THE USE OF GRAMMARLY TO ENHANCE STUDENTS’ ACCURACY IN NARRATVE WRITING TEXT: A CASE STUDY IN THE FIRST SEMESTER STUDENTS OF COMPUTER ENGINERING AT UNIVERSITAS PAMULANG
Keywords:
tatabahasa, karangan, narrativeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis kemampuan penggunaan tata bahasa pada soal karangan naratif pada mahasiswa Prodi Teknik Informatika. Secara lebih spesifik, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesalahan dalam penggunaan tenses oleh siswa dan kesalahan dominan apa yang dilakukan siswa dalam teks narrative. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang tahun ajaran 2022/2023. Terdapat 16 responden yang dipilih secara acak. Data penelitian ini diambil dari tes tertulis melalui tes pemberian. Penelitian ini menggunakan 38 tes tertulis untuk menganalisis kesalahan yang dibuat oleh siswa. Selain itu, penelitian hanya terfokus pada analisis dengan menggunakan 2 paragraf teks naratif yang masing-masing berisi pertanyaan dengan tenses yang berbeda. Setelah mengetahui data dapat diartikan bahwa kesulitan dominan yang dihadapi siswa dalam mengubah penggunaan tenses tata bahasa.
References
Anderson, M., & Anderson, K. 1997. Text Types in English. South Yarra: Macmillan Education Australia PIY LTD.
David, Fred R. 2015. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach,. Concepts and Case, Edisi 15. New Jersey: Pearson.
Gie, T. L. 2002. Trampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.
Hariyanto. 2014. Asessmen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Harmer, Jeremy. 2007. The Practice of English Language Teaching 4rd Edition. London: Pearson Longman.
Meyers, Alan. 2005. Gateways to Academic Writing: Effective Sentences, Paragraphs, and Essays. USA: Longman.com.
Nana, Sudjana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pardiyono. 2007. Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thornbury, S. 2002. How to Teach Vocabulary. England: Pearson Education.
Wiyanto, Asul. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: PT Gramedia.