PEMANFAATAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA LOMBOK
Keywords:
Pemasaran Online, Tiktok, PariwisataAbstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini ialah untuk memberikan pengetahuan, dan pemahaman tentang Pemanfaatan Tiktok Sebagai Media Promosi Pariwisata Lombok. Metode pengabdian kepada masyarakat ini ialah seminar, dan diskusi. Peserta dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada Masyarakat Desa Selubung Kec. Batukliang, Kab. Lombok Tengah. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini ialah seluruh peserta memahami, dan menerapkan seluruh materi dan diskusi yang terjadi pada saat acara berlangsung sehingga tujuan bisnisnya tercapai yakni memaksimalkan keuntungan. Target luaran yang akan dicapai adalah peserta dapat Memanfaatkan Tiktok Sebagai Media Promosi Pariwisata Lombok, media promosi bisnis, memberikan kesempatan bagi usaha memasuki jaringan yang lebih luas, informasi bisnis untuk pelanggan dan masyarakat, memberikan pelayanan kepada pelanggan secara lebih baik dengan adanya berbagai fasilitas yang menarik dan interaktif, meningkatkan minat masyarakat terhadap pariwisata Lombok, produk yang dijual atau tempat transaksi, memasuki pasar global, dapat dijadikan saran media informasi, publikasi perusahaan dan promosi.
References
Agung, M. L. Berinternet dengan Facebook dan Twitter untuk Pemula. Yogyakarta: ANDI & Madcoms, 2011.
Akbar Rizqi. Kitab Hitam Tiktok Afiliate. BP Publihing, 2022
Ardianto, Elvinaro, and Lukiati Komala, Siti Karlinah. Komunikasi Massa (Suatu Pengantar) Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2010.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Statistik: APJII. www.apjii.or.id (accessed May 21, 2019).
Asri Nuryah, dkk. Pelatihan pemanfaatan media sosial untuk promosi pariwisata dan potensi kearifan lokal di pantai sayang heualang kab. Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Unpad, Vol 2, No 12 (2018).
Bayu Dewa, dkk. Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Pariwisata Dan Budaya, Volume 12 Nomor 1, Maret 2021, ISSN : 2087-0086 (print), 2655-5433 (online)
Blanchard, O. Social Media ROI Mengelola dan Mengukur Penggunaan Media Sosial pada Organisasi Anda. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2015.
Botler, Jay David and Grusin, Richard. Remediation dalam Eric P.Bucy (Eds). Living in The Information Age: A New Media Reader. London: Wadsworth and Thomson Learning. Second Edition, 2005.
Chreswell, John W. “Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixedâ€. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Edisi ketiga, 2013
Handaruwati, Indah. "Pengaruh Media Sosial Terhadap Penjualan Produk Camilan Lokal Secara Online." Buletin Bisnis dan Manajemen.03, No.01 (2017): 41-52.
Hermawan, A. Komunikasi Pemasaran. JakartaTimur: PT. Penerbit Erlangga, 2013.
Indrajit, Ricardus. 2001. E-Commerce Kiat dan Strategi di Dunia Maya. Jakarta: PT Elex Media Komputerindo
Iyas, Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada Usaha Rumah Griya Unik Wanita, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011.
Kavoura, A., & Stavrianea, A. (2014). Economic and Social Aspects from Social Media’s Implementation as a Strategic Innovative Marketing Tool in the Tourism Industry. Procedia Economics and Finance, 14(14), 303–312. http://doi.org/10.1016/S2212- 5671(14)00717-5
Yuhefizar. 2008. “10 jam Mengenal Internet Teknologi dan Aplikasinyaâ€. Penerbit PT Elex Media Komputindo : Jakarta.