STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PRODUK MULTIGUNA PASCA MERGER DI BSI MENTENG JAKARTA PUSAT

Authors

  • Wiwik Hasbiyah AN Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Khotimatus Sa'diyah Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Zaldy Suhatman Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Pemasaran Syariah, Akad, Produk Multiguna, Bank Syariah Indonesia

Abstract

Pendalaman tentang analisis strategi pemasaran syariah produk kredit multiguna pasca merger di BSI menteng Jakarta Pusat didasari pada kondisi bank syariah di Indonesia yang masih tertinggal yakni  masih menempati peringkat 14 bank syariah di dunia  dan urutan ke 7 bank terbesar di Indonesia yang berarti masih perlu adanya dukungan pengkajian guna memperkuat ketahanan dalam persaingan pangsa pasar nasional dan internasional.Teknik penelitian ini yakni kualitatif lapangan berupa wawancara kepada pimpinan BSI KCP Jakarta Menteng dengan cara metode deskriptif analisis melalui data primer dan skunder. Adapun hasilnya adalah: Kesepakatan pada BSI menggunakan 1) Skema Funding (penghimpunan dana) dengan akad Wadi'ah serta Mudharabah Muthalaqah. 2) Skema Landing (penyaluran dana) menggunakan Akad Murabahah, Ijarah, Mudharabah, dan Musyarakah. Adapun untuk pinjaman syariah menggunakan Mudharabah, Musyarakah dan Muzara’ah. Teknologi pemasaran menggunakan media social dan elektronik.Untuk mendapatkan customer beberapa strategi yang dilakukan berupa: pengembangan pasar dan peningkatan di aspek produk,mutu pelayanan, promosi dan sosialisasi produk-produk bank syariah secara efektif, serta jalinan kerjasama dengan lembaga lainnya. Merujuk pada SWOT BSI berada di posisi Growth and Build dengan strategi agresif. Dimana posisi ini, pengembangan pasar, produk dan penetrasi pasar sangat mendukung BSI untuk dapat diterima masyarakat maupun para pelaku bisnis. Dalam menghadapi tantangan persaingan dunia perbankan dan peluang yang masih besar, maka strategi agresif, keunggulan biaya dan diferensiasi efektif untuk digunakan.

References

Alaudin Al-Kasani, Badai’ash-Shanai’fi Tartib Asy-Syara’i, IV: 174.

Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahan, Lembaga Percetakan Al-Qur’an Raja Fahd

A. Wangsawidjaja Z, Pembiayaan Bank Syariah, h. 78

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Quran dan Terjemah. Jakarta: Lajnah Pentashih Mushaf al-Quraan.

Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia, Stasitistik perbankan syariah, Agustus 2016 Encyclopedia Brittanica, X, (Micropeadia). H. 49. Dikutip dari Hermawan Kartajaya, Gema Insani,2003.

Gemala Dewi,Aspekaspek dalam Perbankan dan Perasuransian Syariah di Indonesia (Jakarta:Kencana Prenada Media Group,2007),53.

Hermawan Kartajaya, Aa Gym: A Spritual Marketer. Mark Plus & Co., 2005

Imamul Arifin, Membuka Cakrawala Ekonomi, Jakarta: Setia Purna Inves,2007.

Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015

Peter, Perbandingan Perhitungan Angsuran KPR Konvensional Dengan KPR Syariah (Jurnal Manajemen, Vol 7. No.2, hlm.3 Mei 2008).

Purnama Putra,Wiwik hasbiyah. Teori dan Pratik Pemasaran Syariah. Depok: Rajawali Pers, 2018.

Republika.co.id.Jakarta Rabu 07 Mar 2018 16:47 WIB

T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy,Pengantar Fiqh Mu’amalah, cet. II,Jakarta: Bulan Bintang, 1984.

Undang-Undang Perbankanâ€UU No.10.th1998â€Sinar Grafika Jakarta.1999:9

Usmani.M. Taqi. 1999 An Introduction to Islamic Finance, Idaratul Ma’arif, Karachi.

Veitzal Riva’I dan Andria Permata Veitzal, Islamic Financial Management, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2008.

Website Republika.co.id Jakarta Rabu 07 Mar 2018 16:47 WIB

Wiwik Hasbiyah, Purnama Putra. Ekonomi Syariah; hal.166-186. Bekasi Akademika Pressindo, 2017

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

AN, W. H., Sa’diyah, K., & Suhatman, Z. (2023). STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PRODUK MULTIGUNA PASCA MERGER DI BSI MENTENG JAKARTA PUSAT. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1048–1056. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/33733