MENJADIKAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN DIRI

Authors

  • Ibrahim Bali Pamungkas Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Laura Komala Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Hafis Laksamana Nuraldy Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Media Sosial, Pengembangan Diri

Abstract

Adanya media sosial telah mempengaruhi kehidupan sosial dalam masyarakat. Perubahan-perubahan dalam hubungan sosial (social relationships) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium). Hubungan sosial dan segala bentuk perubahan-perubahan dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem  sosialnya, termasuk di dalamnya mengandung nilai-nilai, sikap dan pola perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Perubahan sosial yang berdampak positif seperti kemudahan memperoleh dan menyampaikan informasi, memperoleh keuntungan secara sosial dan ekonomi. Sedangkan perubahan sosial yang cenderung negatif seperti munculnya kelompok-kelompok sosial yang mengatasnamakan agama, suku dan pola perilaku tertentu yang terkadang menyimpang dari norma-norma yang ada. Media sosial tidak hanya digunakan untuk hiburan semata, melainkan dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal positif lainnya. Salah satu hal positif dari media sosial yaitu dapat digunakan sebagai wadah untuk mengembangkan diri sehingga dapat menjadikan diri kita menjadi lebih produktif. Salah satu kunci penting dalam pengembangan diri adalah kesadaran diri, yaitu kemampuan untuk mengenali kekuatan, kelemahan, dan tujuan hidup seseorang. Dengan menyadari hal-hal ini, seseorang dapat menciptakan rencana tindakan yang lebih terarah dan efektif dalam mencapai tujuan mereka. Selain itu, pengembangan diri juga membutuhkan motivasi yang kuat dan tekad untuk terus belajar dan berkembang. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini secara umum adalah untuk menginformasikan cara memanfaatkan media sosial sebagai media pengembangan diri. Hasil kegiatan PKM secara garis besar dengan memulai mencari berbagai informasi, data, hingga isu yang sedang hangat di masyarakat melalui beberapa platform media sosial.

References

Alhamuddin. 2019. Politik Kebijakan Pengembangan Kurikulum Di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ambar. 2017. Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli. https://pakarkomunikasi.com/pengertian-media-sosial-menurut-para-ahli. Diakses 24 Februari 2023.

Purwanto, S. (2017). Perilaku Pembelian Produk Fashion Didasarkan Pada Kepercayaan Menggunakan Media Sosial. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 55–67.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Pamungkas, I. B., Komala, L., & Nuraldy, H. L. (2023). MENJADIKAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN DIRI. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1357–1361. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/33980