KONSEP PEMBERIAN KOMPENSASI DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU SATUAN PAUD SEJENIS DI KOTA TANGERANG SELATAN
Keywords:
Kompensasi, Kinerja Guru, Satuan PAUD SejenisAbstract
Kompensasi adalah imbalan yang diberikan kepada seseorang sebagai pengganti kerja atau jasa yang telah diberikan. Kompensasi dapat berupa imbalan finansial maupun non-finansial yang diberikan oleh perusahaan atau organisasi kepada karyawan atau pekerja atas kinerja atau kontribusinya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang telah ditetapkan. Kemudian kinerja kemampuan seseorang atau organisasi dalam menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kinerja dapat diukur berdasarkan kriteria yang telah disepakati dan dapat berupa kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pemberian kompensasi untuk memingkatkan kinerja guru SPS (sekolah Paud Sejenis) di Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah metode penelian kuantitatif dengan pendekatan empiris. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa konsep pemberian kompensasi untuk meningkatkan kinerja guru harus memerhatikan prinsip atau asas yakni kebersamaan, keterbukaan, sukarela, keadilan dan pemerataan. Dalam pelaksanaanya di lapangan Perlu diperhatikan bahwa pemberian kompensasi harus dilakukan secara adil dan merata kepada semua guru. Selain itu, perlu juga dilakukan evaluasi secara berkala terhadap kinerja guru dan pengaruh dari pemberian kompensasi yang diberikan. Dengan demikian, dapat dihasilkan sistem pemberian kompensasi yang efektif dan dapat meningkatkan kinerja guru di Satuan PAUD sejenis di Kota Tangerang Selatan.
References
Allegretto, S., & Mishel, L. (2019). Denda upah mingguan guru mencapai 21,4 persen pada tahun 2018, sebuah rekor tertinggi: Tren upah guru dan denda kompensasi hingga tahun 2018.
Asfiati, M., Nurdyansyah, N., & Wahyuni, A. (2020). Urgensi Supervisi Terhadap Kinerja PAUD Al Muttaqin Plus Gempol Pasuruan. Prosiding The ICECRS, 5.
Aziz, A. (2019). Manajemen Kompensasi Guru Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 1-19.
Billingsley, B., & Bettini, E. (2019). Atrisi dan retensi guru pendidikan khusus: Sebuah tinjauan literatur. Review of Educational Research, 89(5), 697-744.
Chasanah, S. U. (2019). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Profesionalisme Guru Paud Dikecamatan Margoyoso Kabupaten Pati (Doctoral dissertation, UNISNU Jepara).
Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Perpustakaan Digital Pra-Cetak UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 5.
Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis evaluasi kinerja pendidik paud di PAUD Al azhar bukittinggi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051-1059.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.
Hariyanti, H., & Prahastiwi, E. D. (2021). Perubahan Dan Perkembangan Organisasi, Stres Serta Hubungannya Dengan Kinerja Guru Paud. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 5(2), 150-160.
Hutagalung, A. I. Y., & Suratman, B. (2019). Peran Pendiri Sekolah dalam Mengembangkan Kinerja Guru di KB Fun Islamic School Suronegaran Purworejo. Jurnal Pendidikan Islam Asia Tenggara, 2(1), 33-50.
Islamyati, H., Leny, L., & Lidia, L. (2022). PENGARUH DISIPLIN TERHADAP KINERJA GURU PAUD. Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(02), 204-213.
Janah, R., Akbar, Z., & Yetti, E. (2019). Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru PAUD di Kota Depok. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 224-229.
Johnston, A. C. (2020). Preferensi guru, kondisi kerja, dan struktur kompensasi.
Kartika, N. K., & Ambara, D. P. (2021). Kompetensi Kepribadian dan Motivasi Mengajar Berpengaruh Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 381-390.
Laksmi, N. L. P. S., Agung, A. A. G., & Sudirman, S. (2019). Hubungan Kepemimpinan Pelayan, Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru di Gugus PAUD Tunjung Kecamatan Denpasar Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 148-156.
Maria, V., & Tiar, A. (2022). Pengaruh Pengawasan Atasan Melekat terhadap Kinerja Guru Paud dengan Mediasi Pembelajaran Organisasi (Studi Empiris pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Serang). Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 4951-4966.
Massalim, S. Z. (2019). Pengaruh kesejahteraan guru terhadap kinerja guru PAUD di Kp. Cibadak Kayumanis Bogor. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2), 62-67.
Nawangsih, N., Sopiah, S. A., & Hidayat, A. (2020). Manajemen Kompensasi Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini: Studi di Kelompok Bermain Azzaqiatul Iman. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 36-45.
Nurdin, N. (2021). Guru Honorer dalam Upaya Memperoleh Status Kepegawaian Tenaga Pendidik Pegawai Negeri Sipil. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 10-19.
Nurrady, C. N., Nurlita, N., & Chairilsyah, D. (2022). Hubungan Kesehatan Mental Dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 7900-7906.
Nusa, P. R., & Irawan, E. (2020). Dampak Sertifikasi Dan Pendidikan Terakhir Terhadap Kinerja Guru Paud Di Kabupaten Ponorogo. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 27-40.
Pratama, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja, Motivasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Matematika. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3679-3684.
Putri, N. A. F., Rasyad, A., Sutarno, S., & Arifin, I. (2022). Pengaruh Kompensasi, Ligkungan Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Tidak Tetap Di Paud Se-Kota Mataram. Jiai (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia), 7(2), 207-229.
Raharja, R. M., Wardhani, R. D. K., & Kusumawardani, R. (2021). Kinerja Guru Paud Dalam Penilaian Perkembangan Anak Di Masa Pandemi Covid-19. JCE (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini), 5(2), 460-472.
Royani, I., & Fitria, H. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala PAUD dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru. Jurnal Inovasi Pengajaran dan Media Pembelajaran, 1(1), 36-45.
Turnip, H. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Persepsi Guru Tentang Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah, dan Kompensasi Terhadap Komitmen Afektif Guru TK Kecamatan Medan Perjuangan (Doctoral dissertation, UNIMED).