IN HOUSE TRAINING: PENILAIAN DAN RAPORT KURIKULUM MERDEKA DI SMA HUTAMA-BEKASI

Authors

  • Lili Nurlaili Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Endang Prastini Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang

Keywords:

Inhouse Training, Penilaian, Raport, Kurikulum Merdeka

Abstract

Kurikulum adalah segala potensi kegiatan dan pengalaman yang telah disusun secara ilmiah, baik yang terjadi di dalam kelas, di luar kelas, maupun di lingkungan sekolah dan masyarakat. Pengertian kurikulum secara lebih luas adalah segala kegiatan dan pengalaman belajar serta segala sesuatu yang mempengaruhi pembentukan kepribadian peserta didik baik di sekolah maupun di luar sekolah atas tanggung jawab sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan. Dari pengertian kurikulum dapat diartikan bahwa kurikulum adalah rencana atau pembahasan pengajaran, agar arah kegiatan pendidikan menjadi jelas dan terang. Sejak tahun 2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ristek telah mengembangkan dan mengembangkan Kurikulum Mandiri. Tujuan Internal bertujuan untuk: Memberikan pengetahuan tentang Penilaian dalam Kurikulum Mandiri, Meningkatkan kemampuan peserta dalam mendeskripsikan nilai rapor Kurikulum Mandiri, Meningkatkan kemampuan peserta dalam melakukan penilaian formatif dan sumatif, Meningkatkan pemahaman peserta dalam menyusun penilaian proyek rubrik. Metode yang digunakan adalah ceramah bervariasi, inpromptu, extemporaneous, debriefing, praktek, presentasi dan tayangan video. Hasilnya adalah sejumlah dokumen terkait penilaian dalam kurikulum mandiri yaitu diagnostik, formatif, dan sumatif.

References

Kemdikbud. (2020). Buku panduan merdeka belajar – kampus merdeka. Direktorat jenderal pendidikan tinggi kementerian pendidikan dan kebudayaan. Diakses dari artikel internet http://dikti.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-KampusMerdeka-2020

Amri, Sofyan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta. Prestasi Pustakarya

Agung, Iskandar. 2017. “Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)â€. Jurnal. Perspektif Ilmu Pendidikan: 31 (2).

Anshori. 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasahâ€. Jurnal. Islamic Education: 1 (2).

Anonim. 2014. Pembelajaran Saintifik Implementasi Kurikulum 2013. https://filekemendikbud.files.wordpress.com/2014/08/1-pembelajaransaintifik.pptx . Diakses pada 18 November 2016.

Anonim. 2013. Penerapan Penilaian Autentik Dalam Kurikulum 2013. http://pendidikan.probolinggokab.go.id/penerapan-penilaian-autentikdalam-kurikulum-2013/ . Diakses pada 12 Agustus 2017.

Adit, A. (2019). Gebrakan “Merdeka Belajarâ€, Berikut 4 Penjelasan Mendikbud Nadiem. KOMPAS.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/12/12591771/gebrakan-merdekabelajar-berikut-4-penjelasan-mendikbud-nadiem?page=all

Agustina, D., Kaniawati, I., & Suwarma, I. R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Control of Variable Siswa Smp Pada Hukum Pascal. VI, SNF2017-EER-35-SNF2017-EER-40. https://doi.org/10.21009/03.snf2017.01.eer.06

Agustina, D., Kaniawati, I., Suwarma, I. R., Sari, K., Ahmad Dahlan, Adit, A., Seftia, I., Widiyanti, R., Mizan, S., Arikunto, S., Hadi, S., Prasetyo, I., Sugiyono, Mohammad Yazdi, Mahnun, N., Muhson, A., Sanderson, P., Rosenberg, M., Hamonangan, T., … Sugiyono. (2019). Gebrakan “Merdeka Belajarâ€, Berikut 4 Penjelasan Mendikbud Nadiem. KOMPAS.Com, 5(1), 27–35. https://doi.org/10.1016/S1096-7516(02)00082-9

Ahmad Dahlan. (2017). Pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM). Eureka Pendidikan. https://www.eurekapendidikan.com/2017/03/pembelajaran-berbasis-scienceTechnology-Engineering-Mathematics-STEM.html

Arikunto, S. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Efendhi, E. S., & Susilowibowo, J. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Buku Berjendela sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran Berbasis Scientific Approach pada Materi Jurnal Khusus. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2), 1–6. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/viewFile/9434/933 0.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Nurlaili, L., & Prastini, E. (2023). IN HOUSE TRAINING: PENILAIAN DAN RAPORT KURIKULUM MERDEKA DI SMA HUTAMA-BEKASI. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1316–1323. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/33976