PENGENALAN ENTREPRENEURSHIP SEJAK DINI PADA SISWA SD AL-JIHAD, CIPAYUNG CIPUTAT, TANGERANG SELATAN

Authors

  • Muh. Zhafri Amanudin Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Ahmad Hidayat Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang

Keywords:

Kewirausahaan, Karakter, Mandiri

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah menanamkan nilai-nilai entrepreneurship/ kewirausahaan sejak dini sebagai modal pembentukan kecakapan hidup (lifeskill) peserta didik dalam mengembangkan sikap, jiwa dan kemampuan menciptakan sesuatu yang bernilai bagi diri sendiri maupun orang lain. Selain itu, juga untuk memberikan umpan balik dan masukan bagi lembaga pendidikan untuk merancang dan mengembangkan kurikulum belajar yang menginternalisasikan nilai-nilai kewirausahaan. Sasaran kegiatan pengabdian adalah guru dan siswa pada SD Al-Jihad, Cipayung Ciputat, Tangerang Selatan. Karakter seorang anak terbentuk melalui apa yang yang didengarkan, apa yang dilihat dan apa yang dirasakan. Salah satu pelayanan pendidikan yaitu membangun karakter anak bisa dilakukan melalui pendidikan kewirausahaan. Jika anak terbiasa dan percaya diri dengan dunia wirausaha sejak kecil, maka karakter inilah yang akan muncul kelak ketika anak dewasa. Idealnya semangat kewirausahaan ini dapat ditanamkan sedini mungkin. Dalam tahapan usia dini, anak-anak yang mengenal dan belajar wirausaha akan tumbuh menjadi pribadi kreatif dan inovatif, yang menjadi modal utama produktivitas dan kemandirian jika anak dewasa. Hasil dari pengabdian ini adalah pemahaman pada siswa SD Al-Jihad tentang konsep dasar kewirausahaan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

References

Kemdikbud. 2010. Materi Pelatihan Kewirausahaan Direktorat Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kemdikbud.

Nurhafizah, 2018. Bimbingan Awal Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Volume 6, Nomor 3, 2018, 205-210.

Prasetyaningsih, Asri. 2016. Membentuk Jiwa Kewirausahaan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Market Day. Jurnal Program Studi PGRA. Volume 2, Nomor 2, Juli 2016, 88-102.

Soemanto, Wasty. 2008. Sekuncup Ide Operasional Pendidikan Kewirausahaan.

https://indonesia.go.id/kategori/perdagangan/4994/wirausahawan-mapan-ekonomi-nasional-kuat?lang=1#:~:text=Di%20Indonesia%2C%20tingkat%20kewirausahaan%20masih,95%25%20dari%20total%20penduduk%20Indonesia.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Amanudin, M. Z., & Hidayat, A. (2023). PENGENALAN ENTREPRENEURSHIP SEJAK DINI PADA SISWA SD AL-JIHAD, CIPAYUNG CIPUTAT, TANGERANG SELATAN. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1370–1375. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/33982