EVALUASI KUALITAS PELAYANAN DI APOTEK KAWI JAYA BINTARO PADA MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
Covid-19, Kawi jaya, kepuasan, pelayananAbstract
Di akhir tahun 2019 seluruh dunia telah dihebohkan oleh wabah virus covid-19 (Coronavirus Disease). Covid-19 merupakan penyakit menular yang terjadi akibat infeksi oleh virus yang baru ditemukan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas pelayanan di Apotek Kawi Jaya Bintaro pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode accidental sampling, Pengumpulan data melalui kuesioner, sampel yang di gunakan 388 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Apotek Kawi Jaya Bintaro yang bersedia mengikuti dan menjadi responden terbanyak adalah usia 26-36 tahun dengan persentase 45,1%, jenis kelamin (Perempuan) dengan persentase 73,2%, dengan tingkat Pendidikan (SMA/Sederajat) dengan persentase 44,3% dan bekerja sebagai Karyawan/Wiraswasta dengan persentase 39,5%. Hasil dari evaluasi yang di lakukan di peroleh sebanyak 77,4% dengan kategori Puas.
References
Arief, M., 2000,. Prinsip dan Dasar Managemen Umum Dan Farmasi, Yogyakarta: Gajah Mada
Angelova, Biljana dan Jusuf Zekiri, 2011, Measuring Customer Satisfaction with Service Quality Using American Customer Satisfaction Model (ACSI Model). “International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences
Azwar,saifuddin.2011.sikap Manusia Teori dan pengukurannya Yogyakarta : Pustaka pelajar
Depkes RI 2019 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 tahun 2009 Tentang kefarmasian
[Depkes RI] Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2009, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2009 Tentang Pekerjaan Kefarmasian,Jakarta,Departemen kesehatan Republik Indonesia
Dinkes.2016, Standar pelayanan kefarmasian Di Apotek
Dr. Maimunah Toatubun, 2018, Pelayanan Kesehatan dan Kepuasan Pasien Pengaruh Kompetensi Tenaga Kesehatan Dalam Pemberian Layanan Untuk Memenuhi Kepuasan Pasien di RSUD Dr. Haulussy Ambon, Yogyakarta, Arti Bumi Intaran, (Anggota IKAPI)
Fallucchi, F., Faravelli, M., Quercia, S.(2020)’Fair allocation of scarce medical resources in the time of COVID-19: what do people think?, journal of medical ethics,47(1),pp.3- 6.doi:10.1136/medethics-2020- 106524
Frisellya, Priska, dan Benno Rahardyan.2009â€Studi Presepsi Tingkat kekotoran untuk mendukung penyapuan jalan(Studi Kasus:Kota Bandung).â€Jurnal Program Studi Teknik Lingkungan, Institute Teknologi Bandung
Handayani, R.S., Raharni., Gitawati, Retno., 2009, Persepsi Konsumen Apotek Terhadap Pelayanan Apotek Di Tiga Kota Di Indonesia, Makara Kesehatan,Vol. 13, No.1, Juni 2009: 22-26
Hedima, E.W., Adeyemi, M.S., ikunaiye,N. Y.(2020)’ Community Pharmacists: on the fronline of health service against COVID-19 in LMICs, Research in social and Administrative pharmacy, 17(1), pp.1964 1966. doi:https://doi.org/10.1016/j.sapharm.202 0.04.013.
Hoti, K., Jakupi, A., Hetemi, D,. Raka, D., Hughes, J., Desselle, S (2020)’Provision of Community pharmacists service during COVID-19 pandemic: a cros selection study of community pharmacists experiences with preventive measures and sources of international,international journal of clinical pharmacy,42(4),pp.1197-1206. doi:10.1007/s11096020-01078-1
International pharmaceutical Federation.(2017)’Fip statmenen of policy Role of pharmacist in disaster management’. The Hague, the Neterlands:FIP
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia(2020). FAQ CORONA VIRUS:
Pertanyaan dan jawaban terkait Covid-19 Dipublikasikan pada rabu,04 maret 2020
Kurniawan,kontrius yan.2018’’tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan Kefarmasian Di Apotek Wae Laku Ruteng kabupaten Manggarai[SKRIPSI].’’Jakarta,sinar Grafika.
Lapau, Prof.Dr.Buchari,dr.MPH. (2012). Metode Penelitian Kesehatan Metode Ilmiah Penulisan Skripsi, Tesis, dan disertai Pedoman bagi Mahasiswa S-1, S-2 dan S-3. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Marliroreki Marbun,2021.Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di apotek Anugrah Legok-Parung Panjang
Mentri kesehatan RI.Nomor 73 Tahun 2016 Tentang Standar pelayanan Kefarmasian Di Apotek
Notoatmojo,Soekidjo,2012.Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta:Rinekea Cipta
Notoatmodjo, S. 2005. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Notoatmojo s(2014) promosi kesehatan dan prilaku kesehatan,PT Rineka Cipta
Novaryantin S,Ardhany SD,Aliyah,S 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di RSUD Dr.Murjani Sampit
Priyoto dan Mega Ariyanti P.2017.Kebutuhan Dasar Keselamatan Pasien. Yogyakarta:Putaka Panasea
Permenkes No.73.2016.Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia
Permenkes, 2014. Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia nomor 35 Tahun 2014 tentang Standar pelayanan Kefarmasian Di Apotek
Puspita S Elmiawati L.2017.Tingkat kepuasan pasien Terhadap pelayanan obat Di Apotek wilayah kecamatan mertoyudan kabupaten magelang.yogyakarta
Intan Purnamawati,2021. Tingkat kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan kefarmasian di Apotek Berkat Pamulang
Sabarudin. et.al 2020 evaluasi mutu pelayanan kefarmasian pada masa pandemic covid-19 di rumah sakit santa anna kota kediri
Setiadi, elly M, dan kolip usman.(2011).Pengantar sosiologi Jakarta: kencana prenadan Media group
Sudigdo. 2011. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis Edisi ke-4.Jakarta : Sagung seto
Sugiono, 2012. Metode penelitian kuantitatif,kualitatif,dan R&B Alfabeta, Bandung.
Tjiptono & Chandra,G.2011.service,Quality, & Satisfaction.yogyakarta : Andi.
World health organization (2020),corona virus viewed 4 oktober 2021.https://www.who.int/health- topics/coronavirus#tab=tab_3.
Yanti. 2021. Strategi penelitian Yuniar,Y.(2016).Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Pelayanan kefarmasian Di Apotek.Kefarmasian Indonesia
Zheng, S.Q., Yang, L., Zhou, P, X., Li, H.B., Liu, F., Zhao, R. S. (2020), Recommendations and quidance for providing pharmaceutical care services during COVID-19 Pandemic: a China perspective.in Research in social and administrative pharmacy’,17(1),1819-1824.doi:https://doi.org/10.1016/j.saphar m.2020.03.012