DETERMINAN PENGGUNAAN DIGITAL EKONOMI PADA PELAKU UMKM
Keywords:
Kebermanfaatan, Kemudahan, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Digital EkonomiAbstract
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis dan membuktikan determinan penggunaan ekonomi digital pada pelaku UMKM dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM di wilayah Lombok. Metode pengumpulan data nya dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, dan study kepustakaan. Teknik analisis yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kebermanfaatan (X1) tidak berpengaruh terhadap penggunaan digital ekonomi, variabel Kemudahan (X2) berpengaruh terhadap penggunaan digital ekonomi, variabel norma subjektif (X3) berpengaruh terhadap penggunaan digital ekonomi dan variabel kontrol perilaku (X4) berpengaruh terhadap penggunaan digital ekonomi.
References
Ajzen, I. (1991). The theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human decision Processes. Vol.50, no.2, 179-211.
Ajzen, I., & Fishbein, M. (1980). Understanding Attitudes and Predicting Social Behvior. Englewood Cliffs: Nj; Prentice Hall.
Ajzen, I., & Fishbein, M. (2005). The influence of attitudes on Behavior. the handbook of attitudes, Lawrence Erlbaum Assosiaciates.
Akdon, dan Riduwan. (2013). Analisis Statistika. Alfabeta. Bandung.
Bhattacherjee A., (2000). Acceptance of e-commerce services: The case of electronic brokerages. August 2000. IEEE Transactions on Systems Man and Cybernetics-Part A Systems and Humans 30(4):411 – 420. DOI: 10.1109/3468.852435
Eriyani,Wiyono, 2012. Pengaruh Sikap, Persepsi Kontrol Perilaku, Dan Norma Subjektif Pada Niat Beli Kosmetik Organik: Studi Pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Fokus Manajerial volume 11, No. 2, 2012: 140 – 154
Ikhsan, M., & Hasan, M. (2020). Analisis Dampak Penggunaan E-Commerce dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Makassar. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 1(1), 39. https://doi.org/10.26858/je3s.v1i1.18112
Minan, K. (2021). Analisis Pendekatan Metode TAM Pada Penggunaan Aplikasi E-Commerce. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 181–187. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1118
Novitasari, S., & Baridwan, Z. (2014). Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Niat Penggunaan Sistem E-Commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya Malang, 3(1).
Novita, D., & Helena, F. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(1), 22–37. https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i1.846
Nuraieni, A., & Purwantini, A. H. (2017). Eksplorasi Penggunaan Mobile Banking . Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, Vol. 15, No. 1.
Putra, D. E., Astuti, E. S., & Riyadi. (2015). Pengaruh Kemudahan Terhadap Kemanfaatan, Minat dan Penggunaan E-commerce. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 21 no.2 April 2015
Riek, M., Bohme, R., & Moore, T. (2016). Measuring the Influence of Perceived Cybercrime Risk on Online Service Avoidance. IEEE Transactions on Dependable and Secure Computing, 13(2), 261–273. https://doi.org/10.1109/TDSC.2015.2410795
Sayekti, F., & Putarta, P. (2016). Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Pengujian Model Penerimaan Sistem Informasi Keuangan Daerah. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 9(3), 196–209. https://doi.org/10.20473/jmtt.v9i3.3075
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Umiyati, E., & Achmad, E. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan aplikasi online pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kota Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(2), 255–266. https://doi.org/10.22437/jpe.v16i2.12555
World Bank. (2019). The Digital Economy in Southeast Asia : Strengthening the Foundations for Future Growth. 128. http://hdl.handle.net/10986/31803
Yuzaria, D., Rias, M. I., Penerimaan, B., Bukan, N., Peternakan, F., Andalas, U., Nutrisi, B., Peternakan, F., & Andalas, U. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penggunaan E- Commerce Bagi Usaha Mikrokecil Menengah Pengolahan Hasil Peternakan di Kota. 14–15.