PENYULUHAN MARKET DAY UNTUK MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 16 JAKARTA SELATAN

Authors

  • Achmad Sumali Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Surasni Surasni Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Pamulang

Keywords:

Pengabdian Kepada Masyarakat, Kewirausahaan, Market Day

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini memfokuskan pada peserta didik dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui Market Day. Tujuan dari PKM ini yaitu membekali siswa di SMPN 16 Jakarta Selatan dalam memahami, menumbuhkan dan bisa mengimplementasikan jiwa kewirausahaan memalui kegiatan market day yang dilaksanakanKonsep yang dipakai untuk  Pengabdian ini yaitu percobaan dan dari pebelajaran dari buku tentang menumbuhkan rasa berdagang. Di sampaikan  materi berupa presentasi dan langsung paktek pada kegiatan Market Day yang diadakan oleh sekolah SMPN 16 Jakarta Selatan sehingga baik guru ataupun siswa bisa langsung mempraktekan bagaimana cara menumbuhkan jiwa kewirausahaan, bagaimana membuat pembagian tugas sebagai langkah implementasi dari manajemen dan kepemimpinan yang harus dipunyai oleh para siswa dalam menumbuhkan karakter jiwa kewirausahaan. Setelah melakukan kegiatan PKM ini siswa di SMPN 16 Jakarta Selatan sangat responsif dan semangat dalam melakukan penjualan saat Market Day berlangsung terbukti dengan jualan yang di jajakan habis, sistem manajemen yang tertata dengan adanya pembagian tugas. Program market day ini sangat baik dan bisa terus dilaksankan sehingga para siswa tidak hanya mendapatkan materi bagaimana caranya menumbuhkan jiwa kewirausahaan tetapi langsung bisa mempraktekannya pada saat kegiatan Market Day dilaksanakan.

References

Areli, Ahmad Jon. 2018. Mengembangkan Karakter Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik SMK Negeri 1 Penukal Melalui Program Market Day. http://www.230897-mengembangkan-karakter-jiwakewirausahaa-2c9033c6.pdf

Faizah, Nurul. 2019. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Disiplin Tata Tertib Sekolah di SMA Negeri 2 Klaten. https://core.ac.uk

John A. Pearce & Richard B. Robinson, Manajemen Strategis (Jakarta: Salemba Empat, 2014.

Leonita Siwiyanti, Menanamkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day, Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi Jln. R. Syamsudin No. 50 Cikole, Sukabumi, 43113, Indonesia 2017.

Rusydi Ananda & Rafida Tien, Pengantar Kewirausahaan Medan: Perdana Publishing, 2016.

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Sumali, A., & Surasni, S. (2023). PENYULUHAN MARKET DAY UNTUK MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 16 JAKARTA SELATAN. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 683–691. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32546