DETERMINAN PENGGUNAAN DIGITAL EKONOMI PADA PELAKU UMKM

Authors

  • Baiq Fitri Arianti Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bismis, Universitas Pamulang

Keywords:

Kebermanfaatan, Kemudahan, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Digital Ekonomi

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis dan membuktikan determinan penggunaan ekonomi digital pada pelaku UMKM dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM di wilayah Lombok. Metode pengumpulan data nya dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, dan study kepustakaan. Teknik analisis yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kebermanfaatan (X1) tidak berpengaruh terhadap penggunaan digital ekonomi, variabel Kemudahan (X2) berpengaruh terhadap penggunaan digital ekonomi, variabel norma subjektif (X3) berpengaruh terhadap penggunaan digital ekonomi dan variabel kontrol perilaku (X4) berpengaruh terhadap penggunaan digital ekonomi.

References

Ajzen, I. (1991). The theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human decision Processes. Vol.50, no.2, 179-211.

Ajzen, I., & Fishbein, M. (1980). Understanding Attitudes and Predicting Social Behvior. Englewood Cliffs: Nj; Prentice Hall.

Ajzen, I., & Fishbein, M. (2005). The influence of attitudes on Behavior. the handbook of attitudes, Lawrence Erlbaum Assosiaciates.

Akdon, dan Riduwan. (2013). Analisis Statistika. Alfabeta. Bandung.

Bhattacherjee A., (2000). Acceptance of e-commerce services: The case of electronic brokerages. August 2000. IEEE Transactions on Systems Man and Cybernetics-Part A Systems and Humans 30(4):411 – 420. DOI: 10.1109/3468.852435

Eriyani,Wiyono, 2012. Pengaruh Sikap, Persepsi Kontrol Perilaku, Dan Norma Subjektif Pada Niat Beli Kosmetik Organik: Studi Pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Fokus Manajerial volume 11, No. 2, 2012: 140 – 154

Ikhsan, M., & Hasan, M. (2020). Analisis Dampak Penggunaan E-Commerce dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Makassar. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 1(1), 39. https://doi.org/10.26858/je3s.v1i1.18112

Minan, K. (2021). Analisis Pendekatan Metode TAM Pada Penggunaan Aplikasi E-Commerce. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 181–187. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1118

Novitasari, S., & Baridwan, Z. (2014). Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Niat Penggunaan Sistem E-Commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya Malang, 3(1).

Novita, D., & Helena, F. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(1), 22–37. https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i1.846

Nuraieni, A., & Purwantini, A. H. (2017). Eksplorasi Penggunaan Mobile Banking . Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, Vol. 15, No. 1.

Putra, D. E., Astuti, E. S., & Riyadi. (2015). Pengaruh Kemudahan Terhadap Kemanfaatan, Minat dan Penggunaan E-commerce. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 21 no.2 April 2015

Riek, M., Bohme, R., & Moore, T. (2016). Measuring the Influence of Perceived Cybercrime Risk on Online Service Avoidance. IEEE Transactions on Dependable and Secure Computing, 13(2), 261–273. https://doi.org/10.1109/TDSC.2015.2410795

Sayekti, F., & Putarta, P. (2016). Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Pengujian Model Penerimaan Sistem Informasi Keuangan Daerah. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 9(3), 196–209. https://doi.org/10.20473/jmtt.v9i3.3075

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Umiyati, E., & Achmad, E. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan aplikasi online pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kota Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(2), 255–266. https://doi.org/10.22437/jpe.v16i2.12555

World Bank. (2019). The Digital Economy in Southeast Asia : Strengthening the Foundations for Future Growth. 128. http://hdl.handle.net/10986/31803

Yuzaria, D., Rias, M. I., Penerimaan, B., Bukan, N., Peternakan, F., Andalas, U., Nutrisi, B., Peternakan, F., & Andalas, U. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penggunaan E- Commerce Bagi Usaha Mikrokecil Menengah Pengolahan Hasil Peternakan di Kota. 14–15.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Arianti, B. F. (2023). DETERMINAN PENGGUNAAN DIGITAL EKONOMI PADA PELAKU UMKM. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1083–1099. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/33741