WEBINAR INTERNASIONAL EDUCATION AT THE DAARUL QURAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL TO CREATE QURANI EDUCATION IN THE MILLENIAL ERA

Authors

  • Lili Nurlaili Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas Pamulang
  • Alinurdin Alinurdin Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas Pamulang

Keywords:

Daarul Qur’an, Pondok Pesantren, Pendidikan Qur’ani, Era Milenial

Abstract

Pesantren merupakan sistem pendidikan yang berorientasi pada pendidikan akhlak melalui pendalaman agama yang ditandai dengan adanya kyai, santri, masjid, pondok dan kajian kitab-kitab klasik yang dapat dijadikan pedoman pesantren. Di pesantren santri akan belajar membaca dan menulis Al-Qur'an, ilmu tauhid, akidah akhlak, fikih, nahwu shorof, kaidah asal-usul, mantiq, balagah, ilmu tafsir, dan ilmu tafsir. falaq. Pesantren modern adalah lembaga pendidikan modern yang berlandaskan syariat Islam dimana kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum pondok pesantren, yang kemudian diimbangi dengan ajaran duniawi, yang merupakan implementasi kurikulum nasional. Pesantren modern mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, serta tetap memegang teguh nilai-nilai Islam. Setiap pesantren menggunakan sistem yang berbeda dalam proses pembelajarannya. Baik Kurikulum, sistem, metode dan lain-lain. Pengabdian Masyarakat Internasional (PKM) ini bertujuan untuk: Memberikan pengetahuan tentang pondok pesantren di Indonesia, Meningkatkan kemampuan tentang keragaman pondok pesantren di Indonesia, Menanamkan kesadaran akan pentingnya memahami 3 jenis pondok pesantren di Indonesia, Meningkatkan kesadaran tentang perbedaan Pondok Pesantren Khalaf, Salaf dan gabungan keduanya, Meningkatkan kemampuan mewujudkan qur'ani santri di Era Milenial, Meningkatkan pemahaman model sosialisasi qur'ani santri di Pondok Pesantren Daarul Qur'an Sekolah, Tangerang. Metode yang digunakan adalah ceramah bervariasi, inpromptu, extemporaneous, debriefing, praktek, presentasi dan tayangan video. Hasil PKM tersebut merupakan informasi ke beberapa negara peserta tentang salah satu pondok pesantren di Indonesia yaitu Daarul Qur’an.

References

Ali, N. “Analisis Terhadap Metode Pembelajaran Hafalan.†In Annual Conference on Islamic Education and Thought. Bogor: UIKA Bogor, 2020. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/669.

Ananda, Rifki Abror, and Ahmad Khoirul Fata. “Sejarah Pembaruan Islam Di Indonesia.†Jawi 2, no. 1 (2019): 19–40. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/jw.v2i1.4121.

Fachrudin, Yudhi. “Model Pembinaan Tahfizh Al Qur’an Di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang.†Dirasah 2, no. 2 (2019): 49–76. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v2i2.103.

———. “Pembinaan Tahfizh Al-Quran Di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang.†Kordinat 16, no. 2 (2017): 325–48.

Fata, Ahmad Khoirul. “Kekuatan Dan Kelemahan Tafsir Al-Qur’an Bi Al-Sunnah.†Farabi 14, no. 1 (2017): 241–59.

———. “Membangun Sains Berbasis Iman.†In Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XVIII, 2056–72. Surabaya, 2012. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7603.

Fauzan, Pepen Irpan, and Ahmad Khoirul Fata. “Jaringan Pesantren Di Jawa Barat Tahun 1800-1945: Critical Review Atas Disertasi ‘Jaringan Pesantren Di Priangan 1800-1945’ Karya Ading Kusdiana.†Jurnal Lektur Keagamaan 17, no. 1 (2019): 139–68. https://doi.org/10.31291/jlk.v17i1.602.

Ginanjar, Muhammad Hidayat. “Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa Di Ma’had Huda Islami Tamansari Bogor).†Edukasi Islami 6, no. 11 (2017): 39–58.

Khatimah, Sita Husnul. “Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika.†Hikmah XV, no. 2 (2019): 103–15.

Muhtifah, Lailial. “Pola Pengembangan Kurikulum Pesantren Kasus Al-Mukhlishin Mempawah Kalimantan Barat.†Jurnal Pendidikan Islam 27, no. 2 (2012): 203–22.

Qur’an, Biro Akademik Litbang dan Jaringan Pendidikan Daarul. “Silabus Materi Dirosah 2018,†n.d.

Qur’an, Biro Litbang Pesantren Tahfiz Daarul. “Silabus Pembelajaran Tahfiz Pesantren Tahfiz Daarul Qur’an Ketapang Tangerang Tahun Pelajaran 2017/2018,†n.d.

Qur’an, PPPA Daarul. “Foundation Profile Menyemai Peradaban Qur’ani Untuk Indonesia,†2016.

Qur’an, Tim Biro Tahfiz Daarul. “Karakterisasi Menghafal Al Qur’an,†2017.

Sanusi, Uci. “Transfer Ilmu Di Pesantren: Kajian Mengenai Sanad Ilmu.†Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 11, no. 1 (2013): 61–70.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Nurlaili, L., & Alinurdin, A. (2023). WEBINAR INTERNASIONAL EDUCATION AT THE DAARUL QURAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL TO CREATE QURANI EDUCATION IN THE MILLENIAL ERA. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1350–1356. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/33979