MENGELOLA KEUANGAN DENGAN CERDAS UNTUK ENTREPENEURS PEREMPUAN DI CV. BOEMI DIENG

Authors

  • Ading Sunarto Progam Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Vega Anismadiyah Progam Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Lismiatun Lismiatun Progam Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Pelatihan, Keuangan, Perempuan, Entrepeneurs

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu untuk melaksanakan salah satu dari tiga pilar pendidikan tinggi. Selain itu, kegiatan zakat ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi warga kawasan Dieng untuk berbincang dengan narasumber tentang kajian pembiayaan cerdas untuk memberdayakan wirausaha perempuan. Tujuan dari kegiatan pkm ini adalah untuk melaksanakan salah satu dari tiga pilar pendidikan tinggi. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan gambaran tentang strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kesadaran pengelolaan keuangan UMKM di wilayah Dieng, khususnya di CV Boemi Dieng saat itu. Selain itu, keberadaan perguruan tinggi dengan pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu memberikan nilai penting bagi pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan di masyarakat. Adapun cara kegiatan yang dilakukan adalah kami langsung mendatangi lokasi PKM yaitu CV Boemi Dieng yang beralamat di Jl. Telaga Warno, Dieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan motivasi stakeholders UMKM Dieng dalam mengelola keuangannya dan menambah pengetahuannya sehingga memahami pentingnya pengelolaan keuangan dengan baik. serta kualitas sumber daya manusia dan pembelajaran tanggung jawab keuangan untuk kehidupan di masa depan. Diharapkan saat ini ilmu yang diperoleh dalam Pengabdian Kepada Masyarakat, pada tenaga pengajar yang ingin lebih mengembangkan, membimbing, mewujudkan dan memotivasi serta memberikan kontribusi bagi kalangan muda dan di lingkungan kampus, dalam keluarga. dan kepada seluruh masyarakat. Hasil dari kegiatan PKM ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM di sekitar Dieng, khususnya dalam pengelolaan keuangan, karena perencanaan keuangan direncanakan baik setelah pandemi Covid-19 maupun saat krisis ekonomi. sebagai Nah, ilmu yang diperoleh dalam pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat menggugah semangat dalam transfer of knowledge, memberikan motivasi dan memberikan kontribusi kepada kalangan muda baik di lingkungan kampus maupun di masyarakat.

References

Gitman, Lawrence and Joehnk.(2005). Principal of Managerial Finance. 11th edition. United States; Pearson.

Pranyoto, Edi, and Nolita Yeni Siregar. 2015. “Literasi Ekonomi, Hubungan Pertemanan, Sikap, Norma Dan Kontrol Diri Terhadap Minat Masyarakat Lampung Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal.†Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.5 No.2 (ISSN 2087-0701): 196–216.

Sunarto, A. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan Berbasis Inovasi Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 397-407.

Sunarto, A. (2020). Kinerja Karyawan Berbasis Kepemimpinan Dan Motivasi Pada PT. Duta Jaya Putra Persada Mining. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(3), 246-257.

Sunarto, A., Qurbani, D., & Virby, S. (2020). Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pada PT Anugrah Bersama Sejahtera Depok. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunarto, A., Tanjung, A. W., & Ellesia, N. (2020). Teacher Performance Based on The Visionary Leadership Style of School, Competency and Work Discipline (Study at Muhammadiyah Setiabudi Pamulang College). Journal of Research in Business, Economics, and Education, 2(5), 1046-1052.

Ading, S. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Serta Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Study di PT Mitsui Leasing Capital Indonesia Abdul Muis–Jakarta Pusat). KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 8(1), 18-38.

Sunarto, A., Sartika, D., Cay, S., Sumiyati, R. Y., & Nurhidayat, M. A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dirumah Masing-Masing Selama Masa Pandemic Covid-19 Pada YPMS Darussalam Kedaung Pamulang. Dedikasi PKM, 2(1), 14-20.

Apriansyah, M., Agrasadya, A., Sunarto, A., Irawati, L., & Kencana, P. N. (2020). Pengembangan SDM Rumah Sakit di Tengah Pandemi Covid-19 Pada RS. Medika Bsd. Dedikasi Pkm, 2(1), 61-67.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Sunarto, A., Anismadiyah, V., & Lismiatun, L. (2023). MENGELOLA KEUANGAN DENGAN CERDAS UNTUK ENTREPENEURS PEREMPUAN DI CV. BOEMI DIENG. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1262–1269. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/33862