PENGARUH LOKASI, KENYAMANAN, KELENGKAPAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA PADA PASAR PAGI PAMULANG PERMAI TANGERANG SELATAN

Authors

  • Sulaiman Sulaiman Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Suparjono Suparjono Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Lokasi, Kenyamanan, Kelengkapan Produk, Harga, Keputusan Berbelanja

Abstract

Pasar tradisional pada umumnya terbentuk di suatu tempat/lokasi  yang dianggap strategis oleh para pedagang dan para pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lokasi, kenyamanan, kelengkapan produk dan harga terhadap keputusan berbelanja pada Pasar Pagi Pamulang Permai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jumlah populasi yaitu pengunjung pasar tidak dapat dipastikan, dengan menggunakan sampling insidential diperoleh 60 orang responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket/kuesioner, metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif teknik regresi linear berganda, analisis koefisiensi korelasi, uji F simultan, uji t parsial, dan uji koefisien determinasi. Dari analisis korelasi diperoleh kesimpulan bahwa terdapat korelasi antara lokasi terhadap keputusan berbelanja yang bersifat rendah, terdapat korelasi antara kenyamanan terhadap keputusan berbelanja yang bersifat sedang, terdapat korelasi antara kelengkapan produk terhadap keputusan berbelanja yang bersifat kuat, dan terdapat korelasi antara harga terhadap keputusan berbelanja yang bersifat sedang. Dari hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 5,664 + 0,219 X1 + 0,141 X2 + 0.450 X3 + 0,285 X4. Dari uji hipotetis dan uji determinasi menunjukkan bahwa lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja sebesar 10,7%, sedangkan 89,3% dipengaruhi oleh variabel lain, kenyamanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja sebesar 27,9% sedangkan 72,1% dipengaruhi oleh variabel lain,  kelengkapan produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja sebesar 36,5% sedangkan 63,5%dipengaruhi oleh variabel lain, harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja sebesar 24,5% sedangkan 75,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Secara simultan lokasi, kenyamanan, kelengkapan produk dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berbelanja pada Pasar Pagi Pamulang Permai I Tangerang Selatan sebesar 49,5% sedangkan 51,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

References

Alreza Anan Hafidzi. 2013. Pengaruh Kelengkapan Produk dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Pada Mini Market Alfamart. Jurnal EMBA Vol.1 ISSN 2301-1174

Anwar, Sanusi. 2016. Metodelogi Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam. Salemba Empat. Jakarta.

Arief Adi Satria. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36, PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Vol 2, No. 1, April 2017.

Debby Cynthia, Haris Hermawan, Ahmad Izzudin. Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada BUMDes Amanah Mart Pondokrejo. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik Universitas Bina Taruna Gorontalo Volume IX Nomor 1, 2022.

Donni Junni Priansa. 2017. Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Fandy Tjiotono. 2014. Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono. 2017. Manajemen Pemasaran Jasa, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

H Hastono, Triyadi Triyadi. Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Handphone Merk Vivo Di Wilayah Tangerang Selatan, Jurnal Ekonomi Efektif, Vol 2, No 3 (2020).

Inka Imalia, Imelda Aprileny. Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi KasusPembelian Rumah Di Grand Nusa Indah Blok J, Cileungsi Pada PT. Kentanix Supra Internasional). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Tahun 2019/2020

Ita Masibbuk, Silcyljeova Moniharapon, Imelda W.J Ogi. Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Layanan dan Tata Letak Terhadap Keputusan Pembelian Pada Golden Pasar Swalayan Di Kota Manado). Jurnal EMBA: Vol.7 No.1 Januari 2019, Hal. 411 – 420.

J. Setiadi, Nugroho. 2015. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Kotler, Philip, Amstrong Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Keller, 2016. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Mutmainnah. 2020. Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Sarana Multigriya Lestari. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), Vol 2, No 1 (2020).

Nawawi, Hadari. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nurmin Arianto, Jefri Muhammad. Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Hotel Dharmawangsa. Proceedings Unpam, Vol 1, No 1 (2018).

Pantilu, Koleangan, & Roring. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warungk Bendito Kawasan Megamas Manado, Jurnal EMBA Vol.6 No.4 September 2018, Hal. 3723 – 3732.

Peter dan Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Peraturan Presiden No. 112 tahun 2007. Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

Peraturan Walikota Tangerang Selatan Nomor 2 Tahun 2013. Petunjuk Teknis Pentaan dan Pembinaan Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern.

Sadilah, Emiliana. dkk. 2011. Eksistensi Pasar Tradisional Relasi dan Jaringan Pasar Tradisional di Kota Semarang-Jawa Tengah. Yogyakarta: Balai Pelestarian.

Siti Mutmainatul Hasanah, Pengaruh Pelayanan, Tata Letak, dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Indomart di Jalan Pakisan Bondowoso. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, April 2018.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran, In Media, Yogyakarta.

Tanti Dwi Fitra Laela, Pengaruh Perilaku Konsumen Dan Merek Produk Terhadap Minat Beli Produk Fashion Zoya, Jurnal Manajemen Univ. Galuh Ciamis, Vol. 2, No. 2, Oktiber 2015

Thomson, P. S., dan Ginting, L. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Konsumen Pada Warung Ucok Durian Iskandar Muda Medan terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Media Informasi Manajemen.Vol.1, No.3.

Widiyanto, Joko. 2010. SPSS for Windows Untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Sulaiman, S., & Suparjono, S. (2023). PENGARUH LOKASI, KENYAMANAN, KELENGKAPAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA PADA PASAR PAGI PAMULANG PERMAI TANGERANG SELATAN. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1100–1109. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/33742