan kualitas pelayanan bagian akademik di fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Pamulang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan Bagian Akademik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang masih terdapat dua dimensi yang belum berjalan dengan baik, yaitu dimensi Tangible dan Responsive. Perbaikan pelayanan perlu untuk dilakukan oleh staf Bagian Akademik dalam hal kualitas pelayanan. Diantaranya terkait kemudahan mahsiswa mendapatkan informasi, profesionalisme petugas, jumlah loket yang tersedia, ruang tunggu yang rapih, bersih dan nyaman serta yang terakhir terkait keramahan petugas.

References

Dharmayanti, D. Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan Sebagai Moderating Variable Terhadap Loyalitas Nasabah, Manajemen Pemasaran; 2006; 1(1):35-43.

Hardiansyah, J. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media; 2011.

Nasution, M. N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta:Andi Offset.

Widawati, Etty & Siswohadi. Analisis Tentang Kepuasan mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik dan Pelayanan Administrasi. 2020. Jurnal JMM Online Vol. 4 No. 10 Oktober (2020) 1500-1513.

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Jaswita, D. I., Maharani, H., & Yulianti, R. M. (2023). ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BAGIAN AKADEMIK DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PAMULANG. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 665–675. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32543