ANALISIS IMPLEMENTASI ENTREPRENEURIAL COMPETENCY DI LPP KELAS 1A TANGERANG

Authors

  • Gunartin Gunartin Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Raden Ai Lutfi Hidayat Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Ian Permana Wahyu Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang

Keywords:

Kompetensi Berwirausaha, Lembaga Permasyarakatan

Abstract

Tujuan dari penulisan ini untuk menganalisa bagaimana implementasi entrepreneuarial competencies warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan. Sehingga dapat membentuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang trampil, mandiri dan berkarakter. Pada penelitian ini digunakan metode kualitatif pendekatan fenomenologi sebagai upaya memahami peristiwa atau situasi kondisi tertentu, dan peneliti berusaha memasuki subjek yang diteliti dengan harapan dapat mengerti Apa dan bagaimana sesuatu subjek tersebut dapat dikembangkan. Melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi diharapkan peneliti dapat memperoleh data yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan manfaat dalam bentuk rekomendasi pola pembinaan agar WBP berkompeten berwirausaha dan mandiri secara ekonomi sehingga dapat berkontribusi pada pembangunan negara. Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) yang digunakan yaitu TKT 2 dan hasil penelitian akan dipublikasi di jurnal nasional terakreditasi.

References

Bolzani, Daniela, and Elena Luppi. 2021. “Assessing Entrepreneurial Competences: Insights from a Business Model Challenge.†Education and Training 63(2):214–38. doi: 10.1108/ET-04-2020-0072.

Cetak Biru Pemasyarakatan, 2010.

Chaker, Hajer, and Houyem Jarraya. 2021. “Combining Teaching ‘about’ and ‘through’ Entrepreneurship: A Practice to Develop Students’ Entrepreneurial Competencies.†Industry and Higher Education 35(4):432–42. doi: 10.1177/0950422221991005.

Ferreras-Garcia, Raquel, Jordi Sales-Zaguirre, and Enric Serradell-López. 2021. “Developing Entrepreneurial Competencies in Higher Education: A Structural Model Approach.†Education and Training 63(5):720–43. doi: 10.1108/ET-09-2020-0257.

Haruna, Aliyu Yelwa, and Govindan Marthandan. 2017. “Foundational Competencies for Enhancing Work Engagement in SMEs Malaysia.†Journal of Workplace Learning 29(3):165–84. doi: 10.1108/JWL-07-2016-0066.

Man, Thomas W. Y., Theresa Lau, and K. F. Chan. 2002. “The Competitiveness of Small and Medium Enterprises: A Conceptualization with Focus on Entrepreneurial Competencies.†Journal of Business Venturing 17(2):123–42. doi: 10.1016/S0883-9026(00)00058-6.

Mitchelmore, Siwan, and Jennifer Rowley. 2010. “Entrepreneurial Competencies: A Literature Review and Development Agenda.†International Journal of Entrepreneurial Behaviour & Research 16(2):92–111. doi: 10.1108/13552551011026995.

Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama. Sugiono. 2003. Metode Penelitian Kualitatif, Bandug: Alfabeta J. Moleong. Lexy 2014, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Gunartin, G., Hidayat, R. A. L., & Wahyu, I. P. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI ENTREPRENEURIAL COMPETENCY DI LPP KELAS 1A TANGERANG. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 734–744. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32713