MANAJEMEN INVESTASI MELALUI PEMBERDAYAAN IBU-IBU PKK

Authors

  • Rakhmawati Oktavianna Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Sri Nitta Crissiana Wirya Atmaja Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Anis Syamsu Rizal Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Investasi, Bank Sampah

Abstract

Setiap keluarga harus memiliki perencanaan dalam keuangan keluarganya dan biasanya ibu rumah tangga yang berperan dalam pengelolaan keuangan keluarga, bagaimana cara dari masing-masing keluarga dalam mengatur keuangan keluarganya akan berbeda-beda. Sebaiknya dalam sebuah rumah tangga diperlukan investasi agar keluarga memiliki dana cadangan atau simpanan untuk berjaga-jaga maupun untuk masa depan. Namun kebanyakan keluarga belum bisa menginvestasikan pendapatannya dengan baik bahkan lebih besar pengeluaran daripada pemasukan. Investasi sendiri merupakan kegiatan penempatan dana pada satu atau lebih dari satu jenis aset selama periode tertentu, dengan tujuan mendapatkan penghasilan atau peningkatan nilai. Karena itu tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan adalah memberikan ilmu manajemen investasi. Metode pelaksaanaan PKM kali ini adalah dengan penyuluhan dan diberikan kesempatan tanya jawab kepada peserta. Para perserta dapat berinvestasi melalui kegiatan menabung sampah yang dapat menghasilkan pendapatan tambahan. Peserta PKM adalah para ibu-ibu PKK RW 09 Puri Pamulang yang juga merupakan anggota Bank Sampah di RW tersebut.

References

Awandari, L. P. P., & Indrajaya, I. G. B. (2016). Pengaruh infrastruktur, investasi, dan pertumbuhan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat melalui kesempatan kerja. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 5(12), 165388.

CAR. (2014). Simak Nih 4 Strategi Investasi yang Efektif untuk Mencapai Financial Freedom. Retrieved from https://www.car.co.id/id/ruangpublik/tips-trik/carefinance/4-strategi-investasi-yang-efektif

Kustina, A. S. R. L. (2018). Meningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Investasi Saham. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang, 1(1), 176–180.

Pajar, R. C. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY. Profita, 1(2), 1–16.

Purwohandoko, R. S. P. Y. I. (2018). Bias Kognitif Dan Kepribadian Individu: Studi Perilaku Investor Muda. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 214–235.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Oktavianna, R., Atmaja, S. N. C. W., & Rizal, A. S. (2023). MANAJEMEN INVESTASI MELALUI PEMBERDAYAAN IBU-IBU PKK. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1298–1231. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/33869