PELUANG USAHA KEBUTUHAN SPORT FASHION DAN PERLENGKAPAN OLAHRAGA DENGAN MEMANFAATKAN DIGITAL MARKETING PADA KOMUNITAS SENAM NUSANTARA TANGERANG SELATAN
Keywords:
Peluang Usaha, Digital marketingAbstract
Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita todak bisa terlepas dengan gaya hidup yang ada disekitar ruang lingkup kita berada, bergaul dan bersosialisasi.. Dengan adanya Kemajuan teknologi yang semakin maju dan berkembang akan berdampak pada perubahan pola hidup masyarakat hingga saat ini. Dar waktu ke waktu kebutuhan dan keinginan selalu mengalami perubahan tergantung pada situasi dan kondisi yang berkembang, pada masyarakat. Komunitas Senam Nusantara Tangerang Selatan menghadirkan kegiatan senam baku dan senam kreasi dengan konsep keindahan di setiap penampilan dan gerakan yang dilakukan. Setiap anggota komunitas mempunyai alas an yang berbeda mengapa tertarik untuk bergabung pada komunias senam ini, diantaranya ingin berusaha menjaga Kesehatan dengan selalu berolah raga, menambah banyak teman, selain itu juga menambah pengetahuan tentang kesehehatan,. Adanya keinginan untuk memiliki perlengkapan berolah raga mulai dari baju, sepatu yang bermerek dipandang memiliki nilai dari sisi kepercayaan diri dan kebanggan tersendiri dalam kegiatan senam maupun event di luar komunitas. Oleh sebab itu maka peluang usaha justru sangat terbuka bagi anggota dari komunitas senam itu sendiri. Mereka bisa saja menjadi suplayer untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan anggotanya sendiri karena lebih mengetahui detail trend fashion sport apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu tri darma perguruan tinggi. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan ilmu tentang digital Marketing kepada masyarakat, khususnya Komunitas Senam Nusantara Tangerang Selatan. Metode yang digunakan antara lain ceramah digunakan untuk menyampaikan pengetahuan kepada para anggota secara umum mengenai pentingnya pengetahuan tentang digital marketing, demonstrasi digunakan untuk memberikan keterampilan menggunakan aplikasi smartphone untuk digital marketing yang akan mereka gunakan dalam memulai usaha bisnis dan mengembangkannya, tanya jawab digunakan untuk melengkapi hal-hal yang belum terakomodasi oleh kedua metode diatas dan evaluasi hasil kegiatan. Peserta yang hadir sebanyak 36 orang yang terdiri dari pengurus komunitas, anggota dan dosen pelaksana PKM serta mahasiswa Universitas Pamulang. Kegiatan dilaksanakan dengan diskusi, para narasumber memberikan penyuluhan dan sharing pengalaman usaha serta mempraktekkan bagaimana menggunakan perangkat elektronik atau internet dan diapliksikan dengan strategi pemasaran serta berbagai platform media digital untuk memperluas jaringan komunikasi pasar online.
References
Alford, Philip dan Stephen John. (2015). Marketing Technology for Adoption by Small Business. The Service Industries Journal, 35(11-12) 655-669. Diunduh dari https://www.tandfonline.com/doi/pdf/10.1080/02642069.2015.1062884?needAcce ss=true
Anandhita, Vidyantina Heppy. (2013). Studi Pemilihan Layanan Jasa Pengiriman Oleh Pelaku Bisnis Online Sebagai Sarana Distribusi Produk Menggunakan Strategi Marketing Mix di DKI Jakarta. Jurnal Penelitian Pos & Informatika, 3(1) 1-18. Diunduh dari https://jurnal-ppi.kominfo.go.id/index.php/jppi/article/view/030101
Aris, Risdiana. (2020). Analisis Strategi Digital Marketing Produk Industri Kreatif di Kecamatan Rajapolah, Tasikmalaya. Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 20(1) 9- 19. Diunduh dari http://ejournal.uinsuka.ac.id/pusat/aplikasia/article/view/2359/1757
Ariyanto, A., Sudarsono, A., Ivantan, I., Akbar, M. F., & Munarsih, M. (2020). Pengembangan Potensi Destinasi Wisata Curug Angkrek melalui Media Sosial di Kp. Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 95-99.
Batu, Reminta Lumban, Tiar Lina Situngkir, dkk. (2020.) Pengaruh Digital Marketing Terhadap Online Purchase Decision Pada Platform Belanja Online Shopee. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(2) 144-152. Diunduh dari http://jurnal.pnj.ac.id/index.php/ekbis/article/view/1992
https://www.studilmu.com/blogs/details/10-alasan-mengapa-digital-marketing-sangat-penting
https://www.niagahoster.co.id/blog/digital-marketing-adalah/
https://pasla.jambiprov.go.id/digital-marketing-defenisi-jenis-dan-strategi/