HUBUNGAN ANTARA INTERDIALYTIC WEIGHT GAIN DENGAN PERUBAHAN TEKANAN DARAH INTRADIALISIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK DI RUANG HEMODIALYSIS RS RUMAH SEHAT TERPADU DOMPET DHUAFA BOGOR

Authors

  • Amelia Nurul Hakim Program Studi Keperawatan, STIKES Widya Dharma Husada Tangerang
  • Ni Bodro Ardi Program Studi Keperawatan, STIKES Widya Dharma Husada Tangerang
  • Uswatun Hasanah Program Studi Keperawatan, STIKES Widya Dharma Husada Tangerang
  • Tita Hardiyanti Program Studi Keperawatan, STIKES Widya Dharma Husada Tangerang

Keywords:

Antara Interdialytic Weight Gain, Tekanan Darah, Intradialisis, Hemodialisa, Gagal Ginjal Kronik

Abstract

Latar Belakang, Angka kejadian gagal ginjal di dunia secara global lebih dari 500 juta orang dan yang harus menjalani hemodialis sekitar 1,5 juta orang. Di RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa Bogor angka kunjungan hemodialisis pada tahun 2019 sebanyak 7186 pasien, tahun 2020 sebanyak 7184 pasien, tahun 2021 sebanyak 6730 pasien. Tujuan, penelitiian iini untuk mengetahui hubungan antara interdialytic weight gain dengan perubahan tekanan darah intradialisis pada pasien gagal ginjal kronik di ruang hemodialysis RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa Bogor. Metode penelitian, kuantitatif desain penelitian menggunakan analitik obsevasional dengan pendekatan crossectional study, penelitian ini menggunakan total sampling dengan jumlah 72 responden. Hasil penelitian, hasi dari hubungan antara interdialytic weight gain dengan perubahan tekanan darah intradialisis pada pasien gagal ginjal kronik menunjukan hasil P_Value 0,000 < 0,05 dan OR menunjukan 24,231. Kesimpulan, terdapat hubungan antara Interdialytic Weight Gain dengan perubahan tekanan darah intradialisis pada pasien gagal ginjal kronik di Ruang hemodialysis RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhafa Bogor. Saran. Pada saat hemodialysis perawat disarankan melakukan pemantauan lebih kepada pasien dengan Interdialytic Weight Gain berat, karena kemungkinan akan terjadi peningkatan tekanan darah intradialsis, untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

References

Haryanti. 2015. Terapi Konservatif dan Terapi Pengganti Ginjal Sebagai Penatalaksanaan Pada Gagal Ginjal Kronik.Majority Volume 4 No. 7 Juni 2015.Diakses Tanggal 15 September 2022.

Irwan. 2016. Epidemiologi Penyakit Tidak Menular Ed.1. Yogyakarta: CV BudiUtama.

Hayun (2018) ‘Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Gagal Ginjal Kronis Yang Menjalani Hemodialisis Di RSIJP Dr. Soehadi Prijonegoro Sragen Ika Hayun Al Aziz, Sudiro". Diambil dari jurnal kesehatan. pada 12 September 2022.

Kozier. 2014. Buku Ajar Fundamental. Jakarta: EGC

Neumann, C. (2013). Body Weight Telemetry is Useful to Reduce Interdialytic weight Gain in Patients with End- Stange Renal Failure on Hemodialysis. diakses tanggal 10 September 2022

Notoatmodjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Putria Carolina (2019) ‘Dukungan Keluarga Dalam Peningkatan Kualitas Hidup Pasien Dengan Gagal Ginjal Kronik Di RSIJP Dr. Doris Sylvanus Palangka Raya". Diambil dari jurnal kesehatan. pada 1 November 2022.

Rahayu, F. 2018. Hubungan Freskuensi Hemodialisis Dengan Tingkat Stres Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisis. Jurnal Keperawatan Silampari (JKS), Volume 1, No02, Januari – Juni 2018. Diakses tanggal 20 September 2022.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa beta.

Rahmatul (2018) ‘Hubungan Motivasi Keluarga dengan Kualitas Hidup Pasien Hemodialisis. Diambil dari jurnal kesehatan. Pada 12 Oktober 2022".

Widayati. 2017. Gangguan Pada Sistem Perkemihan & Penatalaksanaan Keperawatan. Yogyakarta: Budi Utama.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Hakim, A. N., Ardi, N. B., Hasanah, U., & Hardiyanti, T. (2023). HUBUNGAN ANTARA INTERDIALYTIC WEIGHT GAIN DENGAN PERUBAHAN TEKANAN DARAH INTRADIALISIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK DI RUANG HEMODIALYSIS RS RUMAH SEHAT TERPADU DOMPET DHUAFA BOGOR. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 829–838. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/33480