INOVASI UMKM DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN EKONOMI

Authors

  • Lioni Indrayani Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • I Ketut Wenten Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Tsarina Zenabia Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Inovasi, UMKM, Ekonomi

Abstract

Inovasi dari UMKM yang dilakukan oleh para penggiat UMKM sangatlah dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang saat ini sangat mengutamakan efisiensi dan kepraktisan. Inovasi-inovasi yang dilakukan inilah yang selalu membuat para pengusaha besar dan pemilik modal terkagum-kagum. Perkembangan usaha dengan memanfaatkan teknologi digital marketing adalah cara bertahan dan berkembang UMKM di Tangerang Selatan. Pemanfaatan digital marketing sebagai media dalam mempertemukan produsen dengan kebutuhan pasar saat ini. Melihat kemampuan wirausaha masyarakat di masa endemi, melahirkan beragam inovasi dalam usaha. Tim Dosen Prodi Akuntansi Universitas Pamulang tertarik dan berkeinginan melanjutkan pengembangan wirausaha dari UMKM Man Zone Pratama yang di dalamnya mencakup usaha kuliner, cuci motor dan barbershop. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang akan dilakukan adalah dengan mengadakan pelatihan kepada UMKM tentang pengelolaan keuangan dan juga cashflow usaha dalam kegiatan operasionalnya. Dalam kegiatan pelatihan, Mitra UMKM akan berbagi pengalaman bagaimana mengembangkan usahanya dari awal sampai dengan saat ini. Metode yang dipakai dalam kegiatan pengabdian ini adalah Metode Diskusi dalam bidang digital marketing sebagai kekuatan pengembangan UMKM serta praktek singkat membuat laporan keuangan secara sederhana.

References

Jaelani, et al. “Pengembangan Kewirausahaan dan Daya Saing Usaha Kecil Menengah Menuju Era Kemandirian dan Digitalisasi pada UKM Mpok Eneng di Wilayah Pulo Gebang Jakarta Timurâ€. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. , No.08 September 2022: 1021-1028

https://beritatangsel.com/2016/09/24/bir-pletok-bang-djay-ikut-ramaikan-event-internasional-tgif-wta-2016-di-puspiptek-serpong/

Indrayani, Lioni. “Membangun Brand dan Meningkatkan Penjualan UMKM Artie Tasty dengan Pelatihan Digital Marketingâ€. Jurnal Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 6 No. 1. 2022:95-102

Irawati, Wiwit. “Tata Kelola Keuangan Sederhana bagi UMKM Kapuk Muaraâ€. Jurnal Abdimasku :Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No. 3. 2020: 125-131

Minamiyama, H. World Branding : Concept, Strategy and Design, USA:Ginko Press. 2007.

Nugraha, Reni Amaranti, “ Pengembangan Model Pelatihan IPTEKS bagi Kewirausahaan untuk Meningkatkan Kemampuan Pengelolaan Bisnis di kalangan Mahasiswaâ€, Teknoin Vol 22 No. 6 Desember 2016: 444-451

Puspita Sari, Pipie et al. “Penyuluhan peningkatan Kinerja di Masa Pandemi Covid-19â€, Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera No. 2 Vol.3 Jan 2022:209-217

Putra, Sandi Justitia. “Perancangan Branding UMKM Mr &Mrs Cake Shop Lombokâ€. E-DIMAS Vol. 12 No. 2 Juni 2021: 297-304

www.tangerangselatankota.go.id

Wahjono, et al. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.2019

Wahyudi, Tri. “Pelatihan Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Cilegon, Bantenâ€. Dedication Vol. 5 No.1 Maret 2021: 1-6.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Indrayani, L., Wenten, I. K., & Zenabia, T. (2023). INOVASI UMKM DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN EKONOMI. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1243–1249. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/33858