ANALISIS KADAR RHODAMIN B PADA SAUS SAMBAL DI PASAR KOTA TANGERANG MENGGUNAKAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS

Authors

  • Beny Maulana Satria D3 Farmasi, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
  • Nur Ajijah D3 Farmasi, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang

Keywords:

Rhodamin B, Saus Sambal, Reaksi Warna, Spektrofotometri UV-Vis

Abstract

Beberapa produsen yang tidak bertanggung jawab masih menggunakan pewarna yang tidak diperuntukkan untuk makanan, misalnya pewarna tekstil digunakan untuk mewarnai bahan makanan salah satunya yaitu Rhodamin B. Rhodamin B merupakan zat pewarna sintetik yang umum digunakan sebagai pewarna tekstil. Rhodamin B merupakan zat warna yang dilarang penggunaannya dalam produk-produk pangan. Telah dilakukan penelitian yang berjudul Analisis kadar zat Rhodamin B pada saus sambal yang beredar di pasaran Kota Tangerang dengan metode Spektrofotometri UV-Vis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya zat berbahaya Rhodamin B dalam saus sambal kemasan yang beredar di pasaran Kota Tangerang serta untuk mengetahui jumlah kadar Rhodamin B dalam saus sambal kemasan yang dijual di pasaran Kota Tangerang. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif menggunakan uji reaksi warna dengan Test Kit Rhodamin B dan kuantitatif menggunakan metode Spektrofotometri UV-Vis. Dari 3 sampel saus sambal yang dilakukan penelitian terdapat 2 sampel saus sambal dengan merek berbeda dari pasar yang berbeda setelah dilakukan uji kualitatif positif mengandung Rhodamin B yaitu sampel A dan sampel B dengan perubahan warna yang terjadi pada sampel menjadi warna merah keunguan dan pada uji kuantitatif didapatkan kadar masing-masing sampel yaitu sampel A sebesar 0,0126 mg/kg dan sampel B sebesar 0,0097 mg/kg.

References

Ayu, G. W. (2013). Analisis Pewarna Rhodamin B dan Pengawet Natrium Benzoat Dalam Saus Tomat P dari Pasar X Surabaya . J Ilm Mhs Univ Surabaya, 1 - 10.

Diah Kusumaningsih, A. E. (2020). Analisis Rhodamin B Pada Saus Tomat Yang Beredar Di Samarinda Menggunakan Spektrofotometer UV-Vis. Jurnal Kimia Mulawarman Volume 17 Nomor 2 Mei 2020, 17, 52 - 55.

Dwiarso, R. (2016). Teknik Dasar Kromatografi. Yogyakarta.

Eka, R. (2013). Rahasia Mengetahui Makanan Berbahaya. Jakarta: Titik Media Publisher.

Ermer, J., J. H. McB. Miller. 2005. Method Validation in Pharmaceutical Analysis :A Guide to Best Practice (Eds). WILEY-VCH Verlag GmbH & Co. KGaA, Weinheim

Erwantika, W. 2013. Analisa Pewarna Rhodamin B Pada Lipstik Beredar Di Pasar Pamenang Pare Kabupaten Kediri . Skripsi. Kediri: Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri.

Giovani M.B Longdong, J. A. (2017). Analisis Zat Pewarna Rhodamin B Pada Saos Bakso Tusuk Yang Beredar Di Sekitar Kampus Universitas Sam Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Farmasi - UNSRAT Vol. 6 No. 4 November 2017, 6, 28 - 34.

Harvey, David. 2000. Modern Analytical Chemistry. New York: McGraw-Hill Comp

Helwandi, I. R. (2016). Validasi Metode Spektrofotometri UV-Vis Analisis Tiga Panjang Gelombang Untuk Penetapan Kadar Tablet Prednison Yang Mengandung Zat Pewarna. Surabaya: Universitas Airlangga.

Huriyyah, N. Azah Aimmatul. (2019). Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan Pajanan Rhodamin B Pada Konsumsi Saus Di SDN Cirendeu 02 Tahun 2019. Jakarta: Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

I Gusti Ganjar, A. R. (2012). Kimia Farmasi Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irnawati, I. (2016). Analisa Rhodamin B Pada Terasi (Studi di Distributor Ikan Asin dan Terasi Pasar Legi Jombang). 2016: STIKes Insan Cendekia Medika.

Leka, M. (2018). Studi Keamanan Pangan : Identifikasi Senyawa Rhodamin B Pada Saus Sambal Yang Dijual Di Sekolah Dasar Di Kota Malang. Malang: Akafarma Putra Indonesia Malang.

Marzuki, A. (2012). Kimia Analisis Farmasi. Makassar: Dua Satu Press.

Menteri Kesehatan RI. (2003). Keputusn Menteri Kesehatan RI Nomor 942/MENKES/SK/VII/2003 Tentang Pedoman Persyaratan Hygiene Sanitasi Makanan Jajanan. Jakarta: Depkes RI.

Menteri Kesehatan RI. (2012). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 033 Tahun 2012 Tentang Bahan Tambahan Pangan. Jakarta: Depkes RI.

Pradasari, A. S. (2016). Validasi Metode Penetapan Kadar Asam Amino Hidroksiprolin Menggunakan Metode Spektrofotometri UV Vis. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rahmadhi, Mohamad Afif. (2021). Analisis Rhodamin-B Pada Saos Yang Beredar Di Sekitar STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun Dengan Metode Kromatografi Lapis Tipis (KLT) Dan Spektrofotometri UV-Vis. Madiun: STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.

Rahmah, Z. (2019). Analisis Rhodamin B Pada Saus Yang Beredar Di Pasaran Lhoksukon Aceh Utara Secara Kualitatif Dan Kuantitatif. Aceh Utara: Institut Kesehatan Helvetia.

Rohman, A. (2014). Validasi dan Penjaminan Mutu Metode Analisis Kimia. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.

Rusmalina S, A. M. (2015). Identifikasi Rhodamin B Dalam Saus Sambal Yang Beredar Di Kota Pekalongan. Pekalongan: Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknoogi Pangan.

Sari, Rima Puspita. (2013). Penerapan Hasil Pembinaan Usaha Kelompok Pada Perintisan Usaha Makanan Jajanan Di Kabupaten Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sari, R. P. (2017). Identifikasi dan Penetapan Kadar Rhodamin B Pada Kue Berwarna Merah di Pasar Antasari Kota Banjarmasin. Banjarmasin: Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin.

Sinuhaji, D. C. (2018). Identifikasi Rhodamin B Pada Liptint Bermerek X Yang Beredar Di Pasar Usu Padang Bulan. Medan: Poltekes Kemenkes Medan.

Sudewi, S., Muzdalifah, B., & Citraningtyas, G. (2019). Analisis Pewarna Rhodamin B Pada Saos Bakso Tusuk Yang Beredar Dibeberapa Sekolah Dasar Di Kota Manado. Jurnal Ilmiah Farmasi- UNSRAT Vol.8 No.1 Februari 2019, 120-125.

Sudjadi, 2007, Kimia Farmasi Analisis, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Widarti. Syahida Djasang. (2019). Identifikasi Rhodamin B Pada Saus Cabai Produksi Lokal Yang Dijual Di Beberapa Pasar Tradisional Kota Makassar. Makassar: Politeknik Kesehatan Makassar.

Yahya.sripatundita. Jurnal Spektrofotometer-UV-Vis. Diambil kembali dari http://jenipharmacyunhas.files.wor dpress.com/2013/08/spektrofotom etri.docx. Diakses tanggal 05 Maret 2022.

Yatifah, Afrina. (2020). Studi Pelacakan Penggunaan Rhodamin B Pada Saus Cabai Di Pasar Tradisional Kota Tangerang. Tangerang Selatan: Institut Teknologi Indonesia.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Satria, B. M., & Ajijah, N. (2023). ANALISIS KADAR RHODAMIN B PADA SAUS SAMBAL DI PASAR KOTA TANGERANG MENGGUNAKAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1030–1037. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/33646