HUBUNGAN PENGETAHUAN PENCEGAHAN PENGENDALIAN INFEKSI DAN PERSEPSI SUPERVISI DENGAN KEPATUHAN PENERAPAN SOP PEMASANGAN INFUS PADA PERAWAT DI RS SARI ASIH KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • M. Adharudin Program Studi S1 Keperawatan, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
  • Rita Dwi Pratiwi Program Studi S1 Keperawatan, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
  • Suyono Suyono Program Studi S1 Keperawatan, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
  • Herlisa Herlisa Program Studi S1 Keperawatan, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang

Keywords:

Kepatuhan Penerapan SOP Pemasangan Infus, Pengetahuan PPI, Persepsi Supervisi Atasan

Abstract

Pemasangan infus merupakan suatu tindakan invasif yang umum dan dasar dilakukan oleh tenaga perawat terhadap pasien yang sedang dirawat di rumah sakit. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pengetahuan pencegahan pengendalian infeksi dan persepsi supervisi atasan dengan kepatuhan penerapan SOP pemasangan infus pada perawat. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian analitik menggunakan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik saturation sampling dan didapatkan hasil dengan jumlah 42 sampel. Analisis data menggunakan uji spearman rho dengan menggunakan derajat kepercayaan 95% (α = 0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari uji statistik dari pengetahuan pencegahan pengendalian infeksi (PPI) dengan kepatuhan penerapan SOP pemasangan infus mendapati hasil p-value = 0,014 dan hasil dari uji statistik dari persepsi supervisi atasan dengan kepatuhan penerapan SOP pemasangan infus mendapati hasil p-value = 0,041. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan PPI dan persepsi supervisi atasan dengan kepatuhan penerapan SOP pemasangan infus. Saran dari penelitian ini diharapkan tenaga kesehatan dapat meningkatkan konsistensi dalam melakukan pemasangan infus sesuai dengan SOP khususnya pada perawat di RS Sari Asih Kota Tangerang Selatan.

References

Arikunto. 2012. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: RhinekaCipta. Arnicstian, E. (2018). Hubungan Tindakan Teknik Aseptik Pemasangan Infus Dengan Kejadian Flebitis (Di RSUD Hartatik, I. P. (2014). Buku Pintar Membuat SOP (Standar Operasional Prosedur). Flashbook.

Hidayati, R., & Dkk. (2014). Praktik Laboratorium Keperawatan Jilid 1. Penerbit Erlangga. https://doi.org/10.1017/CBO9781 107415324.004.

Indriyani. (2013). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Utilisasi Pelayanan Persalinan Oleh Pasien Antenatal Care Di Rumah Sakit Puri Cinere. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.Jombang).

Kemenkes. (2018). Profil Kesehatan Republik Indonesia.

Kodim, Y. (2018). Konsep Dasar Keperawatan Edisi Revisi. TIM.

Maryunani, A. (2019). Best Practice: Plebitis dan Komplikasi Lainnya (pp. 122– 141). In Media.

Notoatmodjo, S. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan (R. Cipta (ed.)) Notoatmodjo. 2018. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rhineka cipta. Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 5. Salemba Medika.

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi 4. Salemba Medika.

Sari, A. N. F. 2017. Gambaran Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Perawat Dalam Tindakan Perawatan Infus Di Ruang Rawat Inap Rsud Ungaran.

Sucipto, C. D. 2020. Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Suciwati, Handayani, P., Fara, V. M., Fatmasari, W. D., & Sa’adah, Z. (2013). Hubungan Kepatuhan Perawat Dalam Menjalankan Sop Pemasangan Infus Dengan Kejadian Phlebitis Di Ruang Rawat Inap Smc Rs Telogorejo Semarang.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprapto. 2015. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Perawat Tentang Pemasangan Infus Dengan Kepatuhan Pelaksanaan Protap Pemasangan Infus Di Instalasi Gawat Darurat Rs Tk Ii Pelamonia Makassar. 2(1), 759–769. https://doi.org/10.1017/CBO9781 107415324.004

Sutanto, A. V., & Fitriana, Y. 2017. Kebutuhan Dasar Manusia Teori dan Aplikasi dalam praktik Keperawatan Profesional. Pustaka Baru Press.

UU-RI. 2014. Undang-Undang Republik Indonesia No 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan.

Wagiran. 2015. Keterampilan Dasar Untuk Mahasiswa Keperawatan dan Kebidanan. TIM.

Waluyah. 2011. Hubungan pengetahuan perawat tentang terapi infus dengan kejadian phlebitis dan kenyamanan pasien diruang rawat inap RSUD Kab. Indaramayu.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Adharudin, M., Pratiwi, R. D., Suyono, S., & Herlisa, H. (2023). HUBUNGAN PENGETAHUAN PENCEGAHAN PENGENDALIAN INFEKSI DAN PERSEPSI SUPERVISI DENGAN KEPATUHAN PENERAPAN SOP PEMASANGAN INFUS PADA PERAWAT DI RS SARI ASIH KOTA TANGERANG SELATAN. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 849–858. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/33483