IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN LKP DINA DEPOK
Keywords:
Pendidikan Kewirausahaan, Lembaga Kursus dan PelatihanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali bagaimana implementasi pendidikan kewirausahaan pada LKP DINA di kota Depok. Peneletian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan penyajian data, reduksi dan penarikan kesimpulan. Dengan hasil penelitian ditemukan bahwa LKP DINA Depok telah menerapkan kegiatan pendidikan kewirausahaan dengan mengembangkan Kurikulum KKNI, sesuai dengan program –program pemerintah yaitu melalui Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) dan Program Pemberdayaan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) melalui dana hibah dan secara konsisten selama 3 tahun terakhir di bidang Tata Rias Kecantikan dan Manajemen Salon dengan bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Ditjen Vokasi dan Kementrian Dinas Sosial. Memiliki Tenaga Instruktur bersertifikat Nasional di bawah lisensi BNSP, dan memiliki fasilitas belasar yang memenuhi standard yang telah ditetapkan. Alumni dari program PKW dan P2WKSS dengan jumlah 8 kelompok telah memiliki usaha mandiri dan 4 orang secara individupun telah memiliki usaha mandiri. Pada penelitian ini juga dapat diungkap mengenai program penerapan kewirausahaan pada alumni melalui program pendampingan alumni dalam menjalankan usaha salonnya dengan bekerja sama dengan Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Dan ditemukan adanya alumni yang merupakan penyandang disabilitas tuna rungu telah mendirikan usaha mandiri dibidang tata rias (MUA).
References
Alfiyan, A. R., Qomar, M. Q., & Alamsyah, D. P. (2019). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan dukungan akademik terhadap niat kewirausahaan mahasiswa. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(2), 175-181.
BPS. (2020). Persentase Usia Muda (15-24 Tahun) Yang Sedang Tidak Sekolah, Bekerja Atau Mengikuti Pelatihan (Persen), 2018-2020. Retrieved January 26, 2021, from https://www.bps.go.id/indicator/6/1186/1/persentase-usia-muda-15-24-tahun-yangsedang-tidak-sekolah-bekerja-atau-mengikuti-pelatihan.htm
Darmawan, D. (2019). Pendidikan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Serta Pengaruhnya Terhadap Intensi Berwirausaha. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah, 1(1), 16–21.
Santi, F. U., & Raharjo, H. (2022). Pengaruh pendidikan kewirausahaan di lembaga kursus terhadap sikap berwirasusaha. FOUNDASIA, 13(1).
https://prasmul-eli.co/id/articles/Apa-Itu-Lembaga-Kursus-dan-Pelatihan-Ini-Pengertian-Tujuan-dan-Manfaatnya di unduh tgl 19 april 2023
https://skkni.kemnaker.go.id/tentang-kkni/penyetaraan-jenjang di unduh tgl 20 Mei 2023
Hutagalung, B., Dalimunthe, D. M. J. Far, Pambudi, R., Hutagalung, A. Q., & Muda, I. (2017). The Effect Of Enterpreneurship Education And Family Environment Towards Students’ Entrepreneurial Motivation. International Journal Of Economic Research, 14(20), 331–348
Instruksi Presiden No. 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/77348/inpres-no-12-tahun-2016 pada Oktober 2022
Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Method Source Book, edisi 3. USA: Sage Publication. Terjemahan Tjetjeb Rohindi, UI Press
Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
PP No. 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan bahwa kursus dan pelatihan diselenggarakan bagi masyarakat
Sugiyono. 2016. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet
Susilowati, dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Dalam Upaya Menumbuhkan Budaya Wirausaha Pada Peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) DiKabupaten Karanganyar. Jurnal 7(12) [online] Tersedia: http://eprints.uns.ac.id/ 15204/1/Publikasi.Jurnal_(40).pdf. Diakses 20 April 2023.
Rosyanti, & Irianto, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Ecogen, 2(3), 587–595.
Wardana, L. W., Narmaditya, B. S., Wibowo, A., Mahendra, A. M., Wibowo, N. A., Harwida, G., & Rohman, A. N. (2020). The impact of entrepreneurship education and students’ entrepreneurial mindset: the mediating role of attitude and self-efficacy. Heliyon, 6(9), e04922. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04922
Wahyuningsih, R. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa STKIP PGRI Jombang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 512-521.
Yanti, A. (2019). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, self efficacy, locus of control dan karakter wirausaha terhadap minat berwirausaha. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268-283.
Berita Resmi Statistik. 2020, Jakarta : BPS RI. 2020