HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTAK LENSA DENGAN DAMPAK IRITASI MATA PADA MAHASISWI STIKES WIDYA DHARMA HUSADA TANGERANG

Authors

  • Dhia Diana Fitriani Program Studi S1 Keperawatan, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
  • Siti Chasani Program Studi S1 Keperawatan, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
  • Friski Handayani Program Studi S1 Keperawatan, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang

Keywords:

Kontak Lensa, Iritasi Mata, Remaja, Mahasiswi

Abstract

Pemakaian lensa kontak dapat mengurangi penyebaran oksigen ke kornea sehingga berdampak pada perubahan fisiologis dan metabolisme sel di kornea. Kurangnya oksigen kornea dan tekanan mekanik akibat pemakaian lensa kontak dapat menurunkan kemampuan kornea (Kurniawati, et al 2018). Dampak negatif yang paling sering terjadi akibat penggunaan lensa kontak adalah gejala mata merah (S Inayahtullah, et al 2019). Kemerahan pada mata yang disertai sensitif terhadap cahaya, nyeri pada mata, serta penglihatan kabur dapat mengarah pada masalah mata yang lebih serius seperti infeksi. (R Idayati, F Mutia, 2016). Tujuan Penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan penggunaan kontak lensa dengan dampak iritasi mata pada mahasiswi stikes widya dharma Tangerang. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi dalam peneliti ini adalah Mahasiswa Keperawatan STKes Widya Dharma Husada adalah Mahasiswi keperawatan semester 8 dengan jumlah 145 mahasiswi. Pengambilan sampel menggunakan cara non-probability sampling dengan teknik random sampling berjumlah 106 responden. Hasil Penelitian didapatkan nilai (p-value = 0,001 < a=0,005) maka disimpulkan bahwa ada hubungan antara penggunaan kontak lensa dengan dampak Iritasi Matapada Mahasiswi STIKes Widya Dharma Husada Tangerang. Diskusi Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi praktik keperawatan terutama Keperawatan Komunitas untuk memberikan edukasi promosi kesehatan penggunaan kontak lensa yang benar untuk mencegah terjadinya iritasi mata di komunitas terutama remaja di sekolah dan masyarakat.

References

Andini, Artdiana Wisnuningtyas, Fifin Luthfia Rahmi, and Arief Wildan. Perubahan Pengetahuan Siswa SMA Tentang Lensa Kontak Sebelum Dan Sesudah Edukasi. Diss. Faculty of Medicine, 2018.

https://otc-fahrenheit.co.id/ciri-mata-iritasi-akibat-softlens/

https://www.sehatq.com/artikel/waspadai-ciri-ciri-mata-iritasi-akibat-softlens

http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/158/jtptunimus-gdl-nettykusni-7885-3- 3.babii.pdf

http://e-repository.unsyiah.ac.id/JKS/article/viewFile/6461/7174

Gultom, Monica Tumiar Hanna. "Hubungan Lama Pemakaian Soft Contact Lens dengan Kejadian Sindrom Mata Kering." (2017).

Inayatullah, S., & Yusran, M. (2019). Hubungan Perilaku Penggunaan Lensa Kontak Terhadap Kejadian Mata Merah Pada Pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Tanjung Karang Pusat. MEDULA: Medical Profession Journal Of Lampung.

Kurniawati, A. T., Prihatningtias, R., & Maharani, M. (2018). Hubungan Lama Pemakaian Lensa Kontak Terhadap Sensibilitas 74 Kornea. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 7(2), 406-416.

Pratiwi, Devi. Analisis Penggunaan Lensa Kontak Mata Pada Remaja. Diss. STIKes Insan Cendekia Medika Jombang, 2020. Rahmadilla, A. P. (2020). Hubungan Pemakaian Lensa Kontak Lunak (Soft Contact Lens) Dengan Dry Eye Syndrome. Jurnal Medika Hutama, 2(01), 271-277.

Syaqdiyah, Widya Halimatus, Riski Prihatningtias, and Arnila Novitasari Saubiq. "Hubungan Lama Pemakaian Lensa Kontak dengan Mata Kering." Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro) 7.2 (2018): 462-471.

Tardi, Rini Risnawati. "Hubungan Tingkat Pengetahuan Pemakaian Lensa Kontak dan Iritasi Mata pada Siswa SMA." Skripsi-2017 (2018). Trisakti, Mata Kering Pada Mahasiswa FK. "Hubungan Lama Pemakaian Lensa Kontak Dengan Sindroma."

Utami, Y., Nukman, E., & Azrin, M. (2016). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Penggunaan Lensa Kontak pada Siswa dan Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 dan 9 Kota Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Riau University).

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Fitriani, D. D., Chasani, S., & Handayani, F. (2023). HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTAK LENSA DENGAN DAMPAK IRITASI MATA PADA MAHASISWI STIKES WIDYA DHARMA HUSADA TANGERANG. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1077–1082. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/33737