MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MA Al-WUTSQO KOTA DEPOK

Authors

  • Ichwan Nugroho Universitas Pamulang
  • Mukhtar Jazuli Universitas Pamulang
  • Yunus Yunus Universitas Pamulang

Keywords:

Fungsi, Digital, Manajemen Madrasah

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui system manajemen madrasah berbasis digital di Indonesia, pelaksanaan manajemen madrasah berbasis digital MAN Al-Wutsqo Kota Depok. Sehingga dipahami konsep dan pelaksanaan manajemen madrasah, Menemukan hambatan dan solusinya manajemen madrasah berbasis digital MA Al-Wutsqo Kota Depok. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan manajerial. Sumber data yaitu data primer bersumber dari kepala sekolah, guru, operator, peserta didik. Sedangkan data sekunder diambil dari dokumen yang ada kaitannya dengan penelitian. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah peneliti sendiri yang berfungsi menetapkan dan memilih informan sebagai sumber data, analisis data, menafsirkan data, serta instrumen dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen madrasah berbasis digital MA Al-Wutsqo Kota Depok berfokus kepada peserta didik dengan penerapan pembelajaran berbasis digital (ICT) memiliki aplikasi sangat banyak dan memerlukan keseriusan para pengajar untuk dapat mengembangkan berbagai aplikasi tersebut untuk pembelajaran yang sesuai. Sistem evaluasi pembelajaran berbasis digital sudah dapat dilaksanakan atau diterapkan melalui aplikasi Digital RDM (Raport Digital Madrasah).

References

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz media.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125.

Nurul Zahriani, J. F., & Wahyuni, N. S. (2021). Upaya Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kinerja Guru Dan Partisipasi Orangtua Terhadap Pelaksanaan Aktivitas Pembelajaran Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Tk Swasta Tunas Bangsa Medan Timur. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 92-109.

Sauri, S. (2010). Membangun karakter bangsa melalui pembinaan profesionalisme guru berbasis pendidikan nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 1-15.

Supriati, E. (2021). Manajemen perpustakaan dalam mendukung gerakan literasi digital di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Madiun. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(2), 201-218.

Syarifuddin, H. (2018). Manajemen Kelas sebagai Solusi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar (Class Management As Solution in Improving Student Learning Achievemens). Jurnal ISTIQRA, 5(2).

Warsono, S. (2016). Pengelolaan kelas dalam meningkatkan belajar siswa. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 10(5).

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Nugroho, I., Jazuli, M., & Yunus, Y. (2023). MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MA Al-WUTSQO KOTA DEPOK. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 773–785. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32721