PENJUALAN DAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA PADA RUMAH MAKAN DAPOER ARBAUF PAMULANG

Authors

  • Rudy Irawan Gunarto Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Rumah Makan, Promosi, Penjualan, Laporan Keuangan Sederhana

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini sudah begitu banyak dan menjadi harapan bagi mereka yang berusaha memegang peranan penting dalam perekonomian di Indonesia. Sebuah rumah makan akan menjadi unik bila menampilkan gaya yang berasal dari daerah asalnya. Jadi tema yang akan diambil untuk perancangan interior rumah makan ini adalah rumah makan ala kekinian. Yang dicampurkan dengan gaya modern dimana salah satu gayanya lebih mengesankan simple dan clean, agar pengunjung dapat menikmati hidangan yang disediakan dengan nyaman. Dalam melaksanakan usaha rumah makan ini, Ibu Novita Dwi Sofianingrum yang membuka rumah makan di Pamulang Regency Pamulang, Tangerang Selatan, memiliki impian untuk membangun bisnis kuliner yang lezat, enak, halalan thoyiban. Usaha ini tidak hanya fokus untuk memproduksi makanan kekinian seperti Chicken Crispy Saus Keju, Omelette Saus Keju, Fried Chicken Saus, namun juga menyediakan masakan tradisional dari Jawa Timur. Kami melakukan pengamatan bagaimana proses bisnisnya sehari-hari, dan melakukan wawancara dengan pemilik, bagaimana mengelola usaha dan keuangan usaha mereka, dan bagaimana mengatur produksi, bagaiman cara memasarkannya, apa kendala utama bisnisnya, dan lain-lain yang berhubungan dengan usaha rumah makan. Untuk bisa mejadi suatu usaha yang tumbuh dan berkembang, ada beberapa kendala yang kami temukan, yang utama adalah manajemen keuangan yang belum dikelola dengan benar secara efektif sehingga belum mencapai sasaran membesarkan usaha rumah makan ini. Ada beberapa solusi yang kami tawarkan yakni lewat presentasi, tanya-jawab dan diskusi yaitu, cara penjualan yang sesuai dengan usaha rumah makan, cara mendapatkan modal, cara mengelola keuangan bisnis, dan media sosial untuk promosi.

References

Alamsyah, Y. (2008). Bangkitnya Bisnis Kuliner Tradisional "Meraih Untung dari Bisnis Masakan Tradisional Kaki Lima sampai Restauran". Jakarta: Elex Media Komputindo

Anisah, Pujiati. 2018. Kesiapan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entintas Mikro Kecil dan Menengah untuk Menunjang Kinerja, vol. 1 no. 2, desember 2018.

Ariyani, D. S. (2019). Perilaku Kewirausahaan Pada Rumah Makan Soto Seger Mbok Giyem Boyolali (Doctoral dissertation, Program Studi Manajemen FEB-UKSW).

Herayati Yetti. 1986. Makanan, Wujud, Variasi Dan Fungsi Serta Cara Penyajian Pada Orang Sunda Daerah Jawa Barat. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan

Kania, E., & Irawan, A. (2021). Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM Berbantuan Microsoft Excel Pada UMKM Uncal. Co. Indonesian Accounting Literacy Journal, 1(2), 338-352.

Notohatmodjo, Tegar Satriyo. 2014. Evaluasi Terhadap Sistem Pencatatan Akuntansi Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Studi Kasus Di Kota Semarang). Skiripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Nurlaela, N., Prajanti, S. D. W., & Soesilowati, E. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jiwa Kewirausahaan (Entrepreneurship) Pemilik Rumah Makan Pringsewu Group di Wilayah Tegal. Journal of Economic Education, 6(2), 99-105.

Ramadian.F, Mashudi, Witarsa. 2015.Pengaruh Perilaku Konsumsi dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Keluarga. Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi FKIP Untan. Hal 1-16

Ratnawati, Andalan Tri dan Hikmah. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja UKM. Serat Acitya-Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang. Hal 102- 114. Republik Indonesia. 2008.

Rayyani, W. O., Abdi, M. N., Winarsi, E., & Warda, W. (2020). Peningkatan daya saing umkm melalui optimalisasi penyusunan laporan keuangan. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(2), 97-105.

Sukesi, Agustine Eva Maria. 2007. Persepsi Penggunaan Aplikasi Internet untuk Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007, ISSN: 1907-5022. Journal.uii.ac.id, diakses 26 November 2015.

Tias, Budi dan Ully. 2019. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Transaksi, Stock Control dan Laporan Keuangan di Usaha Rumah Makan Hidangan Nusantara. EProceeding of Engineering. 6(1):1696-1703.

Undang-Undang No.20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Lembaran Negara RI Tahun 2008, No. 93. Sekretariat Negara. Jakarta

Wicaksono, W., Suyatin, S., Rachmawaty, R., Cahyadi, E., & Adie, P. G. K. (2021). Prinsip Dasar Berwirausaha dan Cara Peminjaman Modal Usaha dari Perbankan Untuk UMKM Pada Wirausaha Pelajar Indonesia Cabang Bogor. Jurnal Peradaban Masyarakat, 1(2), 33-38.

Widodo, S. 2003. Peran Agribisnis Usaha Kecil dan Menengah untuk Memperkokoh Ekonomi Nasional. Yogyakarta : Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Gunarto, R. I. (2023). PENJUALAN DAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA PADA RUMAH MAKAN DAPOER ARBAUF PAMULANG. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1310–1315. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/33975